Peluang Usaha

clicksor

sitti

Anda Pengunjung ke

Thursday, December 16, 2010

Pengelolaan Laboratorium

Download Disini : http://www.ziddu.com/download/12987686/PengelolaanLabBagian4.doc.html

Pengelolaan Lab Bagian 4 (ADMINISTRASI FASILITAS DI LABORATORIUM)
DATA FASILITAS/INVENTARIS
Inventaris adalah sutu kegiatan dan usaha untuk mnyediakan rekaman tentang keadaan semua fasilitas, barang-barang yang dimiliki sekolah. Bagi SMA yang mempunyai beberapa lab sangat penting untuk mendata fasilitas/menginventaris alat dan bahan lab untuk kegiatan pembelajaran siswa. Dengan kegiatan invetarisasi yang memadai akan dapat diperoleh pedoman untuki mempersiapan anggaran atau memperisapkan kegiatan pada tahun yang akan datang.
Misalnya sebagai pedoman untuk dapat mengganti peraltan yang telah rusak, menambah peralatan baru dan sebagainya. Catatan inventaris yang baik akan mempermudah pergantian tanggung jawab dari pengelola yang satu ke yang lainnya. Inventaris juga akan mempermudah untuk mengetahui dimana suatu peraltan akan ditempatkan. Dengan demikian akan mempermudahkan pengontrolan, seperti terhadap kehilangan yang disebabkan oleh kecerobohan atau kecurian.
Menyelenggarakan inventarisasi terhdap fasilitas dan perlatan yang dimiliki sekolah adalh kewajiban bagi sekolah yang bersangkutan. Sistem dan pelaksanaan inventarisasi harus mengikuti peraturan atau petunjuk yang berlaku.
MACAM DOKUMEN/ALAT INVENTARIS
Daftar alat inventarisasi yang harus digunakan atau diisi :
1. Buku Induk Barang Inventaris
2. Buku Catatan Barang Inventaris
3. Buku Golongan Barang Inventaris
4. Laporan Triwulan Mutasi barang
5. Daftar Isian Barang
6. Daftar Rekapitulasi barang Inventaris
TATA PELAKSANAAN DAN PELAPORAN INVENTARIS
Instruksi Mendikbud No. 4/M/1980 adalah tentang tata pelaksanaan dan pelaporan hasil inventarisasi barang milik/kekayaan negara di lingkungan Depdikbud
PEMBUATAN LAPORAN JENIS LAPORAN DISAMPAIAKAN KE WAKTU PENYAMPAIAN
Kepala Sekolah • Daftar laporan inventaris
• Daftar rekapitulasi Kepaka Dinas Pendidikan Triwulan/Semester
PEMBERIAN KLASIFIKASI DAN KODE BARANG INVENTARIS
Tujuan dan perberian klasifikasi dan kode barang inventaris adalah untuk memudahkan mengontrol keadaan barang. untuk barang pada umumnya diberi kode dalam bentuk angka numerik yang tersusun menurut pola tertentu.
PENGISIAN DOKUMENT/ALAT INVENTARIS
untuk memberikan informasi tentang barang inventaris yang dicatat selengkap mungkin, berbagai format dokumen/alat inventaris telah dikembangkandan dibakukan untuk digunakan. Ini contoh format yang kami pakai di SMA Negeri 2 Purwokerto.:
No Nama Barang Inventaris Daftar Isian barang Inventaris YangDipakai
Nama Kelompok Barang Kode Barang Jumlah Barang




ANALISIS PELAKSANAAN INVENTARIS
ALAT KELENGKAPAN ADMINSTRASI
Pengelolaan Lab Bagian 2 (TATA LETAK PERALATAN LABORATORIUM)

Tata letak peralatan adalah suatu bentuk usaha pengaturan penempatan peralatan di laboratorium, sehingga laboratorium tersebut berwujud dan memenuhi persyaratan untuk beroperasi. Kata pengaturan dalam kalimat di atas mengandung makna yang sangat luas, yaitu bahwa dalam mewujudkan suatu laboratorium yang layak operasi diperlukan penempatan perlatan yang tersusun yang rapi berdasar kepada proses dan langkah-langkah penggunaan/aktivitas dalam laboratorium yang diharapkan, begitu pula dengan daerah kerja harus memiliki luas yang memungkinkan pengguna/pekerja/operator dapat bergerak bebas, aman dan nyaman, di samping lalu lintas bahan yang akan digunakan dapat sampai ke tempat kerja dengan mudah dan lancar.

Tujuan Tata Letak laboratorium
1. Mengurangi hambatan dalam upaya melaksanakan suatu pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.
2. memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna/pekerja/operato.
3. Memaksimalkan penggunaan peralatan.
4. Memberikan hasil yang maksimal dengan pendanaan yang minimal
5. Mempermudah pengawasan.

Pengelolaan Lab Yang Optimal

Yang dimaksud dengan optimasi ruangan adalah suatu usaha untuk niengoptimasikan pemakaian ruangan sehingga bengkel tersebut secara opJrnal memberikan faedah dan penunjang pencapaian tujuan ruangan. Berbagai ruangan / laboratorium pendidikan yang befungsi sebagai tempat pelatihan siswa dan bertujuan untuk memberikan keterampilan kejuruan pada siswa, tentu saja laboratorium yang optimum penggunaannya akan memberikan faedah yang sebesar-besarnya kepada siswa yaitu memberikan ketrampilan kejuruan yang handal.
Karakteristik ruangan yang dikelola dengan baik :
1. Efektif yaitu peraltan mendukung peningkatan kualitas proses pembelajaran
2. Efisien yaitu setting peralatan tidak menyia-nyiakan energi, biaya.
3. Sehat dan aman yaitu penerangan, ventilasi, sanitasi, air bersih, keselamatan kerja dan lingkungan semua memenuhi persyaratan.
4. Peralatan / fasilitas selalu siap pakai dan aman yaitu semua peralatan/fasiltias terhindar dari kerusakan, kemacetan dan terlindung dari kehilangan.
5. Seluruh aktivitas laboratorium mudah dikontrol yaitu dengan adanya administrasi yang baik, visualisasi informasi yang jelas dan program yang jelas.
6. Memenuhi kebutuhan psikologis yaitu secara visual menarik dan menyenangkan, iklim kerja yang baik dan kesejahteraan lahir batin yang memadai.
Ciri-ciri ruangan/laboratorium yang optimal penggunaannya adalah :
1. Effisiensi pemakaian ruangan berkisar antara 60% – 80%.
2. Program kerja ruangan terlaksana secara tuntas.
3. Pengelola dan staf ruangan/laboratorium menndapat kepuasan yang optimal.
Untu mencapai OPTIMALISASI LABORATORIUM :
1. Penyusunan Jadwal Pemakaian labaratorium
2. penyusunan Daftar Pembagian Tugas
3. Tata Letak Peralatan Yang Efisien
4. Pemeliharaan Yang Efektif

Koordinator Pengelolaan Laboratorium/Ruang AVA membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
a. merencanakan pengadakan alat dan bahan laboratorium IPA, Bahasa, Komputer dan AVA.
b. Mengkoordinasikan jadwal dan tata tertib pendayagunaan atau pemanfaatan laboratorium atau ruang AVA secara terpadu.
c. Menyusun dan mengkoordinasikan program tugas setiap penanggungjawab pengelola laboratorium dan AVA.
d. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan laboratorium dan AVA.
11. Pengelola Laboratorium atau Penanggungjawab Pengelola Laboratorium
Pengelola laboratorium membantu kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
a. merencanakan pengadaan alat dan bahan laboratorium,
b. menyusun jadwal dan tata tertib penggunaan laboratorium,
c. menyusun program tugas-tugas laporan,
d. mengatur penyimpanan dan daftar alat-alat laboratorium,
e. memelihara dan perbaikan alat-alat laboratorium,
f. mengiventarisasi dan mengadministrasikan alat-alat laboratorium; dan
g. menyusun laporan pelaksanaan kegiatan laboratorium.
Laboran Laboratorium ( Fisika, Biologi dan Kimia)
Laboran laboratorium IPA membantu kepala sekolah dan penanggungjawab atau guru pengelola laboratorium Fisika, Biologi dan Kimia dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
a. merencanakan pengadaan alat-alat atau bahan kimia laboratorium IPA (Fisika, Biologi dan Kimia),
b. membantu menyusun jadwal dan tata tertib pendayagunaan laboratorium IPA (Fisika, Biologi dan Kimia),
c. menyusun program kegiatan laboran,
d. mengatur pembersihan pemeliharaan, perbaikan dan penyimpanan alat-alat atau bahan kimia laboran IPA,
e. mengiventarisasi dan mengadministrasikan alat-alat atau bahan-bahan kimia laboran IPA,
f. menyusun laporan pendayagunaan/pemanfaatan laboratorium IPA.