Peluang Usaha

clicksor

sitti

Anda Pengunjung ke

Friday, November 26, 2010

PANCASILA

Download Disini : http://www.ziddu.com/download/12694971/pancasila.docx.html

Harga minyak dunia naik, APBN negara terancam defisit, akhirnya pemerintah menaikkan harga BBM disertai dengan pemberian BLT. Mulai dari diberlakukan sampai sekarang masih banyak penolakan-penolakan kebijakan tersebut. Pada tanggal 1 Juni 2008, mantan Presiden Megawati juga menyuarakan penolakan kenaikan harga BBM yang seharusnya dalam acara itu, Mantan Presiden Ibu Megawati Soekarnoputri membicarakan mengenai peringatan lahirnya Pancasila yang ke-63.
Pada tanggal 1 Juni 2008 lalu Pancasila tepat berumur 63 tahun, tanggal 1 Juni dijadikan hari kelahiran Pancasila karena pada tanggal 1 Juni saat sidang BPUPKI Soekarno menyampaikan pidato lisan(tak tertulis) yang didalam pidato tersebut disebutkan istilah Pancasila (lima dasar) sebagai dasar terbentuknya bangsa ini, dan ditetapkan pada tanggal 18 Agustus 1945.
Pancasila sudah berumur 63 tahun, boleh dikatakan sudah cukup lama menjadi dasar negara ini tapi aktualisasinya Pancasila masih sering dikesampingkan. Hal ini dapat dilihat dari keadaaan bangsa yang jauh dari nilai Pancasila itu sendiri.
Pancasila adalah lima dasar yang membentuk bangsa ini, kelima dasar itu adalah
1. KETUHANAN YANG MAHA ESA;
2. KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB;
3. PERSATUAN INDONESIA;
4. KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN/PERWAKILAN;
5. KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA.
Bangsa ini dalam bertindak (terutama pemerintah) seharusnya sesuai dengan nilai-nilai Pancasila itu sendiri kalau bangsa ini masih menjadikan Pancasila sebagai landasan negara. Pancasila dijadikan dasar negara karena Pancasila merupakan suatu landaan yang sesuai dengan bangsa ini dan telah disetujui oleh seluruh rakyat Indonesia dalam sidang penentuan dasar negara.
Setiap sila-sila dalam Pancasila dewasa ini seharusnya masih dihayati dan dilaksanakan, bukan dilupakan dan dikesampingkan. Kebijakan-kebijakan pemerintah sekarang masih sangat jauh dari penerapan sila-sila Pancasila, namun sudah ada beberapa kebijakan yang mengarah kepada penerapan sila Pancasila, walau sedikit. Setiap sila dalam Pancasila kalau diteliti, kebijakan pemerintah masih sangat jauh dari penerapan nilai Pancasila.
Sudahkah pemerintah menjadikan Pancasila sebagai pedoman, sedikit penjabaran.
Sila 1. KETUHANAN YANG MAHA ESA: sudahkah pemerintah menggunakan sila pertama dari Pancasila ini. Apakah pemerintah sudah bersikap tegas dan cepat dalam menjamin warganya melaksanakan sila pertama ini yaitu hidup beragama dengan tenang tanpa ada kebingungan dalam menjalankan agamanya dari gangguan ajaran-ajaran yang menyimpang.
Sila 2. KEMANUSIAN YANG ADIL DAN BERADAB: sudahkah pemerintah melaksanakan sila kedua ini. Apakah pemerintah sudah membuat peraturan yang di dalamnya dilandasi oleh sikap moral kemanusiaan tanpa adanya kepentingan golongan.
Sila 3. PERSATUAN INDONESIA: sudahkah pemerintah melaksanakan sila ketiga ini. Apakah pemerintah sudah dapat mengatasi segala paham golongan, etnis, suku, ras, individu maupun golongan agama agar tidak dapat diruncingkan menjadi konflik dan permusuhan, tetapi menjadikan perbedaan itu persatuan yang menjadi kekuatan bagi bangsa ini.
Sila 4. KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN/PERWAKILAN: apakah sudah terlaksana sila keempat ini. Apakah rakyat dipimpin oleh orang-orang yang bijaksana dalam mengambil keputusan bersama unutuk kepentingan masyarakat luas.
Sila 5. KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA : apakah pemerintah sudah menjalankan sila kelima ini, apakah pemerintah sudah memberikan keadilan bagi setiap warganya baik berupa kesejahteraan, keamanan, bantuan, subsidi, serta kesempatan hidup tanpa adanya perbedaan hak.
Sekarang, kalau pemerintah sudah menjalankan hal-hal diatas maka pemerintah boleh dikata sudah menerapkan nilai Pancasila. Namun kalau belum, masyarakat boleh berkata, “masihkah kelima sila itu dijadikan pedoman secara utuh dalam menetapkan suatu kebijakan oleh pemerintah”.
Mari kita renungkan sejenak, masih patutkah kita menyebut Pancasila sebagai dasar negara, kalau tidak dilaksanakan.!!!
Kini Malang Benar Nasibmu Pancasila

Sumber : http://fixguy.wordpress.com/artikel-pancasila-riwayatmu-kini/
Di akses pada tanggal : 8 November 2010