Peluang Usaha

clicksor

sitti

Anda Pengunjung ke

Friday, November 26, 2010

Filsafat Ilmu Bangunan Ilmu (Teori dan Aksioma)

Download Disini : http://www.ziddu.com/download/12695242/REFLEKSIPERKULIAHANbangunanilmuteooridanaksioma.doc.html

a.Informasi penting dari materi perkuliahan pada bab Bangunam Ilmu (teori dan Aksioma) :
Hipotesis merupakan sebauah pemikiran, yang merupakan sebuah jawaban sementara dari suatu fenomena yang dijadikan permasalahan yang ingin diketahuidalam suatu tindakan penelitian. Hipotesis tersebut masih bisa ditolak dan belum tentu kebenarannya. Dikatakan benar jika sudah diuji secara empirik / secara nyata, karena kenyataan = fakta. Dan sebuah hipotesis akan salah apabila tidak diuji secara empirik dan tidak ada hubungan seperti prediksi sebelumnya. Fakta adalah peristiwa yang benar terjadi dan terbukti secara ilmiah. Fakta terdiri dari beberapa proporsisi yang saling berhubungan antar variabel yang mempunyai hubungan sebab akibat. Dimana proporsisi mengandung variasi nilai informasi dari yang rendah hingga tinggi.
Teori adalah seperangkat proporsisi yang saling berhubungan secara logis dan dinyatakan secara sistematis akan membentuk suatu teori. Tujuan sebuah teori yaitu untuk memberi gambaran, penjelasan,prediksi tentang fenomena. Contoh : teori -> manajemen : kepuasan dan ketidakpuasan kerja timbul dari faktor intrinsik dan ekstrinsik yang berasal dari individu tersebut dengan lingkungannya sendiri.
Aksioma bisa diartikan sebagai pernyataan sesuatu yang benar menurut definisi, berlaku umum dan dapat diterima secara luas. Aksioma merupakan dasar untuk membentuk proporsisi selanjutnya. Penetapannya didasarkan pada konsep sebelumnya sehingga memiliki kebenaran dan dapat diterima secara logika. Contot aksioma : perilaku seseorang sangatlah komplek karena dipengaruhi oleh variabel lingkungan dan faktor-faktor individual (menurut Gibson dkk).
b. Manfaat informasi tersebut :
Manfaat yang di dapat hari ini adalah bagaimana kita bisa mengetahui bahwa sebuah hipotesis masih bisa dibantah apabila belum dibuktikan dan aksioma yang akan melanjutkan sebuah hipotesis tersebut jika sudah terbukti kebenarannya.
c. Komentar saya terhadap materi tersebut :
Komentar saya adalah saya lebih mengetahui lebih dalam tentang teori dan aksioma, karena materi tersebut juga bersangkut paut dengan fenomena-fenomena yang serig terjadi di sekitar kita, seperti pada saat kita membuat sebuah teori.
d. Yang akan saya lakukan selanjutnya:
1. saya harus bisa dan berlatih untuk melakukan sebuah pengujian, karena dari sering berlatih tersebutlah hipotesis-hipotesis yang kita buat semakin kuat dan sulit dibantah.
2. Saya akan menerima masukan-masukan yang mungkin akan bisa membantu saya untuk membuat sebuah proporsisi-proporsisi yang nantinya akan berkembang.