Peluang Usaha

clicksor

sitti

Anda Pengunjung ke

Minggu, 19 Desember 2010

STAKEHOLDER

Download Disini : http://www.ziddu.com/download/13035057/Copyoftugaspendahuluanrenstra.doc.html



RENCANA STRATEGIK
SMK Ma’arif NU 02 Rowosari
Tahun 2008 - 2012



NAMA SEKOLAH : SMK Ma’arif NU 02 Rowosari
ALAMAT : JL. Bahari Utara No. 39
Rowosari - Kendal Telp. Fax. :
E-mail :



BAB I
P E N D A H U L U A N
MANDAT

Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah
Peraturan Pemerintah Nomor 25 tahun 1999 tentang perimbangan Keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah
Peraturan Pemerintah Nomor 29 tahun 1990 Tentang Pendidikan Menengah
Peraturan Pemerintah Nomor 39 tahun 1992 tentang Peran Serta Masyarakat dalam Pendidikan Nasional
Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0490/U/1992 Tahun 1992 Tentang Sekolah Menengah Kejuruan
Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 080/U/1993 Tahun 1993 Tentang Kurikulum SMK
Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 044/U/2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah
Perjanjian Kerjasama antara Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Kamar Dagang dan Industri ( KADIN ) Nomor 0104a/U/1994 dan Nomor SKEP/019/DPH/IV/1994 Tanggal 28 April 1994 tentang Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda ( PSG ) pada Sekolah Menengah Kejuruan
Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor………………………………………..Tentang Pendirian SMK Ma’arif NU 02 Rowosari Kendal
Kondisi Globalisasi dan Perkembangan IPTEK

STAKEHOLDER
Menteri Pendidikan Nasional
Direktur Pendidikan Menengah Kejuruan
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah
Bupati Kendal
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal
Dewan Pendidikan Kabupaten Kendal
Komite Sekolah
Majelis Sekolah
Kepala Sekolah
Orang Tua Siswa
Guru dan Karyawan
Dunia Usaha-industri
Instansi lain yang terkait









CORE BUSINES

Pendidikan dan Latihan Reguler
Melaksanakan pendidikan dan latihan reguler jangka 3 ( Tiga ) Tahun dengan menggunakan Kurikulum Nasional dan senantiasa menyesuaikan/menyepadankan dengan kebutuhan Dunia Usaha/Industri setempat serta mengikuti perkembangan IPTEK secara global dengan senantiasa menjunjung tinggi Nilai-Nilai Moral dan budaya bangsa.

Pendidikan dan Latihan Jangka Pendek
Melaksanakan pendidikan dan latihan jangka pendek ( 2 Minggu, 1 Bulan, 2 Bulan ) seperti kompetisi kejuruan dan kewirausahaan serta kursus kompetensi tertentu yang pesertanya direkrut dari masyarakat yang memerlukan, pencarian kerja, putus sekolah dan tenaga kerja dari Dunia Usaha/Industri setempat serta tamatan yang memerlukan penguatan/penambahan kompetensi tertentu.

Unit Produksi dan Jasa
Mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas guna memproduksi barang jadi serta melayani permintaan jasa dari konsumen dilingkungan sekolah dan masyarakat yang memerlukan.


























BAB II
VISI, MISI, NILAI-NILAI
A. VISI
B. MISI
C. NILAI-NILAI
1. Keimanan
2. Kejujuran
3. Keterbukaan
4. Kebersamaan
5. Kekeluargaan
6. Saling Menghargai
7. Kreatif
8. Inovatif
9. Pelayanan Prima
10. Disiplin
11. Tanggung Jawab

























BAB III
LINGKUNGAN STRATEGIK


A. LINGKUNGAN STRATEGIK INTERNAL

1. Tersedianya guru dan tenaga kependidikan yang terampil, disiplin dan memiliki dedikasi dalam bidang pendidikan
2. Adanya dukungan dari Komite Sekolah dalam menggali dana yang memadai guna pengembangan pendidikan unggul dan berkualitas
3. Tersedianya sarana prasarana dan infrastruktur serta fasilitas praktek yang memadai guna pelatihan kompetensi kejuruan
4. Kemampuan manajerial pengelola sekolah yang dapat diandalkan

B. LINGKUNGAN STRATEGIK EKSTERNAL

1. Adanya dukungan Pemerintah Pusat dan Daerah dalam Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) Guna menciptakan generasi terampil yang berwawasan Teknologi dan Informasi Modern
2. Tingginya animo masyarakat untuk bersekolah di SMK
3. Dukungan masyarakat untuk mengembangkan pendidikan unggul dalam bidang teknologi dan industri
4. Masih kurangnya SMK dibidang Tehnologi yang dikelola secara profesional memungkinkan pengembangan SMK yang dikelola dengan akuntabilitas tinggi
5. Banyaknya dukungan dari Dunia Usaha/Industri yang telah melaksanakan kerjasama dalam mendidik dan merekrut calon tenaga tamatan SMK
6. Adanya dukungan dan kerjasama dengan LSP untuk mengembangkan Uji Kompetensi dan Sertifikasi Profesi
7. Masuknya SMK Ma’arif NU 02 Rowosari sebagai nominasi Sekolah Standart Internasional ( SSI )

C. FAKTOR PENENTU KEBERHASILAN

1. Sarana Prasarana dan Fasilitas Pendidikan
2. Pelaksanaan Kurikulum Yang Konsisten
3. Ketercukupan Dana dan Anggaran Sekolah
4. Lingkungan Yang Sehat dan Kondusif
5. Dukungan Dunia Usaha/Industri Yang Relevan
6. Kinerja SDM Yang Profesional, disiplin dan menjunjung tinggi etika profesi
7. Siswa Yang berkualitas
8. Tata Kerja Yang Terstruktur









BAB IV
TUJUAN, SASARAN DAN STRATEGI
A. TUJUAN
1. Tujuan Umum
a. Meningkatkan peran SMK sebagai Pusat Pendidikan Terpadu ( PPKT ) yang menyelenggarakan :
1) Pendidikan dan Latihan Reguler
2) Pendidikan dan Pelatihan ketrampilan/kompetensi ( Short Course )
3) Layanan jasa dan produk bagi pengembangan ekonomi masyarakat
4) Pendidikan dan pelatihan lanjutan ( Politeknik )
5) Kemungkinan untuk dikembangkan menjadi SMK 4 Tahun
b. Sebagai aset daerah dapat memberi kontribusi secara nyata pada pengembangan daerah meliputi :
1) Penyediaan SDM yang berkompeten serta memiliki daya saing untuk menghadapi era global melalui peningkatan mutu tamatan
2) Menjadi partner Pemerintah Kabupaten dalam pengembangan potensi Wilayah
3) Mengembangkan ekonomi masyarakat lewat wirausaha dibidang teknologi
4) Memberdayakan sekolah dalam rangka mewujudkan pelayanan prima bagi masyarakat
c. Mengembangkan iklim belajar berwawasan global yang berakar pada norma dan budaya bangsa indonesia
d. Menyelenggarakan pendidikan berorientasi kecakapan hidup melalui pendekatan Broad Base Educations ( BBE )
2. Tujuan Khusus
a. Memperlancar dan Meningkatkan Mutu Proses Belajar Mengajar dalam pola pembelajaran CBT
b. Meningkatkan Sumberdaya manusia dalam rangka menuju profesionalisme
c. Melengkapi fasilitas praktek dengan peralatan yang menunjang peningkatan profesionalisme
d. Meningkatkan keahlian profesional siswa pada setiap program keahlian sesuai dengan tuntutan industri
e. Tamatan/lulusan dari setiap program keahlian dapat terserap langsung di Dunia Usaha/Industri atau mandiri
B. SARAN
1. Terseleksinya siswa baru yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan bermutu
2. Terpenuhinya jumlah dan kualitas tenaga kependidikan sesuai bidang keahlian yang dikembangkan
3. Sarana Prasarana dan Fasilitas Sekolah terkondisi dengan baik, berdaya guna dan berhasil guna
4. Terjalin hubungan kerjasama dengan masyarakat, Dunia Usaha/Industri serta instansi terkait
5. Terlaksananya pembelajaran Berbasis Kompetensi ( CBT ) serta konsisten pada tahun pelajaran 2005/2006
6. Terlaksananya Pendidikan Sistem Ganda didalam dan diluar negeri
7. Terlaksananya Uji Kompetensi/ Sertifikasi Profesi pada tahun pelajaran 2005/2006 dengan prosentase lulus 80 %
8. Terlaksananya kegiatan ekstra kurikuler unggulan guna menghadapi event local, regional dan nasional
9. Juara 1 dalam lomba PKS tingkat Propinsi minimal 2 mata lomba tahun 2005 dan juara 1 tingkat Nasional minimal 1 mata lomba pada tahun 2006
10. Terwujudnya SMK Ma’arif NU 02 Rowosari sebagai Sekolah Standar Internasional pada tahun 2007/2008
11. Terlaksananya pembelajaran dengan sistem modul pada tahun pelajaran 2006/2007
12. Terlaksananya pembelajaran dengan pengantar Bahasa Inggris pada tahun pelajaran 2005/2006
13. Terserapnya 60% tamatan di Dunia Usaha/Industri
14. Terlaksananya kegiatan rekreatif pada organisasi Sekolah, guru dan Staf Tata Usaha
15. Struktur Organisasi yang simpel dan efisien
16. Terlaksananya manajemen ISO pada Tahun pelajaran 2005/2006
17. Lingkungan yang aman, bersih, sehat dan indah
C. STRATEGI
1 STRATEGI
a. Bersama-sama dengan Komite dan Institusi Pasangan menyusun pola seleksi calon siswa baru
b. Mengembangkan kegiatan loka karya, IHT dan seminar dengan tema-tema aktual sesuai dengan perkembangan Pendidikan dan Perkembangan IPTEK
c. Mengirimkan guru magang industri ( OJT ) didalam dan diluar negeri guna menyerap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi modern
d. Menyusun analisa kebutuhan sarana prasarana dan fasilitas meliputi gedung dan infrastruktur, perabot, fasilitas praktek dan media pembelajaran, selanjutnya dituangkan dalam perencanaan pengadaan sesuai dengan skala kebutuhan/prioritas
e. Menyusun inventarisasi sarana prasarana dan fasilitas serta peta kondisi guna memudahkan perencanaan perawatan, perbaikan dan rehabilitasi
f. Menjalin kerja sama dengan masyarakat dan instansi pasangan dalam bentuk MOU meliputi seluruh aspek kegiatan sekolah
g. Menyusun perangkat pembelajaran berbasis kompetensi ( CBT ) serta melaksanakannya secara konsisten dan konsekuen
h. Menyusun perangkat pembelajaran dengan sistem modul
i. Menyusun perangkat pembelajaran berbasis kompetensi ( CBT ) dengan pengantar bahasa inggris dan mengimplementasikan secara konsisten
j. Mengirimkan siswa magang ke Dunia Usaha/Industri di dalam dan di luar negeri guna memperoleh pendidikan dan latihan kompetensi tertentu
k. Bersama-sama dengan LSP menyelenggarakan Uji Kompetensi dan Sertifikasi Profesi
l. Melaksanaan pengayaan kegiatan ekstra kurikuler unggulan sesuai bakat, minat dan potensi siswa, serta mengadakan fasilitas penunjangnya
m. Menjalin kerjasama dengan institusi lain dalam rangka Bench Marking
n. Menyusun struktur organisasi sesuai dengan kebutuhan
o. Menyusun Standart Operating Procedur ( SOP ) untuk semua kegiatan di setiap unit kerja
p. Melaksanakan kunjungan industri, studi banding dan rekreasi 1 ( Satu ) kali dalam setahun
q. Memberdayakan system dan penjaga sekolah dalam mengelola lingkungan
2 KEBIJAKAN
a. Kebijakan Bidang Kurikulum Dan Kegiatan Belajar Mengajar
 Pengembangan Kurrikulum Berbasis Kompetensi
 Implementasi Life Skill Dalam Pembelajaran
 Pengembangan modul/Bahan Ajar Berbasis Kompetensi
 Pengembangan Bahan Ajar Dengan Pengantar Bahasa Inggris
 Reorientasi Pembelajaran
 Penganekaragaman Program Keahlian
b. Kebijakan Bidang Organisasi dan Menejemen
 Memberikan pelayanan kepada SDM dalam rangka mewujudkan peningkatan kualitas kerja profesional
 Pengembangan budaya organisasi
 Penyehatan organisasi dengan kegiatan rekreafit
c. Kebijakan Bidang Ketenagaan dan Sumber Daya Manusia
 Seleksi penerimaan guru baru
 Pengembangan SDM
 Peningkatan kesejahteraan guru dan tenaga kependidikan
d. Kebijakan Bidang Keuangan dan Anggaran Sekolah
 Penggalian dana
 Penyimpanan dan penggunaan dana
 Efektifitas/efisiensi dan taat azas
e. Kebijakan Bidang Sarana Prasarana dan Fasilitas
 Pemetaan Sarana dan Prasarana Sekolah
 Penambahan/rehabilitasi Sarana Prasarana dan Infrastruktur
 Penambahan/rehabilitasi Fasilitas
 Pendayagunaan Fasilitas
f. Kebijakan Bidang Kesiwaan
 Seleksi Penerimaan Siswa Baru
 Peningkatan Kegiatan Ekstrakurikuler
 Peningkatan kegiatan Co-kurikuler
 Peningkatan peran BP/BK
g. Kebijakan Bidang Hubungan masyarakat dan Hubungan Industri
 Peningkatan peran serta Masyarakat dalam Kegiatan Sekolah
 Peningkatan kerjasama dengan Dunia Usaha/Industri
 Peningkatan peran BKK
 Peningkatan kerjasama dengan LSP
h. Kebijakan Bidang Lingkungan dan Budaya Sekolah
 Peningkatan keamanan, kebersamaan dan keindahan lingkungan
 Peningkatan hubungan antar Unit Kerja




















3 PROGRAM
KEBIJAKAN PROGRAM
a. Kebijakan Bidang Kurikulum dan KBM
 Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi


 Implementasi Life Skill dalam Pembelajaran
 Pengembangan Modul/bahan ajar berbasis kompetensi
 Pengembangan bahan ajar dengan pengantar bahasa inggris
 Reorientasi pembelajaran
 Penganekaragaman Program Keahlian Program Pengembangan Kurikulum dan Kegiatan Belajar Mengajar
 Pengembangan kurikulum berbasis kompetensi
 Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis kompetensi
 Pengembangan evaluasi dan penilaian pembelajaran berbasis kompetensi
 Pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi life skill
 Mengimplementasikan life skill dalam program pembelajaran
 Pengembangan perangkat pembelajaran system modul
 Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pengantar bahasa inggris
 Mengembangan Re-Engineering Program Keahlian
b. Kebijakan Bidang Organisasi dan Manajemen
 Memberikan pelayanan kepada SDM dalam rangka mewujudkan peningkatan kualitas kerja profesional
 Pengembangan Budaya Organisasi

 Penyehatan Organisasi dengan kegiatan rekreatif Program Pengembangan Organisasi dan Manajemen
 Peningkatan kompetensi dan kinerja guru
 Peningkatan kemampuan staf administrasi
 Peningkatan Organisasi Sekolah
 Pengembangan SOP untuk setiap jenis kegiatan
 Pengembangan kegiatan rekreatif
c. Kebijakan Bidang Ketenagakerjaan dan SDM
 Seleksi Penerimaan Guru Baru
 Pengembangan SDM
 Peningkatan Kesejahteraan Guru dan Tenaga Kependidikan Program Pengembangan Ketenagakerjaan dan Sumberdaya Manusia
 Pengembangan system penerimaan/pengangkatan guru baru
 Peningkatan profesionalisme guru
 Pengembangan kegiatan IHT, Lokakarya dan Seminar Pendidikan
 Pemberdayaan guru BP/BK
d. Kebijakan Bidang keuangan dan Anggaran Sekolah
 Penggalian sumber dana




 Penyimpanan dan penggunaan dana
 Efektifitas, efisiensi dan taat azas Program pengembangan keuangan dan Anggaran Sekolah
 Pemberdayaan komite sekolah
 Pengembangan proposal bantuan ke direktorat, institusi pasangan dan APBD/N
 Pengembangan Unit Produksi dan Jasa di sekolah
 Pengembangan usaha yang berhasil guna
 Pengembangan koperasi sekolah
 Peningkatan kerjasama dengan perbankan
 Pengembangan RAPBS
 Pemanfaatan dana sesuai skala prioritas
 Pembakuan prosedur pengeluaran dana ( dengan SOP )
e. Kebijakan Bidang sarana prasarana dan fasilitas
 Pemetaan kondisi sarana prasarana sekolah
 Penambahan/rehabilitasi Sarana Prasarana dan Infrastruktur


 Penambahan/rehabilitasi Fasilitas
 Pemeliharaan dan perawatan faisilitas
 Pendayagunaan Fasilitas Program pengembangan sarana prasarana dan fasilitas
 Pengembangan buku infentaris sarana prasarana sekolah
 Pengembangan RKB dan infrastrukturnya
 Pembangunan laboratorium Bahasa Inggris
 Pembangunan show room produk unggulan sekolah
 Pengadaan perabot, fasilitas dan media belajar
 Rehabilitasi sarana prasarana sesuai dengan kebutuhan
 Rehabilitasi perabot dan fasilitas
 Pengembangan program pemeliharaan / perawatan dan perbaikan fasilitas
 Pengembangan kemanfaatan fasilitas dalam kegiatan yang berhasil guna
f. Kebijakan Bidang Kesiwaan
 Seleksi Penerimaan Siswa Baru

 Peningkatan Kegiatan Ekstrakurikuler


 Peningkatan kegiatan Co-kurikuler


 Peningkatan peran BP/BK
Program pengembangan kesiswaan
 Pengembangan sistam seleksi penerimaan siswa baru meliputi criteria, prosedur dan perangkatnya
 Pengembangan kegiatan kesenian dan olah raga prestasi
 Pengembangan sarana olahraga dan seni
 Pengembangan sistem seleksi dengan prestasi/bakat sebagai kriteria utama
 Peningkatan kerjasama dengan KONI dalam pelatihan Olah Raga prestasi
 Peningkatan penguasaan mata diklat khusus bagi siswa berprestasi ( seperti, matematika, bahasa inggris, karya ilmiah, TTG dan paket kompetensi ) guna persiapan mengikuti event : lokal, Regional, Nasional dan Internasional
 Pengembangan bimbingan penyuluhan dan bimbingan karir bagi tamatan yang memerlukan
g. Kebijakan Bidang Hubungan masyarakat dan Hubungan Industri
 Peningkatan peran serta Masyarakat dalam Kegiatan Sekolah
 Peningkatan kerjasama dengan Dunia Usaha/Industri
 Peningkatan peran BKK
 Peningkatan kerjasama dengan LSP Program pengembangan hubungan masyarakat dan hubungan industri
 Peningkatan peran komite sekolah dan institusi pasangan
 Penggalangan kerjasama dengan donatur yang relevan dengan cara pembuatan proposal
 Pengembangan kerjasama dengan DU/DI dalam kegiatan magang dan pemasaran tamatan
 Pengembangan kerjasama dengan DU/DI dalam kegiatan IHT dan guru tamu
 Pengembangan peran BKK dalam menyalurkan tenaga kerja
 Pengembangan dengan LSP
 Pengembangan uji kompetensi dan sertifikasi profesi
h. Kebijakan Bidang Lingkungan dan Budaya Sekolah
 Peningkatan keamanan, kebersamaan dan keindahan lingkungan

 Peningkatan Hubungan antar Unit Kerja Program pengembangan Lingkungan dan Budaya Sekolah
 Pemberdayaan penjaga sekolah
 Peningkatan kerjasama dengan masyarakat dilingkungan sekolah
 Peningkatan pengelolaan taman sekolah
 Peningkatan kerjasama dengan institusi terkait
 Peningkatan kegiatan kerukunan antar unti kerja di sekolah









KEGIATAN
1. Program Pengembangan Kurikulum dan Kegiatan Belajar Mengajar
Program Kegiatan
Pengembangan kurikulum Berbasis Kompetensi a) Memenuhi kebutuhan dokumen kurikulum berbasis kompetensi
b) Mendistribusikan dokumen kurikulum ke jurusan dan semua guru
c) Melaksanakan IHT pembahasan kurikulum berbasis kompetensi
d) Kurikulum dipahami seluruh guru dan tenaga kependidikan
e) Menyusun program re-organisasi pembelajaran
Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis kompetensi Menyusun perangkat pembelajaran berbasis kompetensi
Melaksanakan pembelajaran berbasis kompetensi ( CBT )
Menyusun modul pembelajaran berbasis kompetensi

Pengembangan perangkat evaluasi dan penilaian pembelajaran berbasis kompetensi Menyusun perangkat evaluasi dan penilaian hasil pembelajaran
Melaksanakan evaluasi dan penilaian hasil pembelajaran
Pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi Life Skill Mendata Life Skill yang sesuai umtuk program normatif, adaptif dan produktif
Mengintegrasikan Life Skill dalam perangakat pembelajaran
Mengimplementasikan Life Skill dalam program pembelajaran Mengimplementasikan Life Skill dalam proses pembelajaran
Mengimplementasikan Life Skill dalam proses penilaian
Pengembangan perangkat pembelajaran sistem modul Menyusun modul program normatif, adaptif dan produktif
Melaksanakan pembelajaran sistem modul
Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pengantar bahasa inggris Menyusun perangkat pembelajaran dengan bahasa inggris
Melaksanakan pembelajaran dengan pengantar bahasa inggris
Menyusun modul pembelajaran dengan bahasa inggris
Reorientasi Pembelajaran Melaksanakan pembelajaran dengan orientasi hasil
Melaksanakan pemetaan keberhasilan kelas
Menyusun dan melaksanakan program tutorial sesama siswa
Pengembangan Re-Engineering Program Keahlian Melaksanakan program Re-Engineering program keahlian
Menyusun program pengembangan bidang / program keahlian
Membuka program keahlian baru berdasarkan hasil re-engineering











2. program Pengembangan Organisasi dan Manajemen
Program Kegiatan
Peningkatan Kompetensi dan Kinerja Guru Menyusun program penataran guru sesuai kebutuhan sekolah
Meningkatkan kompetensi guru bidang diklat normatif
Meningkatkan kompetensi guru bidang diklat adaptif
Meningkatkan kompetensi guru bidang diklat produktif
Meningkatkan profesionalisme dan kinerja guru
Menyusun pembagian tugas guru sesuai spesialisasi
Peningkatan kemampuan staf administrasi Menyusun program pelatihan / penataran staf administrasi
Meningkatkan kemampuan staf administrasi dalam bidang SIM
Meningkatkan kemampuan staf administrasi dalam kebendaharaan
Meningkatkan kualitas kinerja layanan administrasi sekolah
Pengembangan organisasi sekolah Menyusun struktur organisasi sesuai dengan kebutuhan
Memilih personalia yang tepat dalam struktur organisasi
Melaksanakan penyegaran dalan penyehatan organisasi
Menyusun mekanisme kerja organisasi di sekolah
Menyusun tata kerja organisasi di sekolah
Pengembangan Standar Operating Prosedur ( SOP ) untuk setiap jenis kegiatan Membagi jenis kegiatan disekolah dengan penanggung jawabnya
Menyusun SOP untuk setiap jenis kegiatan disekolah
Pengembangan kegiatan rekreatif Menyusun panitia pelaksana kegiatan rekreatif
Merencanakan kegiatan rekreatif ( Studi Banding,studi wisata dankarya wisata )

3. Program Pengembangan Ketenagaan dan Sumber Daya Manusia
Program Kegiatan
Pengembangan sistem Penerimaan/Pengangkatan guru Baru Menyusun sistem seleksi penerimaan guru baru di sekolah
Menyusun perangkat aturan penerimaan guru baru
Menyusun kriteria sistem penerimaan guru baru
Menyusun syarat yang mengikat dalam penerimaan guru baru
Menyusun SOP sistem pengangkatan guru baru
Peningkatan Profesionalisme Guru Meningkatkan guru program Normatif dalam kegiatan MGPD
Meningkatkan guru program Adaptif dalam kegiatan MGPD
Menyusun guru magang di industri
Menugaskan guru produktif melaksanakan Magang di Industri/OJT
Menyusun program penataran guru produktif di PPPG
Menugaskan guru Produktif melaksanakan penataran di PPPG
Pengembangan Kegiatan IHT, lokakarya dan seminar pendidikan disekolah Melaksanakan IHT guna membahas satu kegiatan sekolah
Melaksanakan lokakarya penyamaan persepsi kegiatan sekolah
Melaksanakan seminar yang bertemakan pendidikan
Pemberdayaan guru BK/BP Mengikutkan guru BP/BK dalam pelatihan BK
Meningkatkan peran guru BP/BK sebagai penyuluh tenaga kerja

4. Program Pengembangan Keuangan dan Anggaran Sekolah
Program
Kegiatan
Pemberdayaan Komite Sekolah a) Memfungsikan Komite Sekolah guna penggalangan dana
b) Memfungsikan Komite Sekolah dalam menyusun program sekolah
c) Memfungsikan Komite Sekolah dalam pengadaan sarana dan prasarana
Pengembangan proposal pengajuan bantuan ke direktorat, institusi pasangan APBD/APBN yang relevan a) Mengajukan proposal bantuan ke direktorat dikmenjur
b) Mengajukan bantuan ke instansi pasangan
c) Mengajukan proposal bantuan pembangunan ke APBD/APBN
Pengembangan Unit Produksi dan Jasa di Sekolah a) Memberdayakan Unit Produksi dan Jasa di Sekolah
b) Membentuk kepengurusan UPJ yang efisien
c) Penganekaragaman produk dan jasa guna kesejahteraan guru
Pengembangan usaha yang berhasil guna a) Melaksanakan simpan pinjam bagi guru
b) Mengembangkan pelayanan sembako bagi guru dan karyawan
c) Menyelenggarakan kantin sekolah yang dikelola dharma wanita
Pengembangan Koperasi Sekolah a) Pemberdayaan koperasi sekolah
b) Mengembangkan koperasi konsumsi bagi guru dan karyawan
c) Meningkatkan koperasi menjadi badan hukum tetap
d) Mengembangkan koperasi guna melayani sekolah seperti Bahan praktek, ATK, dll
Peningkatan kerjasama dengan perbankan a) Menjalin kerjasama dengan perbankan dalam penyimpanan dana sekolah
b) Mengatur pembayaran iuran komite melakui jasa perbankan
Pengembangan RAPBS a) Menyusun RAPBS setiap tahun anggaran
b) Menggunakan RAPBS sebagai pedoman belanja sekolah
Pemanfaatan dana sesuai skala priorotas a) Mengatur batas pengeluaran setiap kegiatan ( Sistem floting, dana/plafon )
b) Mengatur pengeluaran dana sesuai skala prioritas
c) Mengatur personil penanggung jawab pembelajaran dana sekolah
Pembakuan prosedur pengeluaran dana ( dengan SOP ) a) Mengatur sistematika/prosedur tata penggunaan dana
b) Menata personil penanggung jawab keluar masuknya dana
c) Menata personil pemeriksaan keuangan sekolah









5. Program Pengembangan Sarana Prasarana dan Fasilitas
Program
Kegiatan
1. Pengembangan buku inventaris sarana prasarana sekolah

a) Menyusun buku induk inventarisasi perabot, fasilitas, sarana dan infrastrukturnya
b) Menyusun buku inventaris bengkel laboratorium, kantor dan setiap ruang yang ada

2. Pembangunan RKB dan infrastrukturnya

a) Mematangkan site plant lokasi sekolah
b) Membuat perancanaan pembangunan RKB
c) Membangun RKB dan infrastruktur sesuai kebutuhan
3. Pembangunan Laboratorium Bahasa Inggris
a) Membuat perencanaan Pembangunan Laboratorium Bahasa Inggris
b) Membangun Lab. Bahasa inggris
4. Pembangunan Show room Produk unggulan
a) Membuat perencanaan pembangunan show room
b) Membangun show room produk unggulan
5. pengadaan perabot. Fasilitas dan media belajar
a) menyusun rencana kebutuhan perabot, fasililitas dan media
b) mengadakan perabot, fasililitas dan media belajar dengan skala prioritas
6. Rehabilitasi sarana prasarana sesuai kebutuhan
a) Membuat perencanaan rehabilitasi sarana dan infrastruktur secara berjangka
b) Melaksanakan rehabilitasi sarana dan infrastruktur secara berjangka
7. Rehabilitasi perabot dan fasilitas
a) Membuat rencana rehabilitasi perabot dan fasilitas secara berjangka
b) Melaksanakan rencana rehabilitasi perabot dan fasilitas secara berjangka
8. pengembangan program pemeliharaan dan perbaikan fasilitas

a) membentuk tim pemeliharaan dan perbaikan fasilitas ( Tim MR )
b) menyusun rencana pemeliharaan dan perbaikan fasilitas sekolah
c) melaksanakan pemeliharaan dan perbaikan rutin fasilitas sekolah
9. Pengembangan kemanfaatan fasilitas dalam kegiatan yang berhasil guna



a) Menyusun jadwal penggunaan fasilitas sebagai alat pembelajaran
b) Menyusun jadwal penggunaan fasilitas sebagai alat produksi
c) Memberdayakan fasilitas sebagai alat belajar mengajar
d) Memberdayakan fasilitas sebagai alat produksi dan layanan jasa





6. Program Pengembangan Kesiswaan
Program
Kegiatan
1. Pengembangan sistam seleksi penerimaan siswa baru meliputi kriteria, prosedur dan perangkatnya
a) Menyusun sistem seleksi penerimaan siswa baru
b) Menyusun perangkat aturan penerimaan calon siswa baru
c) Menentukan persyaratan dan kriteria calon siswa baru
d) Menyusun SOP kegiatan penerimaan siswa baru
2. Pengembangan Kegiatan Kesenian dan Olahraga prestasi a) Memilih kegiatan ekstra kurikuler sebagai kegiatan unggulan
b) Menyusun rencana pembinaan ekstra kurikuler unggulan
c) Melaksanakan pembinaan ekstra kurikuler unggulan
3. Pengembangan sarana olahraga dan seni a) Menyusun rencana pengadaan fasilitas ekstrakurikuler
b) Mengadakan fasilitas kegiatan ekstra kurikuler
4. Pengembangan sistem seleksi dengan prestasi sebagai kriteria a) Menyertakan prestasi/bakat dalam kriteria penerimaan siswa baru
b) Memberikan nilai plus bagi calon siswa yang berprestasi
5. Peningkatan kerjasama dengan KONI dalam pembinaan Olah Raga a) Menjalin Kerja sana dengan KONI dalam perkembangan olahraga
b) Mengundang pelatih olahraga profesional dari KONI
6. Peningkatan Penguasaan Mata Diklat Khusus Bagi siswa berprestasi ( Seperti matematika, bahasa Inggris, Karya Ilmiah, TTG dan paket Kompetensi ) guna persiapan mengikuti event lokal, regional , nasional dan internasional a) Melaksanakan pembinaan pada Mata Diklat Khusus Matematika dan Bahasa Inggris
b) Melaksanakan pembinaan khusus dalam penyusunan karya ilmiah
c) Melaksanakan pembinaan khusus dalam pembuatan Teknologi Tepat Guna ( TTG )
d) Melaksanakan pembinaan Khusus pada paket kompetensi tertentu
e) Mengikuti lomba Mata diklat / Paket Kompetensi dalam event-event tertentu
7. Pengembangan bimbingan penyuluhan dan bimbingan karir bagi tamatan yang memerlukan a) Melaksanakan bimbingan karir kepada tamatan yang memerlukan
b) Melaksanakan bimbingan karir kepada pencari kerja











7. Program Pengembangan Hubungan Masyarakat dan Hubungan Industri
Program
Kegiatan
1. Peningkatan peran Komite Sekolah dan Institusi Pasangan a) Mengikutsertakan Komite Sekolah dalam penggalian dana operasional sekolah
b) Mengikutsertakan komite sekolah dalam perencanaan pengembangan sarana dan prasarana
c) Mengikutsertakan instansi pasangan dalam perencanaan fasilitas
d) Mengikutsertakan institusi pasangan dalam Uji kompetensi / Uji Profesi
e) Mengikutsertakan komite sekolah dan institusi pasangan dalam kegiatan seremonial
f) Menjalin kerjasana dengan institusi pasangan dalam kegiatan magang
g) Menjalin kerjasana dengan institusi pasangan dalam pengadaan buku referensi
2. Penggalangan kerjasama dengan donatur yang relevan dengan cara pembuatan proprosal a) Menjalin kerjasama dengan donatur yang relevan guna pengembangan sekolah
b) Mengajukan bantuan dana ke donatur yang relevan dan tidak mengikat
3. Pengembangan kerjasama dengan DU/DI dalam kegiatan magang dan pemasaran tamatan a) Membuat MOU dengan DU/DI dalam kegiatan magang siswa/guru
b) Meningkatkan kerjasama dengan Du/DI dalam pemasaran tamatan
4. Pengembangan kerjasama dengan DU/DI dalam kegiatan IHT dan Guru Tamu a) Meningkatkan kerjasama dengan DU/DI dalam kegiatan IHT
b) Meningkatkan kerjasama dengan DU/DI dalam bentuk guru tamu
5. Pengembangan peran BKK dalam penyalurkan tenaga kerja a) Meningkatkan peran BKK sebagai penghubung kepentingan sekolah dan DU/DI
b) Memberdayakan BKK sebagai tempat pelatihan calon tenaga kerja
c) Meningkatkan peran BKK sebagai tempat latihan tenaga kerja ke luar negeri
d) Memberdayakan BKK sebagai penyalur tenaga kerja dalam dan luar negeri
6. Pembangunan Kerjasama LSP a) Menjalin kerjasama dengan LSP dalam kegiatan Uji Profesi/sertifikasi
b) Melaksanakan uji profesi/sertifikasi oleh LSP
c) Mencari masukan dari LSP guna peningkatan program pengembangan sekolah
d) Menjalin kerjasama dengan LSP dalam pengadaan buku-buku referensi
7. Pengembangan Uji Kompetensi dan sertifikasi profesi a) Merencanakan pelaksanaan kegiatan Uji Profesi/sertifikasi
b) Melaksanakan pembekalan siswa guna mengikuti uji profesi/sertifikasi
c) Merencanakan kebutuhan alat bahan dan penyediaan Tempat Uji Kompetensi
d) Melaksanakan koordinasi dengan tim penguji tentang waktu tempat dan personil





8. Program Pengembangan Lingkungan dan Budaya Sekolah
Program
Kegiatan
1. Pemberdayaan penjaga sekolah a) Mengikutkan penjaga sekolah dalam pelatihan Satuan Pengaman (Satpam ) di Polres
b) Melaksanakan alih fungsi penjaga yang berprestasi ke tenaga administrasi
c) Meningkatkan kesejahteraan penjaga sekolah

2. Peningkatan kerjasama dengan masyarakat dilingkungan sekolah a) Menjalin kerjasama dengan masyarakat disekitar sekolah dalam kegiatan bersih desa, kerja bakti dan keamanan kingkungan
b) Memprioritaskan warga sekitar sekolah sebagai penjaga atau pengelola taman
c) Membuka kantin sekolah yang dikelola warga sekitar sekolah
3. Peningkatan Pengelolaan Taman Sekolah a) Membuat perencanaan taman sekolah yang bersih, sehat rapi dan indah
b) Menata, merawat dan merapikan taman sekolah
c) Melakukan penanaman tumbuhan yang indah, rindang dan berhasil guna seperti mangga dan rambutan
d) Membuat jadwal perawatan dan peremajaan taman secara berkala
4. Peningkatan kerjasama dengan instansi terkait a) Menjalin kerjasama dengan dinas terkait dalam bidang informasi dan menejemen
b) Mengikuti kegiatan yang diwadahi oleh Jaringan Informasi Sekolah ( JIS )
5. Peningkatan Kegiatan kerukunan antar Unit kerja di sekolah a) Menghimpun dana sosial sekolah
b) Mengadakan kegiatan home visit
c) Mengadakan kegiatan arisan di sekolah
d) Melaksanakan lomba hiburan antara unit kerja disekolah pada hari besar nasional
6. Pengembangan kegiatan kesenian dan olah raga antar sekolah a) Membuat rencana lomba antar sekolah pada hari ulang tahun sekolah
b) Melaksanakan lomba seni/olahraga antar sekolah pada HUT sekolah










BAB V
RENCANA OPERASIONAL
A. RENCANA OPERASIONAL JANGKA PANJANG
1. BIDANG GARAPAN : KURIKULUM DAN KEGAITAN BELAJAR MENGAJAR
TUJUAN
SASARAN PENANGGUNG
JAWAB WAKTU PELAKSANAAN SUMBER
DAYA MEKANISME UMPAN BALIK
MULAI SELESAI
1. Pengembangan kurikulum berbasis Kompetensi 1.1.1 Terpenuhinya kebutuhan dokumen kurikulum berbasis kompetensi Waka Kurikulum 2005 2009 Dana, SDM Data/dokumen
1.1.2 Dokumen kurikulum terdistribusi ke jurusan dan kepada semua guru Bukti penerimaan
1.1.3 Terlaksananya kegiatan IHT membahas kurikulum berbasis kompetensi Laporan kegiatan
1.1.4 Dipahaminya kurikulum berbasis kompetensi oleh personil di sekolah Data
1.1.5 Tersusunya program re-orientasi pembelajaran Laporan kegiatan
2. Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis kometensi 1.2.1 Tersusunnya perangkat pembelajaran ( RP/SAP ) berbais kometensi Waka Kurikulum 2005 2009 Dana, SDM Bukti Fisik
1.2.2 terlaksanannya pembelajaran berbasis kompetensi ( CBT ) Laporan kegiatan
1.2.3 Tersusunnya modul berbasis kompetensi Bukti Fisik
3. Pengembangan perangkat evaluasi dan penilaian berbasis kompetensi 1.3.1 Tersusunya perangkat evaluasi dan perangakat penilaian pembelajaran berbasis kompetensi
Waka Kurikulum 2005 2009 Dana, SDM Perangkat evaluasi
1.3.2 Terlaksananya evaluasi / penilaian pembelajaran berbasis kompetensi Laporan kegiatan
4. Pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi Life Skill 1.4.1 Adanya data Lif Skill untuk program Normatf, adaptif dan produktif
Waka Kurikulum 2005 2009 Dana, SDM Bukti fisik
1.4.2 Terlaksananya pengintegrasian Life Skill dalam perangkat pembelajaran Laporan kegiatan
1.4.3 Adanya perangkat pembelajaran yang berorientasi Life Skill Bukti fisik
5. Mengimplementasikan Life Skill dalam program pembelajaran 1.5.1 Terlaksananya implementasi life skill dalam proses belajar mengajar Waka Kurikulum 2005 2009 Dana, SDM Bukti fisik
1.5.2 Terlaksananya implementasi life skill dalam proses evaluasi/penilaian Laporan kegiatan
6. Pengembangan perangkat pembelajaran sistem modul 1.6.1 Tersusunya modul program Normatif, Adaptif dan produktif Waka Kurikulum 2005 2009 Dana, SDM Bukti fisik
1.6.2 Terlaksananya pembelajaran dengan sistem modul Laporan kegiatan
7. Pengembangan Perangkat pembelajaran dengan pengantar bahasa inggris 1.7.1 Tersusunya perangkat pembelajaran dengan bahsa inggris Waka Kurikulum 2005 2009 Dana, SDM Bukti fisik
1.7.2 Terlaksananya pembelajaran dengan pengantar bahasa inggris Laporan kegiatan
1.7.3 Tersusunnya modul pembelajaran dengan bahasa inggris Bukti fisik
8. Reorientasi pembelajaran 1.8.1 Terlaksananya pembelajaran dengan orientasi hasil Waka Kurikulum 2005 2009 Dana, SDM Bukti fisik
1.8.2 terlaksananya pemetaan keberhasilan kelas Bukti fisik
1.8.3 Tersusun dan terlaksananya program keahlian jangka panjang Laporan kegiatan
9. Pengembangan Re-Engineering 1.9.1 Terlaksananya re-engineering program keahlian Waka Kurikulum 2005 2009 Dana, SDM Laporan kegiatan
1.9.2 Adanya Program pengembangan program keahlian jangka panjang Bukti fisik
1.9.3 Terlaksananya pembukaan program keahlian berdasarkan re-engineering Jurusan baru


2. BIDANG GARAPAN : ORGANISASI DAN MANEJEMEN
TUJUAN
SASARAN PENANGGUNG
JAWAB WAKTU PELAKSANAAN SUMBER
DAYA MEKANISME UMPAN BALIK
MULAI SELESAI
2.1 Peningkatan kompetensi kerja 2.1.1 Tersusunya program pelatihan/penataran guru sesuai kebutuhan organisasi sekolah Kepala Sekolah, Waka umum dan Ketenagaan 2005 2009 Dana, SDM Bukti fisik
2.1.2 Meningkatnya kompetensi guru bidang diklat Normatif Data
2.1.3 Meningkatnya kompetensi guru bidang diklat adaptif Data
2.1.4 Meningkatnya kompetensi guru bidang diklat produktif Data
2.1.5 Meningkatnya profesionalisme dan kinerja guru Data
2.1.6 Tersusunya pembagian tugas guru sesuai spesialisasi Laporan kegiatan
2.2 Peningkatan Kemampuan staf administrasi 2.2.1 Tersusunya program pelatihan / penataran staf administrasi Ka. Tata Usaha 2005 2007 Dana, SDM Bukti fisik
2.2.2 Meningkatnya kemampuan staf administrasi dalam bidang SIM Data
2.2.3 Meningkatnya kemampuan staf administrasi dalam bidang kebendaharaan Data
2.2.4 meningkatnya kualitas kerja layanan administrasi sekolah Data
2.3 Pengembangan organisasi sekolah 2.3.1 Tersusunnya struktur organisasi sesuai dengan kebutuhan Wakaum dan Ketenagaan 2005 2006 Dana, SDM Bukti fisik
2.3.2 Terpilihnya personalia yang tepat dalam sturktur organisasi
Bukti fisik
2.3.3 Terlaksananya penyegaran dan penyehatan organisasi Data
2.3.4 tersusunya mekanisme kerja organisasi Laporan kegiatan
2.3.5 tersusunnya tata kerja organisasi di sekolah Bukti fisik
2.4 Pengembangan Standar Operating Prosedur ( SOP ) untuk setiap jenis kegiatan 2.4.1 Terbaginya macam-macanm jenis kegiatan sekolah sekaligus dengan penagung jawab
Wakil memenjemen mutu 2005 2006 Dana, SDM Data
2.4.2 Tersusunnya Standart Operating Prosedur ( SOP ) setiap kegiatan disekolah
2005 2006 Bukti fisik dan laporan kegiatan
2.5 Pengembangan kegiatan rekreatif 2.5.1 Adanya panitia pelaksana kegiatan rekreatif Waka Kesiswaan 2005 2009 Dana, SDM Data
2.5.2 Adanya perencanaan kegiatan rekreatif tahunan Bukti fisik
2.5.3 Terlaksananya kegiatan rekreatif tiap tahun






3. BIDANG GARAPAN : KETENAGAAN DAN SUMBER DAYA MANUSIA
TUJUAN
SASARAN PENANGGUNG
JAWAB WAKTU PELAKSANAAN SUMBER
DAYA MEKANISME UMPAN BALIK
MULAI SELESAI
3.1 Pengembangan sistem Penerimaan/Pengangkatan guru Baru
3.1.1 Adanya sistem seleksi penerimaan guru baru di sekolah
3.1.2 Adanya perangkat aturan penerimaan guru baru
3.1.3 Adanya kriteria sistem penerimaan guru baru
3.1.4 Adanya syarat yang mengikat dalam penerimaan guru baru
3.1.5 Adanya SOP sistem pengangkatan guru baru Kepala Sekolah, Waka umum dan Ketenagaan 2005 2009 Dana, SDM Bukti fisik
Bukti fisik
Bukti fisik
Bukti fisik
Bukti fisik
3.2 Peningkatan Profesionalisme Gur 3.2.1 Ikutnya guru program Normatif dalam kegiatan MGPD di kab kendal
3.2.2 Ikutnya guru program Adaptif dalam kegiatan MGPD di kab kendal
3.2.3 Tersusunya program guru magang di industri
3.2.4 Adanya guru produktif melaksanakan Magang di Industri/OJT
3.2.5 tersusunnya program pelatihan/penataran guru produktif di PPPG
3.2.6 adanya guru Produktif melaksanakan penataran di PPPG yang relafan Waka umum dan ketegaan 2005 2009 Dana, SDM Data dan laporan kegiatan
Data dan laporan kegiatan
Data
Data dan laporan
3.3 Pengembangan Kegiatan IHT, lokakarya dan seminar pendidikan disekolah 3.3.1 Terlaksananyakegiatan IHTdisekolah guna membahas satu program dan pokok-pokok kegiatan sekolah
3.3.2 Terlaksananya lokakarya dengan materi pokok penyamaan persepsi kegiatan sekolah
3.3.3 Terlaksanannya seminar yang bertemakan pendidikan Waka kurikulum 2005 2009 Dana, SDM Laporan kegiatan

Laporan kegiatan

Laporan kegiatan
3.4 Pemberdayaan guru BK/BP 3.4.1 Ikutnya guru BP/BK dalam pelatihan BK
3.4.2 Meningkatnya peran guru BP/BK sebagai penyuluh tenaga kerja/pencari kerja Wakaum dan ketenagaan 2005 2006 Dana, SDM Data fisik
Data, laporan



















4. BIDANG GARAPAN : KEUANGAN DAN ANGGARAN SEKOLAH
TUJUAN
SASARAN PENANGGUNG
JAWAB WAKTU PELAKSANAAN SUMBER
DAYA MEKANISME UMPAN BALIK
MULAI SELESAI
4.1 Pemberdayaan Komite Sekolah
4.1.1 Adanya sumber dana tambahan yang digalang oleh Komite Sekolah
4.1.2 Adanya program pengembangan yang disusun bersama komite
4.1.3 Adanya bantuan sarana dan fasilitas belajar dari komite Waka Humas 2005 2009 Dana, SDM Data/Bukti Fisik
Data /laporan
Bukti fisik/data
4.2 Pengembangan proposal pengajuan bantuan ke direktorat, institusi pasangan APBD/APBN yang relevan 4.2.1 Adanya proposal pengajuan bantuan ke direktorat dikmenjur
4.2.2 Terealisasinya bantuan dari Direktorat Dikmenjur
4.2.3 Adanya proposal pengajuan bantuan ke Industri/Insatansi Pasangan
4.2.4 Terealisasinya bantuan dari industri/instansi pasangan
4.2.5 Adanya proposal pengajuan dana ke APBD/APBN
4.2.6 Terealisasinya bantuan pengembangan sekolah dari APBD/APBN Kepala sekolah
Waka Umum dan
Ketenagaan 2005 2009 Dana, SDM Bukti fisik
Bukti fisik
Bukti fisik
Bukti fisik/data
Bukti fisik
Bukti fisik/data
4.3 Pengembangan Unit Produksi dan jasa 4.3.1 Lancarnya kegiatan Unit Produksi
4.3.2 Terbentuknya kepengurusan UPJ yang efektif dan efisien
4.3.3 Adanya aneka pelayanan jasa disekolah yang menghasilkan dana
4.3.4 Adanya pemasukan dana dari UPJ sebagai dana kesejahteraan Waka Humas 2005 2009 Dana, SDM Laporan kegiatan
Laporan kegiatan
Bukti fisik/data
Bukti fisik
4.4 Pengembangan usaha yang berhasil guna 4.4.1 Terlaksananya kegiatan simpan pinjam guru
4.4.2 Berkembangnya pelayanan sembako bagi guru dan karyawan
4.4.3 Terselenggaranya kantin sekolah yang dikelola dharma wanita Waka Humas 2005 2006 Dana, SDM Data laporan
Data, Bukti Fisik
Laporan/Data
4.5 Pengembangan koperasi sekolah 4.5.1 Meningkatnya kegiatan koperasi sekolah
4.5.2 Berkembangnya koperasi konsumsi bagi guru dan karyawan
4.5.3 Meningkatnya koperasi sekolah menjadi badan hukum tetap
4.5.4 Berkembangnya koperasi untuk melayani bahan praktek, ATK dll Waka Humas 2005 2009 Dana, SDM Bukti fisik
Laporan
Data fisik
Bukti fisik
4.6 Peningkatan dengan perbankan 4.6.1 Terealisasinya kerjasama dengan perbankan
4.6.2 Terealisasinya pembayaran bulanan komite melalui perbankan Waka Humas 2005 2007 Dana, SDM Laporan kegiatan
Data
4.7 Pengembangan RAPBS 4.7.1 Tersusunya RAPBS setiap tahun
4.7.2 Pendapatan dan pengeluaran uang sesuai dengan RAPBS Kepala Sekolah 2005 2009 Dana, SDM Bukti fisik
Data
4.8 Pemanfaatan dana sesuai sekala prioritas 4.8.1 Adanya pengaturan batas pengeluaran sistem floting dana/plafon
4.8.2 Terlaksananya pengeluaran sesuai dengan skala prioritas
4.8.3 Adanya personil khusus pengaturan pembelanjaan sekolah Kepala sekolah 2005 2009 Dana, SDM Data, bukti fisik
Laporan data
Data
4.9 Pembakuan prosedur pengeluaran dana dengan SOP 4.9.1 Adanya pengaturan sistem/prosedur tata penggunaan dana
4.9.2 Adanya personil penanggung jawab keluar masuknya dana
4.9.3 Adanya personil pemeriksa keuangan sekolah Kepala sekolah 2005 2009 Dana, SDM Data bukti fisik
Bukti fisik
Laporan data








5. BIDANG GARAPAN : SARANA PRASARANA DAN FASILITAS
TUJUAN
SASARAN PENANGGUNG
JAWAB WAKTU PELAKSANAAN SUMBER
DAYA MEKANISME UMPAN BALIK
MULAI SELESAI
5.1 Pengembangan buku inventaris sarana prasarana sekolah
5.1.1 Adanya buku induk inventarisasi perabot, fasilitas, sarana dan infrastrukturnya
5.1.2 Adanya buku inventaris bengkel laboratorium, kantor dan setiap ruang yang ada Waka Umum dan ketenagaan 2005 2007 Dana, SDM Data/Bukti Fisik
Data /laporan

5.2 Pembangunan RKB dan infrastrukturnya

5.2.1 Matangnya site plant lokasi sekolah
5.2.2 Adanya perancanaan pembangunan RKB
5.2.3 Terlaksananya pembangunan RKB dan infrastruktur sesuai kebutuhan Waka Umum dan ketenagaan 2005 2009 Dana, SDM Data/Bukti Fisik
Data /laporan
Laporan kegiatan

5.3 Pembangunan Laboratorium Bahasa Inggris
5.3.1 Adanya perencanaan Pembangunan Laboratorium Bahasa Inggris
5.3.2 Terlaksananya pembangunan Lab. Bahasa inggris Waka Umum dan ketenagaan 2005 2007 Dana, SDM Bukti Fisik
laporan

5.4 Pembangunan Show room Produk unggulan 5.4.1 Adanya perencanaan pembangunan show room
5.4.2 Terlaksananya pembangunan show room produk unggulan Waka Umum dan ketenagaan 2005 2007 Dana, SDM Bukti Fisik
laporan

5.5 Pengadaan perabot. Fasilitas dan media belajar
5.5.1 Adanya perencanaan kebutuhan perabot, fasililitas dan media
5.5.2 Terpenuhinya kebutuhan perabot, fasililitas dan media belajar dengan skala prioritas Waka Umum dan ketenagaan 2005 2009 Dana, SDM Bukti Fisik
laporan

5.6 Rehabilitasi sarana prasarana sesuai kebutuhan

5.6.1 Adanya perencanaan rehabilitasi sarana dan infrastruktur secara berjangka
5.6.2 Terlaksananya rehabilitasi sarana dan infrastruktur secara berjangka Waka Umum dan ketenagaan 2005 2009 Dana, SDM Laporan kegiatan
Data/bukti fisik

5.7 Rehabilitasi perabot dan fasilitas

5.7.1 Adanya perencanaan rehabilitasi perabot dan fasilitas secara berjangka
5.7.2 Terlaksananya rehabilitasi perabot dan fasilitas secara berjangka Waka Umum dan ketenagaan 2005 2009 Dana, SDM Laporan kegiatan

Bukti fisik

5.8 pengembangan program pemeliharaan dan perbaikan fasilitas

5.8.1 Terbentuknya tim pemeliharaan dan perbaikan fasilitas ( Tim MR )
5.8.2 Adanya perencanaan pemeliharaan dan perbaikan fasilitas sekolah
5.8.3 Fasilitas sekolah terkondisi baik dan berhasil guna Waka Umum dan ketenagaan 2005 2009 Dana, SDM Laporan kegiatan
Bukti fisik
Bukti fisik

5.9 Pengembangan kemanfaatanfasilitas dalam kegiatan yang berhasil guna 5.9.1 Adanya jadwal penggunaan fasilitas sebagai alat pembelajaran
5.9.2 Adanya jadwal penggunaan fasilitas sebagai alat produksi
5.9.3 Fasilitas sekolah bermanfaat bagi siswa
5.9.4 Fasilitas sekolah berhasil guna Waka Umum dan ketenagaan 2005 2009 Dana, SDM Laporan kegiatan
Laporan kegiatan
Laporan kegiatan
Laporan kegiatan



6. BIDANG GARAPAN : KESISWAAN
TUJUAN
SASARAN PENANGGUNG
JAWAB WAKTU PELAKSANAAN SUMBER
DAYA MEKANISME UMPAN BALIK
MULAI SELESAI
6.1 Pengembangan sistam seleksi penerimaan siswa baru meliputi kriteria, prosedur dan perangkatnya 6.1.1 Tersusunya sistem seleksi penerimaan siswa baru
6.1.2 Adanya perangkat aturan penerimaan calon siswa baru
6.1.3 Tersusunya persyaratan dan kriteria calon siswa baru
6.1.4 Tersusunya SOP kegiatan penerimaan siswa baru Waka kesiswaan 2005 2009 Dana, SDM Laporan kegiatan
Bukti fisik
Laporan kegiatan
Laporan kegiatan

6.2 Pengembangan Kegiatan Kesenian dan Olahraga prestasi 6.2.1 Terpilihnya jenis kegiatan ekstra kurikuler sebagai kegiatan unggulan
6.2.2 Tersusunya rencana pembinaan ekstra kurikuler unggulan
6.2.3 Terlaksananya pembinaan ekstra kurikuler unggulan
6.2.4 Adanya siswa yang terlatih khusus dalam bidang olahraga/seni guna mengikuti even-even tertentu Waka kesiswaan 2005 2009 Dana, SDM Laporan kegiatan
Laporan kegiatan

Bukti fisik
Laporan kegiatan
Laporan kegiatan
6.3 Pengembangan sarana olahraga dan seni 6.3.1 Adanya perencanaan pengadaan fasilitas ekstrakurikuler
6.3.2 Adanya peralatan seni dan olahraga prestasi disekolah Waka kesiswaan 2005 2007 Dana, SDM Laporan kegiatan
Bukti fisik
6.4 Pengembangan sistem seleksi dengan prestasi sebagai kriteria 6.4.1 Adanya prestasi/bakat dalam kriteria penerimaan siswa baru
6.4.2 Terlaksananya pemberian nilai plus bagi calon siswa yang berprestasi Waka kesiswaan 2005 2009 Dana, SDM Laporan kegiatan
Bukti fisik
6.5 Peningkatan kerjasama dengan KONI dalam pembinaan Olah Raga 6.5.1 Terjalin Kerja sama dengan KONI dalam perkembangan olahraga
6.5.2 Adanya pelatih olahraga profesional dari KONI
6.5.3 Adanya siswa yang terlatih untuk olahraga tertentu
6.5.4 Prestasi olahraga siswa meningkat Waka kesiswaan 2005 2009 Dana, SDM Laporan kegiatan
Laporan kegiatan
Bukti fisik
Laporan kegiatan
Laporan /data
6.6 Peningkatan Penguasaan Mata Diklat Khusus Bagi siswa berprestasi ( Seperti matematika, bahasa Inggris, Karya Ilmiah, TTG dan paket Kompetensi ) guna persiapan mengikuti event lokal, regional , nasional dan internasional 6.6.1 Terlaksananya pembinaan pada Mata Diklat Khusus Matematika dan Bahasa Inggris
6.6.2 Terlaksananya pembinaan khusus dalam penyusunan karya ilmiah
6.6.3 Terlaksananya pembinaan khusus dalam pembuatan Teknologi Tepat Guna ( TTG )
6.6.4 Terlaksananya pembinaan Khusus pada paket kompetensi tertentu
6.6.5 Adanya siswa yang terpilihmengikuti lomba Mata diklat / Paket Kompetensi dalam event-event tertentu Kepala Sekolah /waka sekolah 2005 2009 Dana, SDM Laporan kegiatan

Laporan kegiatan

Laporan kegiatan

Laporan kegiatan

Bukti fisik
6.7 Pengembangan bimbingan penyuluhan dan bimbingan karir bagi tamatan yang memerlukan 6.7.1 Terlaksananya bimbingan karir kepada tamatan yang memerlukan
6.7.2 Terlaksananya bimbingan karir kepada pencari kerja Waka Sesiswaan 2005 2009 Dana, SDM Laporan, data
Laporan, data





7. BIDANG GARAPAN : HUBUNGAN MASYARAKAT DAN HUBUNGAN INDUSTRI
TUJUAN
SASARAN PENANGGUNG
JAWAB WAKTU PELAKSANAAN SUMBER
DAYA MEKANISME UMPAN BALIK
MULAI SELESAI
7.1 Peningkatan peran Komite Sekolah dan Institusi Pasangan

7.1.1 Turut sertanya Komite Sekolah dalam penggalian dana operasional sekolah
7.1.2 Turut sertanya komite sekolah dalam perencanaan pengembangan sarana dan prasarana
7.1.3 Turut sertanya instansi pasangan dalam perencanaan fasilitas
7.1.4 Turut sertanya institusi pasangan dalam Uji kompetensi / Uji Profesi
7.1.5 Turut sertanya komite sekolah dan institusi pasangan dalam kegiatan seremonial
7.1.6 Adanya kerjasama dengan institusi pasangan dalam kegiatan magang
7.1.7 Adanya bantuan buku manual sebagai referensi pengajaran Waka Humas 2005 2009 Dana, SDM Laporan kegiatan

Laporan kegiatan

Laporan kegiatan

Laporan kegiatan

Laporan kegiatan

Data dan bukti fisik
7.2 Penggalagan kerjasama dengan donatur yang relevan dengan cara pembuatan proprosal 7.2.1 Adanya kerjasama dengan donatur yang relevan guna pengembangan sekolah
7.2.2 Tersusunya proposal pengajuan dana bantuan ke donatur yang relevan
7.2.3 Adanya realisasi bantuan dana dari donatur yang relevan dan tidak mengikat Waka Humas 2005 2009 Dana, SDM Data dan laporan kegaitan

Laporan kegiatan

Data dan bukti fisik
7.3 Pengembangan kerjasama dengan DU/DI dalam kegiatan magang dan pemasaran tamatan 7.3.1 Adanya MOU dengan DU/DI dalam kegiatan magang siswa/guru
7.3.2 Meningkatnya kerjasama dengan Du/DI dalam pemasaran tamatan Waka Humas 2005 2009 Dana, SDM Data dan bukti fisik

Data dan laporan
7.4 Pengembangan kerjasama dengan DU/DI dalam kegiatan IHT dan Guru Tamu 7.4.1 Meningkatnya kerjasama dengan DU/DI dalam kegiatan IHT
7.4.2 Meningkatnya kerjasama dengan DU/DI dalam bentuk guru tamu Waka Humas 2005 2009 Dana, SDM Data dan bukti fisik

Data dan bukti fisik
7.5 Pengembangan peran BKK dalam penyalurkan tenaga kerja 7.5.1 Meningkatnya peran BKK sebagai penghubung kepentingan sekolah dan DU/DI
7.5.2 Meningkatnya BKK sebagai tempat pelatihan calon tenaga kerja
7.5.3 Meningkatnya peran BKK sebagai tempat latihan tenaga kerja ke luar negeri
7.5.4 Meningkatnya BKK sebagai penyalur tenaga kerja dalam dan luar negeri Waka Humas 2005 2009 Dana, SDM Data dan laporan

Data dan laporan

Data dan laporan

Data dan laporan
7.6 Pembangunan Kerjasama LSP 7.6.1 Adanya kerjasama dengan LSP dalam kegiatan Uji Profesi/sertifikasi
7.6.2 Terlaksananya uji profesi/sertifikasi oleh LSP
7.6.3 Adanya umpan balik guna peningkatan program pengembangan sekolah
7.6.4 Adanya bantuan buku sebagai referansi pendidikan siswa Waka Humas 2005 2009 Dana, SDM Laporan kegiatan

Laporan kegiatan
Data

Data Bukti fisik
7.7 Pengembangan Uji Kompetensi dan sertifikasi profesi 7.7.1 Adanya perencanaan kegiatan Uji Profesi/sertifikasi
7.7.2 Terlaksananya pembekalan siswa guna mengikuti uji profesi/sertifikasi
7.7.3 Adanya perencanaan alat bahan dan penyediaan Tempat Uji Kompetensi
7.7.4 Terlaksananya koordinasi dengan tim penguji tentang waktu tempat dan personil Waka Humas 2005 2009 Dana, SDM Laporan kegiatan

Laporan kegiatan

Data

Data Bukti fisik


































8. BIDANG GARAPAN : LINGKUNGAN DAN BUDAYA SEKOLAH
TUJUAN
SASARAN PENANGGUNG
JAWAB WAKTU PELAKSANAAN SUMBER
DAYA MEKANISME UMPAN BALIK
MULAI SELESAI
8.1 Pemberdayaan penjaga sekolah

8.1.1 Turut sartanya penjaga sekolah dalam pelatihan Satuan Pengaman (Satpam ) di Polres
8.1.2 Terlaksananya alih fungsi penjaga yang berprestasi ke tenaga administrasi
8.1.3 Meningkatnya kesejahteraan penjaga sekolah Waka umum dan ketenagaan 2005 2009 Dana, SDM Data
Data


Bukti fisik
8.2 Peningkatan kerjasama dengan masyarakat dilingkungan sekolah 8.2.1 Adanya jalinan kerjasama dengan masyarakat disekitar sekolah dalam kegiatan bersih desa, kerja bakti dan keamanan kingkungan
8.2.2 Diterimannya warga sekitar sekolah sebagai penjaga atau pengelola taman
8.2.3 Adanya kantin sekolah yang dikelola warga sekitar sekolah
Waka umum dan ketenagaan /waka humas 2005 2009 Dana, SDM Laporan kegiatan

Data

Bukti fisik
8.3 Peningkatan Pengelolaan Taman Sekolah 8.3.1 Adanya perencanaan taman sekolah yang bersih, sehat rapi dan indah
8.3.2 Menata, merawat dan merapikan taman sekolah
8.3.3 Taman sekolah berseri ( bersih, sehat, rapi, dan indah )
8.3.4 Terlaksananya perawatan dan peremajaan taman secara berkala Waka umum dan ketenagaan 2005 2009 Dana, SDM Bukti fisik
Bukti fisik
Laporan kegiatan dan bukti fisik
8.4 Peningkatan kerjsama dengan instansi terkait 8.4.1 Adanya jalinan kerjasama dengan dinas terkait dalam bidang informasi dan menejemen
8.4.2 Tergabungnya sekolah dalam Jaringan Informasi Sekolah ( JIS ) di kab. Kendal Waka humas 2005 2009 Dana, SDM Data
Data
8.5 Peningkatan Kegiatan kerukunan antar Unit kerja di sekolah 8.5.1 Adanya dana sosial sekolah
8.5.2 Adanya kegiatan home visit
8.5.3 Adanya kegiatan arisan di sekolah
8.5.4 Terlaksananya kegiatan lomba hiburan antara unit kerja disekolah pada hari besar nasional
Waka umum dan ketenagaan 2005 2009 Dana, SDM Data laporan
Laporan kegiatan
Data laporan

Laporan kegiatan
8.6 Pengembangan kegiatan kesenian dan olah raga antar sekolah 8.6.1 Tersusunya perencana lomba antar sekolah pada hari ulang tahun sekolah
8.6.2 Terlaksananya lomba seni/olahraga antar sekolah pada HUT sekolah Waka kesiswaan 2005 2009 Dana, SDM Bukti fisik

Laporan kegiatan





KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat dan Hidayah-Nya sehingga Renstra ( Rencana Strategi ) ini tersusun seperti yang diharapkan.
Selama penyusunan dan penyelesaian Renstra ini telah banyak pihak yang dilibatkan, untuk itu kami sampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu dalam penyelesaian Renstra ini.
Penyusunan Renstra ini diharapkan dapat memberi gambaran dan pedoman guna merealisasikan misi pengembangan dan tujuan SMK di Indonesia yang tercinta ini.
Kami menyadari bahwa dalam penyusunan Renstra ini masih banyak kelemahan di sana sini, untuk itu kami harapkan dan kritik dan sran yang bersifat membngun.








DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Tujuan
BAB II VISI, MISI DAN TUJUAN
A. Visi
B. Misi
C. Tujuan
BAB III ANALISIS SWOT
BAB IV ACTION PLAN
A. Rencana Strategik
B. Rencana Kerja Sekolah
BAB V PENUTUP

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Indonesia merupakan negara dimana dalam pendidikan yang masih kurang bila dibandingkan dengan negara lain harus meningkatkan sistem pendidikan untuk mengejar ketinggalan. Sementara dalam perkembangan jaman menuntut adanya kemajuan teknologi. Dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, yaitu dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa dampak positif. Dalam kemajuan ini menuntutberbagai upaya untuk meraih mengejar ketinggalan. Iklim yang semakin terbuka untuk bekerja sama saling mengisi dan saling melengkapi. Hal ini juga membawa persaingan yang semkin ketat dan semkin tajam, pada gilirannya kemajuan ini juga sangat mempengaruhi tata cara hidup dan kehidupan manusia. Oleh karenanya, mau tidak mau seluruh sektor-sektor pemerintah dan swasta yang termasuk dunia pendidikan di dalamnya selalu melakukan inovasi-inovasi.
Dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang otonomi daerah yang seluas-luasnya menganut prinsip dinamis dan bertanggung jawab. Penerapan desentralisasi di bidang pendidikan sebagai bagian dari pelaksanaan otonomi daerah mulai pada tanggal 1 Januari 2000 yang membawa implikasi positif ke arah pemberdayaan sekolah sebagai satuan pendidikan yang paling strategis. Pemerintah daerah memiliki kewenangan yang luas dalam menggali potensi daerah, terutama dalam pengembangan sumber daya manusia, peningkatan produktifitas dan prestasi kerja dalam melayani masyarakat serta peningkatan efisiensi dan efektifitas manajemen pendidikan SMK sebagai institusi utama pembangunan sumber daya manusia, harus secara jelas berperan membentuk peserta didik menjadi asset bangsa. Sebagai asset bangsa diharapkan para peserta didik menjadi manusia produktif yang berpenghasilan, dan juga menjadi manusia yang mampu menciptakan produk unggulan industri Indonesia yang siap menghadapi persaingan pada pasar global.
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan yang mendiik/melatih calon tenaga kerja mengalami tuntutan yang cukup berat. Disatu sisi, lulusan sekolah kejuruan dituntut mampu menggunakan teknlogi yang serba mutakhir. Pada sisi lain, keterbatasan sarana dan prasarana masih merupakan dilema yang sangat besar. Yang mungkin dilakukan oleh sekolah adalah memperkecil kesenjangan antara kemampuan calon tenaga kerja pemakai teknologi lulusan SMK dan kemampuan yang diharapkan oleh dunia kerja. Untuk memperkecil kesenjangan tersebut, beberapa langkah telah dilakukan. Salah satu di antaranya adalah Program Konsolidasi Mutu manajemen, Rencana dan Perencana-an yang menjadi salah satu proses manajemen pada akhirnya mempunyai kedudukan yang sangat strategis dalam upaya pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan.
Sekolah Menengah Kejuruan sebagai titik sentral pelaksanaan program pendidikan harus dapat merumuskan rencana dan program secara kuantitatif maupun kualitatif. Karena rencana dan program yang jelas dan terukur secara esensial akan dapat dijadikan sebagai upaya peningkatan dinamika organisasi, upaya peningkatan efektifitas dan stabilitas institusional, upaya untuk meningkatkan efektifitas penggunaan sumber daya, upaya untuk meningkatkan efektifitas monitoring dan evaluasi dan upaya untuk mendukung keberhasilan konsolidasi manajemen.
Dengan demikian, secara bertahap persyaratan minimal untuk suatu penyelenggara-an pendidikan di sekolah diuapayakan dapat semakin mantap, dan atas dasar itu maka konsolidasi manajemen akan dapat diimpelementasikan secara inovatif dan berhasil. Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) Ma’arif NU 02 Rowosari dilihat dari kondisi geografisnya merupakan wilayah yang sebagian besar adalah lahan pertanian, namun demikian dalam kurun waktu beberapa tahuan sebelumnya dan terus dalam tahap proses mengarah kepembangunan bidang industri pada beberapa wilayah. Keadaan geografis ini pula membawa realitas perkembangan penduduk ( demografi ) dan tingkat sosial ekonomi masyarakatnya. Kenyataan memperlihatkan kecenderungan untuk membuka diri terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi pada akhirnya membawa dampak positif terhadap perkembangan pendidikan, terutama pendidikan menengah kejuruan. Semakin tahun kecenderungan animo masyarakat memasuki SMK Ma’arif NU 02 Rowosari terus meningkat. Dalam kondisi ini, SMK Ma’arif NU 02 Rowosari mencoba mengakomodasi aspirasi dan minat tersebut yaitu dengan melaksanakan program studi yang diharapkan mampu menampung aspirasi dan kebutuhan pembangunan daerah.

B. Tujuan
Sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan, Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) yang merupakan bagian dari sistim pendidikan nasional bertanggung jawab untuk menghasilkan dan menyiapkan lapangan kerja untuk siswa sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri masa kini maupun masa yang akan datang serta mengembangkan sikap profesional sebagai tenaga kerja tingkat menengah sehingga unggul terhadap segala pekembangan dan kebutuhan pembangunan. Terkait dengan hal tersebut, maka Sekolah Menengah Kejuruan mempunyai tujuan dan diharapkan dalam jangka waktu tertentu dapat dicapai dengan baik.
Adapun tujuan Sekolah Menengah Kejuruan adalah sebagai berikut :
1. Menyiapkan siswa yang terampil untuk memasuki dunia kerja serta mengembangkan sikap profesional.
2. Menyiapkan siswa agar mampu memilih karir, mampu berkompetisi dan mampu mengembangkan diri
3. Menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia usaha dan dunia industri
4. Menyiapkan tamatan agar menjadi warga negara yang produktif, adaptif dan kreatif





BAB II
VISI, MISI DAN TUJUAN

A. Visi
“Menjadikan Sekolah Menengah Kejuruan Ma’arif NU 02 Rowosari sebagai lembaga pendidikan kejuruan yang unggul dalam prestasi bersopan santun dan berwawasan Islam”.

B. Misi
1. Pembelajaran senantiasa mengacu pada kurikulum KTSP
2. Menggunakan berbagai media dan metode untuk mengembangkan kurikulum
3. Menerapkan kedisiplinan dalam aktifitas pendidikan dan pembelajaran
4. Mengembangkan struktur sekolah sesuai dengan kebutuhan
5. Mengoptimalkan kegiatan pembinaan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan
6. Meningkatkan komprtensi dan profesialisme sumber daya manusia
7. Mengoptimalkan fasilitas praktik diklat untuk mencapai kepuasan pelanggan
8. Mengoptimalkan kegiatan perawatan ( korektif dan preventif ) terhadap fasilitas praktik pembelajaran
9. Mengoptimalkan keasrian lingkungan sekolah ( K 7 ) sesuai harapan pelanggan
10. Menerapkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sekolah.


C. Tujuan

Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) Ma’arif NU 02 Rowosari sebagai salah satu sekolah yang unggul mempunyai tujuan sebagai berikut :
1. Menjadi sekolah yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk memperoleh pendidikan dan skill
2. Menjadi sekolah yang dapat mendidik siswa untuk menciptakan lapangan kerja
3. Menjadi sekolah yang unggul dalam persaingan memperoleh lapangan pekerjaan
4. Menjadi sekolah yang ramah lingkungan
5. Menjadi sekolah menegakkan aturan-aturan sekolah
6. Menjadi sekolah yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama, budaya dan sosial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar