Peluang Usaha

clicksor

sitti

Anda Pengunjung ke

Friday, November 26, 2010

Download Disini : http://www.ziddu.com/download/12695222/proposalkunovia.doc.html

Jakarta Timur adalah nama sebuah kota administrasi di sebelah timur Daerah Khusus Ibukota Jakarta.
Secara administratif, wilayahnya terdiri atas 10 kecamatan, 65 kelurahan, 673 rukun warga dan 7.513 rukun tetangga dan dihuni tidak kurang dari 1.959.022 jiwa, dimana 1.044.857 jiwa laki-laki dan 914.175 jiwa perempuan atau sebanding dengan 10% dari jumlah penduduk DKI Jakarta. Kota ini memiliki wilayah seluas 187,73 Km2, dengan kepadatan mencapai 10.445 jiwa per Km2,[1]. menjadikannya kota administrasi terluas di provinsi DKI Jakarta. Kota ini memiliki tingkat pertumbuhan penduduk sebesar 2,4% per tahun dan pendapatan per kapita sebesar Rp 5.057.040,-
Kantor Walikota Jakarta Timur hingga akhir tahun 1990-an berada di wilayah kecamatan Jatinegara. Baru pada sekitar tahun 2000-an kantor Walikota dipindahkan ke wilayah Penggilingan, di wilayah kecamatan Cakung. Alamat Kantor Walikota Jl. Dr. Soemarno No. 1 Penggilingan, Cakung.

klender adalah salah satu kelurahan di kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur.
Kelurahan ini berbatasan dengan Kelurahan Jatinegara Kaum dan Jatinegara di sebelah utara, Kelurahan Cipinang Muara di sebelah barat, Kelurahan Pondok Kopi di sebelah timur dan Kelurahan Pondok Bambu dan Duren Sawit, Duren Sawit di sebelah selatan.
Di daerah ini terdapat banyak showroom mobil yang menjual berbagai macam mobil bekas namun memiliki kualitas. Terdapat pula Mall Klender yang terletak di Jl. I Gusti Ngurah Rai sebagai satu-satunya Mall di daerah ini. Mall tersebut dahulu terkenal sebagai Yogya (Department Store) dimana pada Kerusuhan Mei 1998 memakan korban terbanyak pada kerusuhan tersebut. Dan di daerah ini juga terdapat beberapa tempat usaha membuat mebel yang cukup terkenal di daerah Jakarta Timur.
Jalan-jalan utama di daerah ini adalah Jl. Pahlawan Revolusi, Jl. Duren Sawit Raya, Jl. I Gusti Ngurah Rai, dan Jl. Buaran Indah Raya. Adapula Jembatan Klender yang menghubungkan antara daerah Klender dengan daerah Jatinegara Kaum. Klender juga memiliki 1 stasiun Kereta Api yang berada di jalur kereta api dari Jatinegara menuju Bekasi.
◊ Visi Misi ◊
V I S I

Menjadikan Jakarta Timur sebagai pusat produk unggulan dan tujuan wisata yang dihuni oleh masyarakat yang sejahtera dan berkualitas unutk mensejajarkan Jakarta dengan kota - kota besar dunia.

M I S I

•Membangun Jakarta Timur berbasis pada masyarakat.
•Membangun Jakarta Timur sebagai daerah produsen serta wisata dengan pelayanan prima.
•Mengembangkan lingkungan kehidupan perkotaan yang berkelanjutan.
•Meningkatkan sumber daya manusia.
•Meningkatkan kelembagaan keuangan bagi usaha kecil
Kecamatan Jatinegara adalah salah satu kecamatan dalam wilayah Jakarta Timur. Selain Glodok di Jakarta Barat, Jatinegara juga merupakan pecinan besar yang ada di Jakarta.

Di Indonesia, 47,7 persen UMK belum memiliki rencana
pengembangkan atau memperluas usahanya setahun akan
datang. Yang dimaksud dengan “mengembangkan/memperluas
usaha” yaitu rencana memperluas tempat usaha,
membuka cabang, meningkatkan keahlian, atau lainnya.
Menariknya, UMK yang tidak memiliki rencana tersebut
dikarenakan bukan hanya masalah modal, namun juga
masalah pemasaran. Memang, terlihat jelas, 50,2 persen UMK
tidak memiliki rencana karena kesulitan modal, menyusul 24,2
persen karena terkendala pemasaran (Gambar 2)
Jalinan Kemitraan (Net Working)
Persentase UMK yang menjalin kemitraan dengan usaha
lain hanya 9,1 persen dari total UMK di Indonesia.
Sebagian besar UMK tersebut menjalin kemitraan atau
kerja sama dalam hal pengadaan bahan baku (55,8%),
sedangkan hubungan kemitraan dalam hal bimbingan usaha
masih kurang dilakukan UMK (4,4%).

Jenis Kendala Utama
Jenis kendala Banyaknya usaha presentase
(1) (2) (3)
Modal 3.899.264 35,7

Pemasaran 3.795.953 34,8

Bahan Baku 1.173.911 10,8

BBM/ Energi 444.340 4,1

Transportasi 303.327 2,8

Keterampilan 133.329 1,2
Upah Buruh 95.128 0,8

Lainnya 1.073.802 9,8

Sumber: Sensus Ekonomi 2006 INFORMASI STRATEGIS
USAHA MIKRO DAN KECIL (UMK)
DI INDONESIA 2006

perusahaan/
usaha mikro dan kecil (UMK)
sekaligus jumlah tenaga kerja,
kendala UMK dalam menjalankan
roda perusahaannya, prospek
pengembangan usaha di masa
mendatang, peranan penting
(sekaligus pelayanan) koperasi, jalinan
kemitraan (net working) UMK,
dan informasi strategis lainnya.
Gambaran Umum
Usaha Mikro K merupakan bagian dari
makro ekonomi. UMK mempunyai
andil besar dalam menciptakan
lapangan pekerjaan dan memberikan
nilai tambah bagi perekonomian di tanah air. UMK juga
menjadi motor pertumbuhan ekonomi di masa depan. Kabar
baiknya, ditengah krisis global keuangan sekarang ini, ternyata
UMK masih eksis.
Hasil Sensus Ekonomi 2006 mencatat sebanyak 22,5 juta
UMK. Tenaga kerja yang terserap sebanyak 43,9 juta orang.
Menariknya, UMK yang bergerak dilapangan usaha perdagangan
besar dan eceran masih mendominasi UMK di tanah
air (45,42%). UMK ini menyerap tenaga kerja 17,4 juta orang
atau 39,60 persen dari total pekerja UMK (tabel1).
Kendala UMK
Apabila kita cermati secara nasional, ternyata, 48,5 persen
UMK mengalami kesulitan dalam menggerakkan perusahaan/
usahanya.
Terdapat beberapa penyebab kesulitan UMK diantaranya
terbatasnya bahan baku/barang dagangan, pemasaran,
permodalan, BBM/Energi, transportasi, ketrampilan tenaga
kerja, upah buruh, dan lainnya.
Menariknya, sebagian besar UMK tidak hanya mengalami
kesulitan modal (35,7%), tapi juga mengalami kesulitan
pemasaran (34,8%). Artinya, fokus utama (pemerintah
maupun pengusaha) diharapkan bukan
hanya pemberian modal tetapi juga memperhatikan
aspek pemasaran UMK.
Kesulitan modal dan pemasaran sebagian
besar pada lapangan usaha penyediaan makan
minum yaitu 42,2 persen (kesulitan modal) dan
37,3 persen (kesulitan pemasaran).
Sumber Modal
Ternyata, sebagian UMK menggerakkan
usahanya dengan modal milik sendiri. Hanya 15,6
persen UMK yang melakukan pinjaman dari
pihak lain (Gambar 1).
Adapun UMK yang meminjam modal dari
pihak lain, kebanyakan mereka meminjam pada
teman, rentenir, pemberi modal di luar kerabat,
dan lainnya yang sifatnya perorangan.
Peranan Koperasi
Di Indonesia, persentase UMK yang menjadi
anggota koperasi hanya sebesar 3,5 persen. Dari
koperasi, UMK menerima pelayanan modal,
pengadaan bahan baku, pemasaran, pelatihan/
penyuluhan, dan lainnya.

Pada bisnis percetakan, souvenir pernikahan merupakan salah satu produk cetakan unggulan selain undangan pernikahan yang paling banyak diburu konsumen. Aspek yang saling melengkapi antara bisnis percetakan undangan dan kebutuhan Aneka Souvenir & Souvenir Unik perkawinan alias souvenir pernikahan adalah varian souvenir murah / Souvenir Promosi pernikahan namun dengan tingkat kualitas yang baik
Pernikahan merupakan hari istimewa yang penuh kebahagiaan yang tak bisa dilupakan begitu saja terutama oleh mereka pengantin yang berbahagia dan juga keluarga. Tak lupa kita berterima kasih kepada para undangan yang telah turut bersama merasakan kegembiraan. Wujud ucap syukur pengantin kepada para undangan, adalah mempersembahkan cinderamata cantik (kerajinan souvenir, Souvenir Handicraft & Handicraft Souvenir) sebagai kenangan dan juga tanda terima kasih atas kesediannya untuk hadir.
Hal ini sudah menjadi tradisi yang kerap dilakukan pasangan pengantin. Koleksi Aneka Souvenir & Souvenir Unik itu sendiri beragam sekali macamnya, beberapa perusahaan yang bergerak di bidang jasa pernikahan ada yang memang secara khusus menyediakan koleksi kerajinan souvenir untuk menjadi pilihan. Selain bentuknya, harganya pun beragam pula.