Peluang Usaha

clicksor

sitti

Anda Pengunjung ke

Tuesday, October 19, 2010

Makalah Lidah Buaya

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Lidah buaya (Aloe vera ) merupakan salah satu tanaman hias yang sering kita lihat berada di pekarangan rumah.Beberapa keunggulan kompara-tif dari tanaman lidah buaya antara lain pemeliharaannya yang relatif mudah, produksi relatif lebih tahan lama dari pada produk hortikultura lainnya (tidak mudah busuk) dan gangguan hama/penyakit relatif kecil. Prospek pengusahaan tanaman ini juga ditunjang dengan kenyataan bukti-bukti manfaat dan kegunaan lidah buaya yang sangat luas misalnya untuk pengobatan sampai kosmetik/kecantikan. Bertitik tolak dari uraian diatas, maka menarik untuk dilakukan suatu penelitian tentang “Pemanfaatan Lidah Buaya (Aloe vera) Sebagai Bahan Penunjang Bahan Makanan Alternatif yaitu membuat “Es Dawet Lidah Buaya”.

Rumusan Masalah

Dalam penyusunan makalah ini, kami merumuskan masalah yang akan kami paparkan dalam pembahasan yaitu mengenai cara pembuatan “Es Dawet Lidah Buaya” .

Tujuan Penelitian

Tujuan pembuatan makalah ini yaitu untuk memenuhi tanggung jawab saya sebagai mahasiswa UNNES dalam mata pembelajaran Penulisan Karya Ilmiah.

Manfaat Penelitian

Adapun manfaat yang kita dapat temukan dalam makalah ini antara lain :
Memberikan kita pengetahuan mengenai tanaman lidah buaya khususnya dalam pemanfaatannya.
Penggunaannya pun tidak hanya untuk kecantikan / kosmetik semata, tapi juga sebagai bahan baku alternatif dalam pembuatan es dawet lidah buaya.
Dapat mengetahui bagaimana cara pengolahan es dawet dari lidah buaya.


Tabel Pengamatan




Hasil yang dapat diamati Hasil Pengamatan

Sebelum direndam dengan jeruk
Direndam dengan jeruk secukupnya

Rasa
Pahit
Hambar


Lendir

Berlendir

Tidak berlendir


Bentuk / tekstur

Agak keras

Lebih kenyal

Bau
Bau khas tumbuhan
Bau jeruk spesifik

Pembahasan

Dari hasil tabel hasil pengamatan dapat dilihat bahwa lidah buaya yang belum direndam air jeruk nipis rasanya pahit, lendirnya banyak,teksturnya pun agak keras sedikit dan baunya spesifik seperti bau daun pada umumnya.
Lidah buaya yang sudah direndam dengan air jeruk nipis rasanya hambar,lendirnya berkurang, teksturnya pun lebih kenyal dan berbau jeruk nipis.
Kami memanfaatkan air jeruk nipis agar teksturnya menjadi lebih kenyal,menghilangkan bau amis, dan menghilangkan lendir yang menempel pada daging lidah buaya. Sehingga saat proses pencampuran bahan dengan santan dan gula lidah buaya tersebut menjadi kenyal dan beraroma jeruk nipis.

KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan

Dari hasil penelitian yang telah kami lakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa lidah buaya tidak hanya digunakan sebagai tanaman hias, tetapi juga dapat dikonsumsi. Selain itu lidah buaya juga memiliki manfaat sebagai obat dan baik untuk dikonsumsi.

Lidah buaya juga memiliki bau yang kurang enak dan juga banyak lendir, sehingga untuk menghilangkan bau dan lendir tersebut, kami merendam lidah buaya tersebut dengan air jeruk nipis.

Dan lidah buaya yang telah direndam dengan air jeruk nipis dapat dijadikan bahan baku alternatif dalam pembuatan es dawet. Karena bila tidak direndam dengan air jeruk nipis, lendirnya dan amisnya tidak akan hilang dan juga teksturnya kurang kenyal.

Dari segi ekonomi pun, kita jadi bisa menghemat pengeluaran dengan cara memanfaatkan lidah buaya sebagai bahan alternatif pembuatan es dawet.

Saran
Berdasarkan penelitian ini, akhirnya kita mengetahui dan memahami bagaimana cara pembuatan es dawet lidah buaya.