Peluang Usaha

clicksor

sitti

Anda Pengunjung ke

Saturday, January 8, 2011

Contoh RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Download Disini : http://www.ziddu.com/download/13303649/RENCANAPELAKSANAANPEMBELAJARANsosiologiSMA.doc.html


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah :
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : X/ 1

Standar Kompetensi : 1. Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan
norma yang berlaku dalam masyarakat.
Kompetensi Dasar : 1. 1. Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji
hubungan masyarakat dan lingkungan.
Indikator :
• Mendefinisikan sosiologi sebagai ilmu dan metode
• Mendeskpripsikan hubungan berbagai konsep tentang realitas sosial.
• Mengidentifikasi data tentang realitas sosial masyarakat

Alokasi Waktu : 6 x 40 menit (3 X Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. menjelaskan dengan kata-kata sendiri pengertian tentang sosiologi, objek sosiologi dan tujuan sosiologi.
2. menjelaskan sosiologi sebagai sebuah ilmu pengetahuan
3. mendeskrispsikan sejarah perkembangan sosiologi.
4. menjelaskan kedudukan sosiologi di antara ilmu-ilmu lain
5. mendeskripsikan peran sosiolog dalam masyarakat.

B. Materi Pembelajaran
1. Hakikat sosiologi
2. Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan
3. Sejarah Perkembangan sosiologi dan kedudukan sosiologi di antara ilmu-ilmu lain

C. Metode Pembelajaran
1. Informasi
2. kerja mandiri
3. eksplorasi
4. Diskusi

D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1.

No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Keterangan
1. Pendahuluan
b. Apresepsi
Kelas dipersiapkan seperti absensi, kebersihan kelas, dan ketenangan.
c. Memotivasi
Siswa diberi penjelasan tentang pokok bahasan, pengertian, contoh, pemahaman materi yang akan dipelajari.
d. Rambu-rambu belajar
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan akhir dari pembelajaran materi pada hari itu. 10 menit
2. Kegiatan Inti
1. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hakikat sosiologi, sosiologi sebagai ilmu, sejarah perkembangan sosiologi.
2. Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 10, 12, dan 16.
3. Siswa mengumpulkan hasil tugasnya untuk dinilai. 30 menit
3. Kegiatan Akhir
a. Mengadakan post test
b. Guru memberi tugas mengumpulkan artikel yang berhubungan dengan masalah-masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat.
10 menit

Pertemuan II

No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Keterangan
1. Pendahuluan
a. Apresepsi
Mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (absensi,
kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Siswa menjawab beberapa pertanyaan tentang masalah-masalah sosial yang dialaminya dalam masyarakat.
c. Rambu-rambu belajar
Siswa mendengarkan informasi tentang kompetensi yang akan dicapai. 10 menit
2. a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kedudukan sosiologi di antara ilmu-ilmu lain dan peran sosiologi dalam realitas masyarakat.
b. Siswa dan guru membuat bagan tentang hubungan sosiologi.
c. Siswa menulis beberapa masalah sosial yang sering terjadi dalam masyarakat.
d. Siswa membentuk kelompok diskusi kemudian mendiskusikan masalah sosial-masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat. Masalah sosial bisa diambil dari buku halaman 25 -26.
e. Siswa membacakan hasil diskusi kelompoknya, kemudian siswa lain menanyakan dan menyangga hasil diskusi kelompok. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi kelas.
f. Siswa dan guru membuat kesimpulan atas diskusi kelompok. 60 menit
3. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Guru memberi beberapa kesimpulan tentang kedudukan sosiologi dan
perannya dalam masyarakat.
b. Siswa diberi tugas untuk mengerjakan soal-soal akhir bab untuk ulangan blok. 10 menit



















Pertemuan 3
No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Keterangan
1. Pendahuluan
a. Apresepsi
Mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Guru memberitahu tentang tujuan ulangan blok dan memberi semangat pada siswa untuk mengerjakan soal yang diberikan dengan penuh tanggung jawab.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa dibagikan soal yang telah dibuat oleh guru. Soal berupa hasil pilihan ganda, uraian dan juga skala sikap.
b. Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan.
c. Siswa mengumpulkan hasil pekerjaanny kepada gurunya untuk diperiksa.
3. Kegiatan Akhir
c. Guru dan siswa menjawab bersama soal-soal yang sudah dijadikan bahan ulangan umum..
d. Guru memberi tugas kepada siswa untuk mempelajari bahan tentangn nilai dan norma sosial.


E. Sumber pembelajaran:
1. Buku Sosiologi SMA kelas 1 ESIS halaman 2- 30.
2. Masalah-masalah sosial
3. Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
1. Papan tulis
2. Lembar soal
3. Transparan Konsep
4. Power Point
5. OHP
G. Penilaian
1. Mengerjakan latihan Uji Penguasaan Materi halaman 10, 12, dan 16.
2. Mengidentifikasi masalah sosial halaman 25.
3. Diskusi kelompok dalam buku halaman 25-26.
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.

No. Nama ASPEK PENILAIAN Total nilai Presentasi
Sikap Keaktifan Wawasan Kemampuan mengemukakan pendapat Kerja sama




Keterangan: nilai maksimal 20









LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No Nama Siswa Aspek yang Dinilai Skor/ Jumlah
1 2 3 4 5 6






Aspek yang dinilai:
1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
2. Kemampuan memberikan argumentasi.
3. Kemampuan memberikan kritik.
4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
6. Kelancaran berbicara.

Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5


FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No Nama Siswa Kriteria Penilaian Jumlah Skor
1 2 3 4 5
1
2
dst

Keterangan: Rentang skor : 1—3
1. Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
2. Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
3. Pemikiran 6—8 = Cukup
4. Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5. Keberanian tampil

4. Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 27 – 30.

Mengetahui: Jakarta, _____________




_________________ ______________________
Kepala Sekolah SMA Guru Kelas/Bidang studi











































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah :
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : X/ 1

Standar Kompetensi : 1. Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan
norma yang berlaku dalam masyarakat.
Kompetensi Dasar : 1.2. Mendeskripiskan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Indikator :
• Menjelaskan nilai dan norma.
• Membedakan nilai dan norma.
• Menjelaskan peran nilai dan norma dalam masyarakat.
• Mengklasifikasikan kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.

Alokasi Waktu : 6 x 40 menit (2 X Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
6. mendeskripsikan pengertian nilai sosial.
7. mendeskrispsikan ciri-ciri, fungsi, dan macam-macam nilai sosial
8. menjelaskan pengertian norma sosial
9. menjelaskan macam-macam norma sosial
10. mengidentifikasi tingkatan norma dalam masyarakat.

B. Materi Pembelajaran
4. Hakikat Nilai dan Macam-Macam Nilai Sosial
5. Hakikat Norma, Tingkatan, dan Jenis-Jenis Norma dalam Masyarakat

C. Metode Pembelajaran
5. informasi
6. kerja mandiri
7. eksplorasi
8. diskusi

D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan I

No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Keterangan
1. Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (absensi, memeriksa atau mengumpulkan tugas, kebersihan kelas dan lain-lain)
b. Memotivasi
Guru memberi pengantar tentang pokok bahasan baru yaitu nilai dan norma sosial. Untuk apa nilai dan norma sosila dalam hidup bermasyarakat.
c. Guru menjelaskan tentang tentang tujuan pembelajaran nilai dan norma sosial. 10 menit
2. Kegiatan Inti
4. Siswa mendengar penjelasan dari guru tentang nilai dan macam-macam nilai sosial.
5. Siswa dibagi dalam kelompok, lalu mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan dua gambar yang ada dalam buku halaman 33.
6. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas, dan guru membuat kesimpulan.
7. Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 37.
8. Siswa dibagikan dalam beberapa kelompok. Kemudian siswa diminta untuk mendiskusikan nilai-nilai yang dianut dalam masyarakat. Dan nilai-nilai apa saja yang mempengaruhi dirinya.
9. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertugas sebagai pemandu diskusi kelas.
10. Siswa dan guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi. 60 menit
3. Kegiatan Akhir
e. Refleksi
Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 40.
f. Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa untuk menanyakkan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat. 10 menit




2. Pertemuan II

No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Keterangan
1. Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (absensi, memeriksa kebersihan kelas dan lain-lain)
b. Memotivasi
Guru menjelaskan tentang norma-norma yang ada dalam masyarakat. Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan seputar peraturan-peraturan yang ada dalam masyarakat.
c. Rambu-rambu belajar
Siswa mendengarkan tujuan mempelajari norma yang ada dalam masyarakat.
10 Menit
2. Kegiatan Inti
a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian norma, tingkatan dan macam-macam norma.
b. Siswa menulis beberapa norma yang berlaku dalam masyarakat.
c. Salah seorang siswa membacakan hasil pekerjaannya di depan kelas.
d. Siswa memperhatikan guru membuat bagan perbedaan antara norma-norma yang ada dalam masyarakat. Kemudian siswa membuatnya sendiri.
e. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusian pertanyaan berdasarkan kasus yang ada dalam buku halaman 46.
f. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru menjadi pemandu jalannya diskusi.
g. Siswa mengumpulkan hasil diskusinya untuk dinilai. 60 Menit
3. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang pengertian norma dan macam-macam norma dalam masyarakat.
b. Penugasan
Guru memberi tugas untuk mempelajari materi yang sudah diajarkan untuk mempersiapkan ulangan blok. 10 menit





6. Pertemuan III.



No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Keterangan
1. Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk mengikuti ulangan blok. Menanyakan kesiapan siswa untuk mengikuti ulangan blok
b. Memotivasi
Guru mengajak siswa untuk mengingat pelajaran yang sudah dipelajari terutama tentang nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat. 5 Menit
2. Kegiatan Inti
a. Siswa dibagikan soal-soal yang sudah disiapkan oleh guru. Bentuk soal-soalny adalah pilihan ganda dan uraian serta skala sikap.
b. Siswa mengerjakan soal-soal yang telah dibagikan
c. Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya kepada guru. 60 Menit
3. Kegiatan Akhir
g. Refleksi
Siswa dan guru menjawab bersama soal-soal yang sudah dikerjakan.
h. Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil pekerjaan siswa dalam ulangan blok
i. Penugasan
Guru memberi tugas untuk mempelajari materi yang akan dibahas pada pertemuan yang berikut. 15 Menit



E. Sumber pembelajaran:
4. Buku Sosiologi SMA kelas 1 ESIS halaman 32-52
5. Masalah-masalah sosial
6. Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.


F. Media
a. Papan tulis
b. Lembar soal
c. Transparan Konsep
d. Power Point
e. OHP







G. Penilaian
1. Mengerjakan latihan Uji Penguasaan Materi halaman 10, 12, dan 16.
2. Mengidentifikasi masalah sosial halaman 25.
3. Diskusi kelompok dalam buku halaman 25-26.
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.

No. Nama ASPEK PENILAIAN Total nilai Presentasi
Sikap Keaktifan Wawasan Kemampuan mengemukakan pendapat Kerja sama











Keterangan: nilai maksimal 20


LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No Nama Siswa Aspek yang Dinilai Skor/ Jumlah
1 2 3 4 5 6






Aspek yang dinilai:
7. Kemampuan menyampaikan pendapat.
8. Kemampuan memberikan argumentasi.
9. Kemampuan memberikan kritik.
10. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
11. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
12. Kelancaran berbicara.

Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5


FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No Nama Siswa Kriteria Penilaian Jumlah Skor
1 2 3 4 5
1
2
dst

Keterangan: Rentang skor : 1—3
6. Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
7. Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
8. Pemikiran 6—8 = Cukup
9. Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
10. Keberanian tampil

4. Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 49-52




Mengetahui: Jakarta, _____________




_________________ ______________________
Kepala Sekolah SMA Guru Kelas/Bidang studi


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah :
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : X/ 1

Standar Kompetensi : 1. Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan
norma yang berlaku dalam masyarakat.
Kompetensi Dasar : 1.3. Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola
ketaraturan dan dinamika kehidupan sosial
Indikator :
• Mendefinisikan interaksi sosial dan dinamika sosial
• Menjelaskan faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial dan dinamika sosial
• Menjelaskan hubungan antara interaksi sosial dan ketaraturan sosial.

Alokasi Waktu : 8 x 40 menit (4 X Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
11. mendeskripsikan pengertian interaksi sosial
12. mendeskripsikan faktor-faktor yang mendorong interaksi sosial
13. mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi yang mendorong terciptanya lembaga, kelompok, dan organisasi sosial..

B. Materi Pembelajaran
7. Hakikat Interaksi Sosial
8. Faktor-Faktor Pendorong Interaksi Sosial
9. Status, Peranan, dan Hubungan Individu dalam Interaksi Sosial
10. Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial

C. Metode Pembelajaran
9. informasi
10. kerja mandiri
11. eksplorasi
12. diskusi

D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan I

No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Keterangan
1. Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen, mengumpulkan tugas, dan memeriksa kebersihan kelas)
b. Memotivasi
Guru menjelaskan materi tentang interaksi sosial dalam masyarakat.
c. Rambu-rambu belajar
Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai oleh siswa dalam pembelajaran tersebut. 10 Menit
2. Kegiatan Inti
a. Siswa menulis pengalaman berinteraksi dengan orang lain atau menceritakan pengalaman berinteraksi sosial dengan teman sebangku.
b. Guru menjelaskan hakikat interaksi sosial dan faktor-faktor pendorong interaksi sosial.
c. Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” pada buku halaman 61 dan 68.
d. Siswa mengumpulkan tugasnya untuk dinilai oleh guru.
e. Siswa mendiskusikan bentuk-bentuk dan faktor-faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial.
f. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Siswa yang lain bisa menanggapi hasil diskusi kelompok.
g. Guru membuat kesimpulan tentang hasil diskusi kelompok. 60 Menit
3. Kegiatan Akhir
j. Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang haikat interaksi dan faktor-faktor pendorong interaksi sosial dalam masyarakat. Siswa mencatat beberapa hal yang penting.
k. Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang berikut. 10 Menit



3. Pertemuan II
No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Keterangan
1. Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen dan memeriksa kebersihan kelas).Guru mempersiapkan kondisi fisik dan mental siswa untuk mengikuti pelajaran.
b. Memotivasi
Guru menjelaskan pentingya status, peranan, dan hubungan individu dalam interaksi sosial. 10 Menit
2. Kegiatan Inti
a. Siswa mendengar penjelasan guru tentang pengertian status dan peranan individu dalam interaksi sosial dan mengukur hubungan individu dalam interaksi sosial.
b. Siswa megerjakan tugas yang ada pada uji penguasaan materi dalam buku halaman 73.
c. Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya kepada guru untuk dinilai.
d. Siswa mendiskusikan kasus yang ada dalam buku halaman 73.
e. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertugas sebagai pemandu diskusi secara klasikal.
f. Guru membuat kesimpulan berdasarkan hasil diskusi siswa. 60 Menit
3. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang status, peranan, dan hubungan individu dalam interaksi sosial.
b. Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap pekerjaan siswa secara mandiri, dan hasil diskusi kelompok.
c. Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa untuk mempersiapkan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya. 10 menit







11. Pertemuan III.

No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Keterangan
1. Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (mengabsen dan memeriksa kebersihan kelas).
e. Memotivasi
Guru menjelaskan betapa pentingnya bentuk-bentuk interaksi sosial dalam keteraturan sosial. 10 menit
2. Kegiatan Inti
a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang bentuk-bentuk interaksi sosial: hubungan ketaraturan sosial dan interaksi sosial, dan bentuk-bentuk interaksi sosial.
b. Siswa secara sendiri-sendiri mencari bahan tentang bentuk interaksi sosial dari sumber lain.
c. Siswa mengerjakan soal yang ada dalam uji penguasaan materi.
d. Siswa mendiskusikan kasus yang ada dalam buku halaman 82.
e. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru memandu diskusi secara klasikal. 60 Menit
3. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang bentuk-bentuk interaksi sosial.
b. Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap pekerjaan siswa secara mandiri, dan hasil diskusi kelompok.
c. Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa untuk mempersiapkan diri untuk ulangan blok. 10 Menit


Pertemuan IV

No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Keterangan
1. Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk ulangan blok.
b. Memotivasi
Guru menjelaskan tujuan ulangan blok. 5 Menit
2. Kegiatan Inti
a. Guru membagikan soal yang telah disiapkan oleh guru.
b. Siswa mengerjakan soal yang telah dibagikan oleh guru.
c. Siswa mengumpulkan pekerjaannya kepada guru untuk dinilai. 65 Menit
3. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Siswa dan guru membahas bersama soal-soal yang telah dikerjakan.
b. Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap ulangan blok siswa
c. Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa untuk mengulangi materi yang telah menjadi bahan ulangan blok.



H. Sumber pembelajaran:
7. Buku Sosiologi SMA kelas 1 ESIS halaman 54 - 86
8. Masalah-masalah sosial
9. Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.


I. Media
a. Papan tulis
b. Lembar soal
c. Transparan Konsep
d. Power Point
e. OHP


J. Penilaian
1. Mengerjakan latihan Uji Penguasaan Materi halaman 61, 68, 73.
2. Melakukan pengamatan terhadap interaksi sosial dalam masyarakat dalam buku halaman 82
3. Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 84-86
4. Penilaian hasil diskusi
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.

No. Nama ASPEK PENILAIAN Total nilai Presentasi
Sikap Keaktifan Wawasan Kemampuan mengemukakan pendapat Kerja sama




Keterangan: nilai maksimal 20


LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No Nama Siswa Aspek yang Dinilai Skor/ Jumlah
1 2 3 4 5 6






Aspek yang dinilai:
13. Kemampuan menyampaikan pendapat.
14. Kemampuan memberikan argumentasi.
15. Kemampuan memberikan kritik.
16. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
17. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
18. Kelancaran berbicara.

Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5


FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No Nama Siswa Kriteria Penilaian Jumlah Skor
1 2 3 4 5
1
2
dst

Keterangan: Rentang skor : 1—3
11. Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
12. Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
13. Pemikiran 6—8 = Cukup
14. Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
15. Keberanian tampil





Mengetahui: Jakarta, _____________




_________________ ______________________
Kepala Sekolah SMA Guru Bidang studi









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah :
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : X/ 1

Standar Kompetensi : 2 . Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian.
Kompetensi Dasar : 2.1. Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian.
Indikator :
1. Mendefenisikan sosialisasi dan pembentukan kepribadian
2. Mendeskripsikan peran nilai dasn norma daslam sosialisasi
3. Menjelaskan tahapan perkembangan diri manusia.
4. Menjelaskan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian.
5. Menjelaskan hubungan antara pembentukan kepribadian dengan kebudayaan.
6. Menjelaskan agen-agen yang berperan dalam sosialisasi.
7. Mendeskripsikan hubungan sosialisasi dengan kepribadian

Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 4 x Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
14. mendeskripsikan hakikat sosialisasi.
15. mendeskripsikan peran nilai dan norma sosial dalam proses sosialisasi
16. mengidentifikasi faktor-faktor pembentukan kepribadian
17. membuat tulisan berdasarkan data sekunder atau primer tentang hubungan pembententukan kepribadian dengan kebudayaan.

B. Materi Pembelajaran
12. Hakikat Sosialiassi
13. Proses Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian
14. Agen, bentuk, tipe, dan pola sosialisasi

C. Metode Pembelajaran
13. informasi
14. kerja mandiri
15. eksplorasi
16. diskusi

D. Langkah-Langkah Pembelajaran
2. Pertemuan I

No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Ket.
1. Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk proses pembelajaran seperti ruang kelas, presensi, dan menjelaskan secara singkat tentang pentingnya sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.
d. Memotivasi
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran tentang proses sosialisasi dalam pembentukan kepribadian. Misalnya, dengan proses sosialisasi individu dapat menyesuaikan prilaku dengan apa yang dianggap baik oleh masyarakat dan memperoleh konsep tentang diri. 10 Menit
2. Kegiatan Inti
11. Siswa memperhatikan guru menampilkan bagan proses pembelajaran sosialisasi dan pembentukan kepribadian lewat OHP, atau membuat di papan tulis.
12. Siswa mendengarkan penjelasan tentang hakikat sosialisasi, dan proses sosialsasi dan pembentukan kepribadian.
13. Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 98, dan 104.
14. Siswa mengumpulkan tugas pribadi untuk dinilai.
15. Siswa mendiskusikan kasus yang ada dalam buku dan mengamati faktor-faktor sosialisasi yang mempengaruhi perkembangan kepribadiannya.
16. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Siswa yang lain boleh menanggapi hasil diskusinya. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi kelas.
17. Siswa dan guru membuat kesimpulkan singkat tentang diskusi kelompok. 60 Menit
3. Kegiatan Akhir
l. Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang hakikat sosialisasi dan proses serta pembentukan kepribadian.
m. Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil diskusi dan tugas pribadi.
n. Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa untuk membuat karangan tentang pengaruh pengaruh nilai dan norma dalam pembentukan kepribadian. 10 Menit



4. Pertemuan II

No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Keterangan
1. Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk proses pembelajaran seperti ruang kelas, presensi. Kemudian guru menjelaskan tentang agen-agen, bentuk, tipe, dan pola sosialisasi.
b. Memotivasi
Guru menjelaskan tujuan mempelajari agen, bentuk, tipe, dan pola sosialisasi. 10 Menit
2. Kegiatan Inti
a. Siswa memperhatikan bagan agen, bentuk, tipe, dan pola sosialisasi. Kemudian siswa, boleh membuat catatan singkat tentang bagan tersebut.
b. Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang agen-agen, bentuk, tipe, dan pola sosialisasi.
c. Siswa mengerjakan sendiri uji penguasaan materi pada buku halaman 110.
d. Siswa mendiskusikan masalah pada buku halaman 111.
e. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru menjadi pemandu diskusi secara klasikal.
f. Siswa dan guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi. 60 Menit
3. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang agen, bentuk, tipe, dan pola sosialisasi. Siswa mencatat beberapa hal yang penting.
b. Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil kerja siswa secara individu, dan hasil diskusi siswa.

c. Penugasan
Guru memberi tugas menulis membuat tulisan berdasarkan data kepribadian siswa. 10 Menit



3. Pertemuan III.


No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Keterangan
1. Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk ulangan blok.
b. Memotivasi
Guru menjelaskan tujuan diadakan ulangan blok. 5 Menit
2. Kegiatan Inti
a. Siswa mendapatkan lembaran soal dan lembar jawaban.
b. Siswa secara sendiri mengerjakan soal-soal yang dibagikan oleh guru.
c. Siswa mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru untuk dinilai. 60 Menit
3. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya kepada guru untuk dinilai
b. Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil kerja siswa
c. Penugasan
Guru memberi tugas mempelajari kembali materi yang baru saja dijadikan bahan ulangan umum.
15 Menit



K. Sumber pembelajaran:
10. Buku Sosiologi SMA kelas 1 ESIS halaman 94-116
11. Masalah-masalah sosial
12. Peraturan perundang-undangan
13. Keluarga, masyarakat, dan sekolah.
14. Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.


L. Media
a. Papan tulis
b. Lembar soal
c. Transparan Konsep
d. Power Point
e. OHP


M. Penilaian
1. Mengerjakan latihan Uji Penguasaan Materi halaman 104
2. Melakukan pengamatan terhadap interaksi sosial dalam masyarakat dalam buku halaman 104
Contoh format penilain tugas!

No. Kesesuian materi
Kerapian Jumlah







3. Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 114-116.




Mengetahui: Jakarta, _____________




_________________ ______________________
Kepala Sekolah SMA Bidang studi













































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah :
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : X/ 1

Standar Kompetensi : 2 . Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian.
Kompetensi Dasar : 2.2. . Mendeskripsikan terjadikanya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial.
Indikator :
1. Mengidentifkasikan terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi yang tidak sempurna.
2. Mengklasifikasi jenis-jenis perilaku menyimpang
3. Mengidentifikasikan sifat dan macam perilaku menyimpang.
4. Memberikan opini tentang berbagai perilaku menyimpang dalam masyarakat

Alokasi Waktu : 6 x 40 menit ( 4 x Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
18. mendeskripsikan pengertian perilaku menyimpang.
19. mengidentifikasi bentuk-bentuk dan contoh perilaku menyimpang dalam masyarakat.
20. mengidentifikasi terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi yang tidak sempurna.

B. Materi Pembelajaran
15. Konformitas
16. Perilaku Menyimpang
17. Hubungan Antara Perilaku Menyimpang dan Sosialisasi yang tidak Sempurna
18. Sifat dan Macam Perilaku Menyimpang

C. Metode Pembelajaran
17. informasi
18. kerja mandiri
19. eksplorasi
20. diskusi

D. Langkah-Langkah Pembelajaran

2. Pertemuan I
3.
No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Ket.
1. Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sosialisasi.
b. Memotivasi
Guru menjelaskan perilaku menyimpang sebagai akibat dari sosialisasi yang tidak sempurna. 10 Menit
2. Kegiatan Inti
18. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang konformitas dan perilaku menyimpang.
19. Siswa membaca sendiri materi yang sudah dijelaskan oleh guru.
20. Siswa mendiskusian faktor-faktor penyebab terjadinya perilaku menyimpang dalam masyarakat. Misalnya, prostitusi dan lain sebagainya.
21. Siswa membacakan hasil diskusi di depan kelas. Guru menjadi pemandu diskusi secara klasikal.
22. Siswa mengerjakan tugas secara mandiri tentang uji penguasaan materi dalam buku halaman 120 dan 126.
60 Menit
3. Kegiatan Akhir
o. Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang korfomitas dan perilaku menyimpang.
p. Penilaian
Guru memberi penilaian hasil diskusi kelompok dan hasil kerja mandiri.
q. Penugasan
Guru memberi tugas untuk membuat kliping tentang berbagai prilaku menyimpang dalam masyarakat.
10 Menit



5. Pertemuan II

No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Ket.
1. Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran, misalnya, absensi, pengumpulan tugas, dan mempersiapkan kelas.
Kemudian guru mengingatkan siswa tentang pelajaran sosialisasi.
b. Memotivasi
Guru menjelaskan tujuan mempelajari hubungan antara perilaku menyimpang dan sosialisasi yang tidak sempurna. 10 Menit
2. Kegiatan Inti
a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hubungan antara perilaku menyimpang dan sosialisasi yang tidak sempurna dan sifat dan macam prilaku menyimpang.
b. Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 128.
c. Siswa mengumpulkan tugasnya kepada guru untuk dinilai.
d. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus perilaku menyimpang yang terjadi dalam keluarga yang baik-baik dan taat beragama.
e. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan siswa yang lain menanggapinya. Dalam diskusi ini, guru berperan sebagai moderator atau pemandu diskusi kelas.
f. Siswa mengumpulkan hasil diskusi kepada guru untuk dinilai.
g. Guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi kelompok. 60 Menit
3. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang hubungan antara
perilaku menyimpang dan sosialisasi yang tidak sempurna.
b. Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap tugas secara pribadi dan tugas
kelompok.
c. Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa untuk membuat poster atau stiker
tentang tidak lagi melakukan perilaku menyimpang.
10 Menit



4. Pertemuan III.

No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Ket.
1. Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk ulangan blok.
e. Memotivasi
Guru menjelaskan tujuan melakukan ulangan blok. 5 Menit
2. Kegiatan Inti
f. Siswa mendapatkan lembar soal yang dibagikan oleh guru.
g. Siswa mengerjakan soal yang telah diberikan oleh guru.
h. Siswa mengumpulkan hasil kerja yang telah diselesaikan untuk dinilai. 60 Menit
3. Kegiatan Akhir
i. Refleksi
Siswa dan guru menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa.
j. Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil pekerjaan siswa.
k. Penugasan
Guru memberi tugas untuk mempelajari pengendalian sosial.
15 Menit

N. Sumber pembelajaran:
15. Buku Sosiologi SMA kelas 1 ESIS halaman 118-138
16. Perilaku Menyimpang dalam masyarakat
17. Peraturan perundang-undangan
18. Keluarga, masyarakat, dan sekolah.
19. Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.

O. Media
a. Papan tulis
b. Lembar soal
c. Transparan Konsep
d. Power Point
e. OHP


P. Penilaian
1. Mengerjakan latihan Uji Penguasaan Materi halaman 120, 126, 128, dan 133. ( Jumlah nilai dari setiap uji penguasaan materi digabung lalu dibagi 4)
2. Unjuk kerja siswa, dalam buku Sosiologi Esis, halaman 133.
Contoh format penilain tugas!

No Nama Siswa Kesesuaian materi dengan Tugas Ide dan tulisan Kerapian/
penampilan Jumlah Nilai
1
2
dst.






3. Penilaian diskusi

No. Nama ASPEK PENILAIAN Total nilai Presentasi
Sikap Keaktifan Wawasan Kemampuan mengemukakan pendapat Kerja sama







LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No Nama Siswa Aspek yang Dinilai Skor/ Jumlah
1 2 3 4 5 6






Aspek yang dinilai:
19. Kemampuan menyampaikan pendapat.
20. Kemampuan memberikan argumentasi.
21. Kemampuan memberikan kritik.
22. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
23. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
24. Kelancaran berbicara.


Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5




FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No Nama Siswa Kriteria Penilaian Jumlah Skor
1 2 3 4 5
1
2
dst

Keterangan: Rentang skor : 1—3
16. Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
17. Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
18. Pemikiran 6—8 = Cukup
19. Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
20. Keberanian tampil

4. Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 49-52

5. Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 136-138




Mengetahui: Jakarta, _____________




_________________ ______________________
Kepala Sekolah SMA Bidang studi
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah :
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester : X/ 2

Standar Kompetensi : 2 . Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian.
Kompetensi Dasar : 2.3. Menerapkan aturan-aturan sosial dalam kehidupan bermasyarakat.
Indikator :
1. Mengidentifikasi jenis-jenis lembaga pengendalian sosial
2. Mendeskripsikan berbagai cara pengendalian sosial
3. Mendeskripsikan akibat tidak berfungsinya lembaga social
4. Mendefinisikan aturan-aturan sosial dalam kehidupan masyarakat

Alokasi Waktu : 6 x 40 menit ( 4 x Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
21. mengklasifikasikan jenis-jenis lembaga pengendalian sosial
22. mendeskripsikan cara pengendalian sosial
23. memberikan opini atau ulasan tentang akibat tidak berfungsinya lembaga pengendalian sosial.

B. Materi Pembelajaran
19. Hakikat Pengendalian Sosial
20. Cara Pengendalian Sosial
21. Peran Lembaga Formal dan Informal dalam Pengendalian Sosial

C. Metode Pembelajaran
21. informasi
22. kerja mandiri
23. eksplorasi
24. diskusi

D. Langkah-Langkah Pembelajaran

2. Pertemuan I

No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Ket.
1. Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran, mengumpulkan tugas, dan absensi. Menanyakan tentang beberapa hal yang berhubungan dengan penyimpangan sosial.
b. Memotivasi
Guru memberi penjelasan tentang tujuan mempelajari pengendalian sosial.
c. Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai. 10 Menit
2. Kegiatan Inti
23. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengendalian sosial dan cara-cara pengendalian sosial.
24. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus seorang pencopet yang dikeroyok massa.
25. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru bertugas menjadi pemandu diskusi kelas.
26. Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 142, dan 147.
27. Guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi siswa. 60 Menit
3. Kegiatan Akhir
r. Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang hakikat dan cara-cara pengendalian sosial dan siswa mencatat beberapa hal yang penting tentang pengendalian sosial.
s. Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil diskusi dan tugas pribadi.
t. Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa untuk membuat tulisan atau seleberan yang berisi ajakan untuk mengatasi masalah-masalah sosial.
10 Menit



6. Pertemuan II

No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Ket.
1. Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran, dan menanyakan cara-cara pengendalian sosial.
b. Memotivasi
Guru menjelaskan tujuan mempelajari agen-agen pengendalian sosial di dalam masyarakat. 10 Menit
2. Kegiatan Inti
a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang agen-agen pengendalian sosial dalam masyarakat.
b. Siswa membacakan tugas untuk mencatat beberapa agen pengendalian sosial di dalam masyarakat.
c. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusikan kasus yang didapat di dalam surat kabar, majalah, atau di dalam buku halaman 149.
d. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru menjadi pemandu diskusi secara klasikal.
e. Siswa dan guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi kelompok.
f. Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” pada buku halaman 149. Kemudian mengumpulkannya kepada guru untuk dinilai. 60 menit
3. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman agen-agen pengendalian sosial dalam masyarakat.
b. Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil diskusi dan tugas pribadi.
c. Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa untuk mewawancarai pengurur RT atau RW tentang aturan-aturan yang ada dalam masyarakat sebagai bagian dari pengendalian sosial.
10 menit







5. Pertemuan III.

No. Kegiatan Pembelajaran Alokasi Waktu Ket.
1. Pendahuluan
a. Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk ulangan blok
l. Memotivasi
Guru menjelaskan tujuan mengadakan ulangan blok.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa mendapatkan lembaran soal yang dibagikan oleh guru.
b. Siswa mengerjakan soal yang telah dibagikan oleh guru.
c. Siswa mengumpulkan hasilnya jika telah selesai dikerjakan.
3. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Siswa dan guru menjawab bersama-sama soal-soal yang telah dikerjakan.
b. Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil ulangan siswa
c. Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa untuk mempelajari lagi materi tentang pengendalian sosial.

Q. Sumber pembelajaran:
20. Buku Sosiologi SMA kelas 1 ESIS halaman 140-153
21. Peraturan perundang-undangan
22. Keluarga, masyarakat, dan sekolah.
23. Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.

R. Media
a. Papan tulis
b. Lembar soal
c. Transparan Konsep
d. Power Point
e. OHP

S. Penilaian
1. Mengerjakan latihan Uji Penguasaan Materi halaman 142, 1147, dan 149 ( Jumlah nilai dari setiap uji penguasaan materi digabung lalu dibagi 3)
2. Penilaian Tugas halaman 147..
Contoh format penilain tugas!

No Nama Siswa Kesesuaian materi dengan tugas Ide/komentar Kerapian/Tampilan Jumlah Nilai
1
2
dst.









3. Penilaian diskusi


No. Nama ASPEK PENILAIAN Total nilai Presentasi
Sikap Keaktifan Wawasan Kemampuan mengemukakan pendapat Kerja sama





LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No Nama Siswa Aspek yang Dinilai Skor/ Jumlah
1 2 3 4 5 6






Aspek yang dinilai:
25. Kemampuan menyampaikan pendapat.
26. Kemampuan memberikan argumentasi.
27. Kemampuan memberikan kritik.
28. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
29. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
30. Kelancaran berbicara.

Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5







FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI

No Nama Siswa Kriteria Penilaian Jumlah Skor
1 2 3 4 5
1
2
dst

Keterangan: Rentang skor : 1—3
21. Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
22. Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
23. Pemikiran 6—8 = Cukup
24. Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
25. Keberanian tampil

4. Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 49-52

5. Test pilihan ganda dan uraian dalam buku halaman 151-153




Mengetahui: Jakarta, _____________




_________________ ______________________
Kepala Sekolah SMA Guru Bidang studi