Peluang Usaha

clicksor

sitti

Anda Pengunjung ke

Kamis, 02 Desember 2010

Sarana berfikir ilmiah

Download Disini : http://www.ziddu.com/download/12784908/ilfil.doc.html

a. Informasi penting perkuliahan filsafat ilmu hari ini :
Berfikir ilmiah merupakan kegiatan ilmiah yang teratur, sistematis, dan cermat dengan menggunakan sarana bahasa, logika, matematika dan statistika.
- Sarana berfikir ilmiah yang menggunakan sarana bahasa, bahasa yang digunakan adalah bahasa ilmiah, bahasa sehari-hari atau bahasa isyarat atau bahasa buatan atau bila dalam istilah sering disebut artifical simbolik. Bahasa sebagai sarana komunikasi mempunyai 3 fungsi : Emotif, Afektif dan Simbolik. Sebagai sarana komunikasi ilmiah, bahasa harus bersifat reproduktif, jelas, objektif dan terbebas dari unsur-unsur emosi.
- Sarana berfikir ilmiah Logika, merupkn cara berfikir atau bernalar yang berawal dari premis sehingga menghasilkan simpulan. Cara penarikan simpukan ada 2, yaitu dengan 1. berfikir secara logika induktif kemudian mencari kasus induvidualnya dan selanjutnya membuat pernyataan umum secara silogisme : kategoris (Aristoteles). Berfikir dengan logika deduktif kemudian mencariu kaus umumnya dan setelah itu membuat pernyataan khusus. Yang menghasilkan hipotesis kondisional, disjungtif dan konjungtif. Sarana berfikir ilmiah matematika, menggunakan metode induksi dan analogi dilanjutkan dengan eksperimen yang hasilnya juga belum tentu mendapatkan pengalaman empiris. Akan tetapi jika menggunkan metode logika deduktif akan menghasilkan pengalaman empiris. Metode inilah yang merupakn metode yang unggul dalam penalaran. Betran Russel berpendapat bahwa :
• Logika adalah masa kecil matematika, sedangkan
• Matematika adalah masa kedewasan logika.
- Sarana berfikir ilmiah statistika, berawal dari pengumpulan-pengumpulan data yang dianalisis
-

b. Manfaat dari informasi perkuliahan filsaft ilmu hari ini :
c. Komentar saya mengenai tema perkuliahan filsafat ilmu hari ini :
d. Tindak lanjut yang dapat saya lakukan setelah mendapatkan informasi perkuliahan filsafat ilmu hari ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar