Peluang Usaha

clicksor

sitti

Anda Pengunjung ke

Kamis, 16 Desember 2010

Dampak Perkembangan Teknologi

Download Disini : http://www.ziddu.com/download/12987283/aff.doc.html


Sudah menjadi bagian kehidupan kita sehari-hari keberadaan benda-benda yang dibuat dengan teknologi atau mengandung unsur teknologi. Mungkin hampir tidak ada masyarakat yang tidak terkait dengan teknologi dalam kehidupan sehari-harinya.
Seiring dengan berkembangnya teknologi, akan banyak kenyamanan kerja yang dapat dirasakan namun dibalik itu permasalahan kemanusiaan dan lingkungan hidup akan muncul dan menjadi semakin rumit solusinya. Masalah ini sudah pernah saya posting, pada saat ini akan saya tambahi atau update.
Berbagai aspek yang dapat kita ambil rangkuman sementara dengan keberadaan teknologi antara lain:
1. Kualitas Produk. Dari aspek ini, lebih cenderung pada banyak manfaatnya karena akan diperoleh produk dengan hasil yang bagus. Berbagai barang yang diolah dengan teknologi akan memperoleh hasil yang lebih baik misal: kualitas dapat dijaga dengan tepat dan ketat, jumlah barang dapat diproduksi secara masal dengan biaya lebih murah dan cepat, kualitas produk dapat ditingkatkan, fitur akan semakin lengkap dan membaik dari hari ke hari, mudah melakukan perancangan sampai produksi dengan sedikit kesalahan dan kualitas yang diperoleh baik, dapat melakukan pekerjaan yang tadinya tidak mungkin menjadi mungkin dengan resiko minim pada kesehatan manusia, dsb. Tetapi dampak yang muncul dengan berkembangnya teknologi lingkungan hidup dan alam semesta terjadi perubahan yang mengancam manusia, misal: pencemaran lingkungan, sulitnya membuang limbah industri, global warming, terjadinya penumpukan sampah elektronik yang berbahaya bagi lingkungan, kejahatan menggunakan teknologi semakin beragam, dll.
2. Aspek Kemanusiaan. Terbentuknya senjata api yang berteknologi menjadi ancaman serius bagi manusia, karena sejak awal senjata dibuat sudah rancang agar si pemegang senjata memiliki kebebasan tanpa dapat terlacak atau diserang balik. Kenyamanan hidup terancam karena teknologi pengintaian semakin baik dan tidak terlihat oleh manusia. Penyerangan Israel terhadap Warga Gaza merupakan contoh, bahwa teknologi memudahkan melakukan pembunuhan massal tanpa merasa bersalah karena mudahnya meluncurkan sejata pemusnah manusia yang diserangi. Teknologi bisa mengurangi rasa kasihan atau kasih sayang karena manusia mudah melakukan apa saja untuk memenuhi ambisinya. Contoh lain: Bom Bali, Hancurnya Gedung Kembar WTC, Bom Nuklir di Hirosima dan Nagasaki,dll. Rekayasa film hiburan yang menggambarkan kesadisan memberikan inspirasi bagi sebagian manusia untuk menirunya, sangat berbahaya bagi generasi berikutnya. Kini kita lihat dan dengar di layar televisi begitu seringnya terjadi kejadian sadis yang dilakukan oleh manusia terhadap manusia yang lain. Sisi lain pada ilmu medis penyakit manusia dapat dideteksi dan tertolong dengan baik dengan adanya teknologi.
3. Aspek Sosial. Dari cara menyelesaikan pekerjaan para pekerja ditolong oleh adanya teknologi. Disisi lain dengan teknologi banyak pekerjaan manusia yang tergantikan oleh robot, mesin atau alat elektronik. Akibatnya muncul permasalahan PHK yang tidak dapat dihindari yang menimbulkan pengangguran dan merupakan ancaman sosial. Kepedulian sesama juga berkurang karena banyak yang merasa puas dan terlalu asyik dengan teknologi, misal anak-anak yang cenderung senang main game dibanding dengan kegiatan gotong royong atau kerja bakti. Mudahnya berkomunikasi menggunakan alat komunikasi dengan teman, family, kerabat, dan sesama menjadi sebuah berkah. Tetapi etika, rasa hormat dan timbang rasa sering terkorbankan dengan adanya teknologi. Upaya mengatasi masalah ini terasa penting keberadaan akhlaq dan adat kebudayaan yangda dapat menjadi benteng yang paling ampuh untuk dapat mengatasinya.
4. Aspek Manfaat. Memang manusia sudah merasakan manfaat yang banyak dengan teknologi, misal adanya komputer yang menjadi unggulan dalam berbagai kehidupan. Layanan semakin baik jika sudah diatasi dengan komputer. Diperlukan teknik tertentu agar kelemahan komputer dapat diatasi, misal: perlunya backup data secara terus menerus, perlunya keamanan server dan jaringan, perlunya anti virus, dll. Disamping komputer sudah tak terhitung manfaat yang diraskan manusia. Namun karena teknologi tidak dapat sempurna, maka muncul manusia yang memanfaatkan kelemahan teknologi untuk kejahatan, kriminalitas, teror, intimidasi, dl

Tidak ada komentar:

Posting Komentar