Peluang Usaha

clicksor

sitti

Anda Pengunjung ke

Sunday, December 19, 2010

Mantan Sekda Endro Diduga Terlibat Rp 25 M

Download Disini : http://www.ziddu.com/download/13034734/analisis.docx.html

Judul Berita : Mantan Sekda Endro Diduga Terlibat Rp 25 M


1. Unsur Keutuhan atau Kesatuan

• Surat perintah untuk Warsa dari Endro Arintoko untuk membuat rekening baru ditunjukan oleh Jaksa ke penasehat Hendy, yang dipimpin OC Kaligis dan majelis hakim.

Kalimat di atas tidak memenuhi struktur kalimat yang utuh. Subjek, predikat, objek, dan keterangan tidak jelas.
Dapat diubah menjadi :
Jaksa menunjukan surat perintah pembuatan rekening baru yang diberikan Warsa kepada
S P O
Endro Anrintoko ke penasehat hukum Hendy yang dipimpin oleh OC Kaligis dan majlis hakim.
K

• Dalam sidang Selasa lalu, majelis Hakim mencecer saksi mantan pimpinan Bank BPD Jateng, Hadi dan dari pimpinan Bank BNI Kendal, Giarto.

Agar struktur kalimatnya jelas, dapat diubah menjadi :
Majelis Hakim mencecer saksi mantan pimpinan Bank BPD Jateng, Hadi dan dari pimpinan Bank BNI Kendal, Giarto dalam sidang Selasa lalu.

• Ny. Dina, dihadapan majelis hakim Pengadilan Tipikor, Selasa pekan kemarin, menyatakan, pihaknya siap menerima aliran dana dari Bank BPD (sekarang Bank Jateng) cabang Kendal, senilai Rp 25 milyar atas dasar surat perintah dari Sekda Endro Arintoko.

Agar struktur kalimatnya jelas, dapat diubah menjadi :
Ny. Dina menyatakan pihaknya siap menerima aliran dana dari Bank BPD (sekarang Bank Jateng) cabang Kendal, senilai Rp 25 milyar atas dasar surat perintah dari Sekda Endro Arintoko di hadapan majelis hakim, Selasa pekan kemarin.


2. Unsur Pemusatan Perhatian atau Penekanan

• Warsa, dengan suara lirihnya, lantas hanya bisa pasrah dan semuanya sudah diserahkan ke penasehat hukumnya.

Maksud dari kalimat di atas dapat dikemas menjadi lebih jelas. Yaitu :
Warsa dengan suara lirih hanya bisa pasrah dan menyerahkan semua urusan kepada penasehat hukumnya.

• Dalam persidangan lanjutan di Pengadilan Tipikor Jakarta atas tuduhan korupsi Bupati Kendal non aktif Hendy Beodoro dan mantan Kepala DPKD Kendal Warsa Susila, tentang aliran dana Rp 45 milyar Kasda tahun 2003, ada yang terungkap cukup menarik dan mengagetkan publik.

Tidak ada pemusatan perhatian pada kalimat di atas. Dapat diubah menjadi :
Ada hal menarik yang terungkap dalam persidangan lanjutan tuduhan korupsi Bupati Kendal non aktif Hendy Beodoro dan mantan Kepala DPKD Kendal Warsa Susila, tentang aliran dana Rp 45 milyar Kasda tahun 2003, di Pengadilan Tipikor Jakarta.

• Dalam sidang lanjutan yang kini menjadikan Hendy dan Warsa jadi terdakwa dalam dakwaan kasus perkara dugaan korupsi senilai Rp 25 milyar tersebut, menghadirkan dua anggota dewan dari Kendal Agus dan provinsi Totok Indiono.

Kalimat di atas terlalu berelit-belit. Dapat diubah menjadi :
Sidang lanjutan kasus perkara dugaan korupsi senilai Rp 25 milyar yang menjadikan Hendy dan Warsa sebagai terdakwa menghadirkan dua anggota dewan dari Kendal Agus dan provinsi Totok Indiono.


3. Unsur Kehematan

• Pernyataan kesaksian Ny. Dina saat menjadi saksi dalam persidangan Tipikor Jakarta dengan terdakwa Hendy Boedoro, Selasa (19/6) dari pukul 19.45 hingga sekitar pukul 20.48 malam, kepada majelis hakim, pekan kemarin.

Terdapat kata yang sudah dapat difahami, tapi masih diperjelas dengan kata lain, yang sebenarnya tidak perlu. Kata yang digaris bawahi merupakan kata yang mubadzir.

- Pernyataan dan kesaksian dapat dipakai salah satu.
- Sudah ada keterangan Selasa (19/6), tidak perlu diperjelas dengan pekan kemaren.
- Pukul 19.45 dan 20.48. Sudah jelas bahwa saat pukul tersebut hari sudah malam.




Dapat diubah menjadi :
Pernyataan Ny. Dina saat menjadi saksi dala persidangan Tipikor Jakarta dengan terdakwa Hendy Boedoro, Selasa (19/6) mulai pukul 19.45 hingga sekitar pukul 20.48, kepada majelis hakim.

• Hingga berita ini diturunkan, semalam, salah seorang Kabag di Pemkab Kendal, berinisial TP tersebut sulit dihubungi. Ponselnnya tolalit alias tidak aktif saat dihubungi, hingga kemarin.

Kata yang digaris bawahi merupakan kata keterangan waktu yang penggunaannya terlalu banyak.
Dapat diubah menjadi :
Hingga berita ini diturunkan, itu sudah mewakili waktu yang akan memperjelas pembaca. Tidak perlu ditambah semalam dan hingga kemarin.

• Pasalnya, dari keterangan kesaksian dari pihak marketing Bank BNI 46 cabang Karangayu Semarang, ada dugaan kuat keterlibatan Endro Arintoko, yang saat itu menjabat Sekda Kendal, terlibat aktif terkait dugaan penyelewengan keuangan Kasda Kendal senilai Rp 25 milyar atas terdakwa Warsa Susila.

Keterangan dan kesaksian dapat dipakai salah satu.
Dapat diubah menjadi :
Pasalnya, dari kesaksian pihak marketing Bank BNI 46 cabang Karangayu Semarang, ada dugaan kuat keterlibatan Endro Arintoko, yang saat itu menjabat Sekda Kendal, terlibat aktif terkait dugaan penyelewengan keuangan Kasda Kendal senilai Rp 25 milyar atas terdakwa Warsa Susila.

4. Unsur Kevariasian

• Keduanya dimintai keterangannya terkait proyek bangunan sekolah SMU di Rowosari dan Singorojo.

Penggunaan …nya, pada kalimat di atas kurang tepat. Dapat diubah menjadi :
Keduanya dimintai keterangan terkait proyek bangunan sekolah SMU di Rowosari dan Singorojo.

• Terkait dengan pengakuan para saksi tersebut, O.C Kaligis selaku ketua tim penasehat terdakwa, melihat ada wacana kompromi dibalik kesaksian para saksi tersebut untuk menyudutkan dan menjatuhkan terdakwa.

Kata tersebut dalam kalimat di atas dapat dihilangkan salah satu agar tidak boros.
Dapat diubah menjadi :
Terkait dengan pengakuan para saksi, O.C Kaligis selaku ketua tim penasehat terdakwa, melihat ada wacana kompromi dibalik kesaksian para saksi tersebut untuk menyudutkan dan menjatuhkan terdakwa.

• Pihaknya akan melakukan upaya hukum membawanya ke peradilan.

…nya dalam kalimat di atas dapat diganti salah satu agar jelas apa yang dimaksud.
Pihaknya akan melakukan upaya hukum dengan membawa kasus tersebut ke peradilan.

5. Unsur kesejajaran

• Dari aliran itulah, sesuai keterangan saksi dari marketing Bank BNI 46 Karangayu tersebut, ada aliran dana lagi yang diambil Warsa, yaitu Rp 5 milyar ke rekening Warsa ke Bank Danamon sebesar Rp 5 milyar.

Aliran dalam kalimat di atas mennjukan unsur yang sama, sehingga penggunaan kata “lagi” kurang tepat. Dapat diubah menjadi :
Dari aliran itulah, sesuai keterangan saksi dari marketing Bank BNI 46 Karangayu tersebut, ada aliran dana lain yang diambil Warsa, yaitu Rp 5 milyar ke rekening Warsa ke Bank Danamon sebesar Rp 5 milyar.

• Pasalnya, dari keterangan kesaksian dari pihak marketing Bank BNI 46 cabang Karangayu Semarang, ada dugaan kuat keterlibatan Endro Arintoko, yang saat itu menjabat Sekda Kendal, terlibat aktif terkait dugaan penyelewengan keuangan Kasda Kendal senilai Rp 25 milyar atas terdakwa Warsa Susila.

Kalimat menurut unsur kesejajarannya, dapat diubah menjadi :
Pasalnya, dari keterangan dan kesaksian pihak marketing Bank BNI 46 cabang Karangayu Semarang, ada dugaan kuat keterlibatan dan keterkaitan Endro Arintoko, yang saat itu menjabat Sekda Kendal, dalam kasus dugaan penyelewengan keuangan Kasda Kendal senilai Rp 25 milyar atas terdakwa Warsa Susila.

• Dirinya mengaku, selama ini terkait dengan aliran dana hubungannya dengan pihak DPKD, dan diakui tidak pernah berhubungan dengan Hendy.

Ada hal yang janggal pada kalimat di atas karena perbedaan penggunaan imbuhan pada kata yang yang sama. Dapat di perbaiki menjadi :
Dirinya mengaku, selama ini terkait dengan aliran dana hubungannya dengan pihak DPKD, dan mengaku tidak pernah berhubungan dengan Hendy.