Peluang Usaha

clicksor

sitti

Anda Pengunjung ke

Monday, December 13, 2010

JANGAN pushover A SPORT Mekanika untuk Pelatih

Download Disini : http://www.ziddu.com/download/12943150/5.docx.html

Setelah Anda selesai membaca bab ini, Anda harus mampu menjelaskan
• pentingnya keseimbangan dan stabilitas dalam keterampilan olahraga,
• bagaimana atlet memanfaatkan stabilitas linier dan putar,
• prinsip-prinsip mekanik yang menentukan tingkat yang berbeda stabilitas linier dan putar,
• mengapa beberapa keterampilan olahraga memerlukan stabilitas minimal, dan
• mengapa stabilitas putar dari benda berputar sebanding dengan resistensi rotary nya.

Bab ini membahas pentingnya keseimbangan dan stabilitas dalam pelaksanaan keterampilan olahraga. Anda akan melihat mengapa beberapa keterampilan olahraga mengharuskan atlet untuk memaksimalkan stabilitas mereka sementara atlet memerlukan keahlian lain untuk sementara mengurangi stabilitas mereka minimal 10 tingkat. Anda juga akan melihat bagaimana stabilitas berhubungan dengan massa dan inersia, dan khususnya bagaimana mempertahankan stabilitas seorang atlet selalu merupakan pertempuran torsi. Efek balik dari satu torsi yang mengganggu stabilitas seorang atlet adalah berjuang dengan efek balik dari torsi yang diterapkan oleh otot-otot atlet untuk mendapatkan kembali stabilitas.
Banyak atlet secara alami akal bagaimana untuk bergerak dan tampaknya secara naluriah tahu apa yang harus mereka lakukan untuk memaksimalkan stabilitas mereka. Sayangnya tidak semua atlet dikaruniai dengan cara ini. atlet muda terutama mereka yang berjuang untuk belajar keterampilan baru mengambil posisi tubuh yang buruk, yang mengurangi kualitas kinerja mereka. Mereka tidak menanam kaki mereka benar ketika melempar, memukul, atau memukul, dan mereka menemukan bahwa gaya reaksi yang dihasilkan dari tindakan mereka menyebabkan mereka tersandung atau "terbang 'di arah yang berlawanan. Atlet ini tidak menganggap sikap efisien ketika diperiksa , diblokir, atau ditantang oleh lawan. Ketika mereka kehilangan keseimbangan mereka, mereka tidak membuat manuver terbaik untuk cepat mendapatkan kembali kontrol. Jika mereka ingin pindah tiba-tiba, mereka tidak dapat melakukannya hanya karena sikap mereka tidak memungkinkan mereka turun menandai cepat. Semua ini contoh kesalahan yang melibatkan jumlah stabilitas yang dibutuhkan pada contoh tertentu dalam kinerja keterampilan olahraga. Sebagian besar error yang mudah untuk mengoreksi memberikan Anda mengajarkan prinsip-prinsip mekanik berkaitan dengan keseimbangan dan stabilitas. Anda 11 membaca tentang prinsip-prinsip ini dalam bab ini.
Saldo dan Stabilitas
Saldo menyiratkan coordination0 dan kontrol. Atlet dengan saldo yang besar dapat menetralisir kekuatan-kekuatan yang lain akan mengganggu kinerja mereka. Ketika seorang pesenam juara dunia bekerja sempurna melalui rutin pada balok ia berhasil melawan kekuatan yang akan menyebabkan dia pergi tinggi. Bandingkan pesenam dengan NFL berjalan punggung. Atlet ini memutar dan berbalik dan tetap mengemudi untuk zona akhir walaupun mereka dibombardir dengan diulang tackles dari lawan-lawan mereka. Terlepas dari perbedaan besar dalam olahraga mereka, pesenam kelas dunia dan elit punggung menjalankan kedua menunjukkan kontrol superior dan keseimbangan.
Atlet harus menjaga keseimbangan dalam keterampilan di mana ada sedikit gerakan nyata (seperti handstand a) dan keterampilan yang sangat dinamis (seperti berlari kembali mengemudi untuk touchdown). Musuh "" mereka melawan tidak boleh gaya eksternal. Gravitasi, gesekan, hambatan udara, dan pasukan diterapkan terhadap mereka oleh lawan semua dapat merusak kinerja mereka.
Stabilitas khusus berkaitan dengan berapa banyak atlet resistensi "disiapkan 'terhadap memiliki keseimbangan terganggu Semakin stabil atlet,. Merobek perlawanan atlet memasang terhadap setiap kekuatan yang mengganggu. Atlet dapat berada pada posisi yang seimbang dan stabil sebagai bintik Gibraltar. Pada ekstrem yang lain, seorang atlet dapat berada dalam posisi keseimbangan namun sangat tidak stabil. Seorang raksasa gulat sumo juara berjongkok rendah dengan kedua tangan di atas tanah adalah jelas dalam posisi yang lebih stabil dari menyeimbangkan balerina pada tips mati loess nya. Seorang anak dapat menghasilkan kekuatan yang cukup untuk mendorong ballerina yang tidak seimbang, tapi tidak mungkin bahwa gaya yang sama akan melakukan apa pun selain membawa senyum ke pegulat sumo wajah. Kedua balerina dan pegulat sumo yang seimbang, namun pegulat sumo telah jauh lebih stabilitas dari balerina itu.
Stabilitas Linear
Atlet dapat memasang sejumlah resistensi terhadap dipindahkan ke arah tertentu. Kasus ini atlet yang sama 'memiliki sejumlah perlawanan terhadap dihentikan atau memiliki arah mereka berubah sekali bergerak. Kedua situasi adalah jenis stabilitas linier. Sebagai contoh, pesumo dapat menolak dipaksa oleh lawannya dalam arah tertentu. Lalu ketika dia biaya di cincin itu membanting ke lawannya, lawannya harus menerapkan kekuatan untuk menghentikan atau mengubah arah nya.
Jika seorang pegulat sumo 300-1b bulks sampai 400-1b besar, maka dia akan membutuhkan lebih banyak kekuatan untuk mengatasi inersia sendiri dan mendapatkan ia bergerak. Ini juga akan membutuhkan kekuatan yang lebih dari lawan untuk memindahkan pegulat sumo lebih besar dari posisi statis dan stabil atau untuk mengubah arahnya begitu ia sedang mengisi di cincin itu. Akibatnya, pegulat sumo semakin besar inersia menjadi semakin ia memiliki dan stabilitas yang lebih dia juga. stabilitas Jadi linier secara langsung berkaitan dengan massa. Pegulat Sumo juga menyadari fakta ini. Ini untuk alasan inilah mereka angkat beban untuk mendapatkan lebih kuat dan hal-hal diri dengan makanan untuk meningkatkan berat badan.
Apakah atlet benar-benar ingin memiliki kestabilan linear besar atau tidak tergantung pada tuntutan keterampilan. Dalam perlombaan dayung, atlet ingin baris jarak terpendek antara mulai dan selesai. Untuk melakukan hal ini mereka mencoba untuk melawan segala kekuatan yang bisa menggeser mereka tentunya. Sebuah mendayung menuju kelas berat delapan powering menyelesaikan linear memiliki stabilitas yang luar biasa. Secara keseluruhan, delapan pendayung dan shell mereka membentuk massa yang besar. Bentuk sempit panjang cangkangnya dibarengi dengan tindakan dayung mereka mendorong mereka dengan kecepatan tinggi dalam garis lurus. Pihak oposisi berusaha mendorong mereka tentunya garis lurus atau memperlambat mereka didominasi angin, kaya, dan gesekan yang dihasilkan oleh baja mati dan para pendayung bergerak melalui air (dan juga melalui udara).
Peselancar, skaters angka, dan pemain ski slalom berbeda dari mendayung delapan karena atlet ini harus bersaing dengan perubahan arah mendadak. Mereka juga akan menginginkan jumlah tertentu stabilitas linier, tapi mereka tidak ingin terus dalam garis lurus ketika itu diperlukan untuk membuat berubah ketat tiba-tiba, itu untuk alasan ini bahwa atlet yang ingin shift dan mengubah cepat menghindari tipping timbangan seperti pegulat sumo. Bayangkan sebuah pemain ski slalom mencoba manuver 400-1b berat badan meskipun serangkaian ternyata ketat! Ini tidak berbeda untuk pemain squash, pemain bulutangkis, atau kiper di sepak bola. Luar biasa berarti inersia massa tubuh yang besar, dan besar inersia kebutuhan jumlah besar kekuatan fisik untuk pergi. Setelah bergerak, inersia besar menyiratkan gerakan garis lurus. massa Jadi terlalu banyak berarti stabilitas terlalu banyak, yang bisa menjadi kewajiban dalam keterampilan di mana gerakan kecepatan tinggi, pertama satu arah dan kemudian yang lain, diperlukan.
Linear Stabilitas dan Gesekan
Gesekan i & bantuan ketika atlet perlu mendapatkan traksi bergerak. Hal ini juga dapat meningkatkan stabilitas atlet dalam posisi statis. Pertimbangkan pegulat besar di divisi kelas berat Olimpiade berbaring dalam posisi defensif di matras gulat. Berbaring datar dan elang menyebar, atlet sangat sulit untuk bergerak. massa besar itu pegulat ditarik ke bawah ke tikar ketat oleh gravitasi. Jika sebelum kompetisi atlet meningkat berat badannya sampai batas mutlak diizinkan oleh aturan, maka tekanan tambahan dari massa tubuh ekstra akan tekan dia duduk di atas tikar bahkan lebih, meningkatkan gesekan bahwa terlalu banyak lagi. Anda dapat melihat mengapa lawan harus fenomenal kuat untuk menarik, mendorong, atau roll ini atlet dari posisi defensif.
Bandingkan skenario ini dengan apa yang dibutuhkan dari skater kecepatan. Speed skaters kuat, atlet berotot, tetapi mereka semua jauh lebih ringan daripada Olimpiade pegulat kelas berat, dan perbedaan gesekan antara alas gulat dan es licin yang jelas. Mundur sedikit pun. dorong dari skater menyebabkan bilah sepatu mereka lo meluncur di atas es. Stabilitas statis dari skater kecepatan dalam situasi ini adalah jauh lebih sedikit dibandingkan dengan pegulat.
Terlepas dari jenis permukaan, sebuah, berat menekan atlet besar-besaran ke atas permukaan mendukung lebih dari satu atlet ringan. Dalam olahraga seperti sepak bola, tekanan yang dihasilkan oleh massa dari penjaga garis besar dalam kontak dengan bumi menghasilkan lebih gesekan antara sepatu bola dan rumput dari salah satu punggung berjalan lebih ringan di timnya. Tukang kebut ini memberikan para traksi lebih baik daripada berlari kembali. (Tentu saja, tukang kebut memiliki massa jauh lebih banyak dan inersia dari berlari kembali, sehingga meskipun ia mungkin memiliki traksi lebih dia tentu tidak memiliki kemampuan manuvernya kembali berjalan's.) Lawan Seorang harus mengatasi gesekan tukang kebut dengan rumput jika dia ingin blok dia dari drama.

Rotary Stabilitas
stabilitas Rotary adalah tahanan atlet atau obyek terhadap yang miring, terbalik, terbalik, atau berputar-putar dalam lingkaran. Tetapi, jika efek balik dari torsi yang cukup untuk menetapkan atlet atau objek (misalnya, a) cakram berputar, stabilitas rotary kemudian menggambarkan kemampuan atlet dan objek untuk terus berputar dan menolak apa pun yang akan memperlambat laju mereka spin. Kita akan melihat prinsip-prinsip yang membantu atlet menghindari jatuh atau menjadi terbalik, terbalik, atau berbalik. Anda akan melihat bahwa prinsip-prinsip ini sangat penting bersifat universal dalam olahraga.
Jumlah usaha yang diperlukan untuk menjaga keseimbangan bervariasi dari olahraga ke olahraga. Seorang pelari elit biasanya tidak berpikir tentang keseimbangan dan stabilitas selama lomba 100 m, dan pemain basket kelas atas tidak berharap dapat jatuh ketika membawa bola sampai pengadilan. Namun, dalam keterampilan atlet olahraga lainnya harus secara aktif bekerja untuk menjaga keseimbangan. Sebagai contoh, di judo, atlet pertempuran untuk menjaga keseimbangan mereka dan mencoba untuk mengacaukan lawan mereka saat mereka menyerang dan serangan balasan. Dalam perjuangan atlet angkat besi untuk mengontrol barbel besar panjang alarm diselenggarakan 'di atas kepala mereka, dan bersepeda sprint, Anda akan sering melihat pesaing menyeimbangkan hampir tak bergerak seperti mereka mencoba mengungguli satu sama lain pada awal lomba lari. Semua atlet yang menjaga berbagai tingkat stabilitas rotary. Excellent stabilitas rotary membuat atlet lebih mampu menahan mendestabilisasi dan mengubah efek torsi diterapkan terhadap mereka. Semakin stabil mereka, torsi lebih yang diperlukan untuk marah keseimbangan mereka. Mari kita lihat bagaimana pertempuran torsi dimainkan.
Sebuah torsi ketidakstabilan yang mengganggu keseimbangan seorang atlet dapat datang dari sumber eksternal. Hal ini dapat dihasilkan oleh gravitasi, hambatan udara lawan, atau kombinasi dari kekuatan. Sumbu di sekitar yang berputar atlet ketika sebuah torsi diterapkan terhadap mereka dapat setiap tempat di tubuh mereka, tubuh lawan, atau beberapa objek eksternal. Jika pesenam kehilangan keseimbangan pada balok sumbu rotasi akan berada di tempat tubuhnya kontak balok. Hal ini dapat bola satu kaki selama, putaran atau tangannya selama satu handstand. Dalam hip lemparan di judo, titik rotasi adalah tempat kontak tubuh atlet pinggul lawan. Jika seorang pelari cepat tersandung saat menyerang untuk rekaman itu, titik rotasi mungkin akan di mana spike nya kontak trek.
Ketika pesenam melaksanakan handstand satu tangan yang sulit, dia sangat seimbang tapi tidak stabil. Dia perlu berjuang untuk menjaga keseimbangan. Jika ia memungkinkan tubuhnya untuk menggeser bahkan dari jarak sedikit pun posisi yang seimbang, efek balik (atau torsi) terjadi saat ia mulai berputar. Bumi di pusat nya menarik gravitasi. Sumbu rotasi akan berada di tempat tangannya kontak lantai atau aparat. Semakin jauh dia bergeser dari posisi seimbang, semakin besar efek balik. Dalam handstand satu tangan, pesenam harus menggunakan kekuatan dalam dirinya mendukung tangan dan lengan bawah (plus otot lain dalam tubuhnya) untuk menangkal pergeseran dari posisi seimbang. Dia melakukan ini dengan menghasilkan torsi yang berlawanan. Jika efek balik dari torsi ini menentang cukup kuat, ia akan memutar pesenam dalam arah yang berlawanan sampai keadaan keseimbangan kembali, tetapi jika ia memungkinkan pusat gravitasi-nya terlalu besar bergeser jauh dari posisi yang benar (yang adalah langsung di atas tangan mendukung), maka dia tidak akan memiliki kekuatan untuk menarik diri kembali ke posisi yang seimbang. Gravity kemudian memenangkan pertempuran "torsi" dan pesenam dari handstand runtuh itu, angka 5,1 menunjukkan seorang pesenam yang telah memungkinkan pusat gravitasi nya terlalu jauh bergeser ke kiri. Semakin besar ini jarak (d), semakin besar torsi yang dihasilkan oleh gravitasi.
Gambar
5,1 GAMBAR pusat Ketika 'gravitasi tidak lagi diatas dasar yang mendukung, gravitasi menerapkan torsi destabilisasi. Semakin besar jarak (d) atau garis sumbu trem gravitasi, semakin besar torsi yang dihasilkan oleh gravitasi.

GAMBAR 5.2 pegulat menyerang kontak dengan 'dia mot memiliki pusat gravitasinya baik di luar markasnya. Dalam situasi ini benar-benar tidak stabil, ia telah menempatkan diri pada risiko untuk melempar lawannya.

Membandingkan menyeimbangkan pesenam dalam handstand satu tangan dengan salah satu dari dua pegulat Yunani-Romawi yang ditunjukkan pada Gambar 5.2. Sangat mudah untuk melihat bahwa tak satu pun dari kedua pegulat mempunyai stabilitas sama sekali. bek ini sedang dibuang dan sama sekali kehilangan kontak dengan tikar. penyerang hanya memiliki satu kaki kokoh di kontak dengan tikar, dan pusat gravitasinya dan garis gravitasi keduanya baik luar nya penahan. Dalam posisi yang sangat tidak stabil, ia telah mempertaruhkan segala sesuatu untuk melempar lawan, dan berjudi itu telah terbayar!
Gambar 5.3, contoh lain dari gulat, menunjukkan bagaimana rotari stabilitas adalah perang satu torsi versus lain. Torsi diterapkan oleh penyerang (misalnya, gaya lengan gaya x) bersaing dengan torsi (yaitu, resistansi resistansi x lengan) yang dihasilkan dalam arah yang berlawanan oleh pegulat membela. Dalam situasi ini tindakan berat badan pegulat membela sebagai perlawanan dan tangannya adalah sumbu rotasi. Penyerang mencoba untuk meningkatkan efek balik dia yang berlaku untuk lawan dengan meningkatkan baik gaya ia menerapkan dan panjang lengan gaya dia gunakan. Para pegulat membela jelas tidak bisa meningkatkan stabilitas rotary-nya dengan mendapatkan berat badan selama pertandingan gulat. Tapi apa yang ia lakukan adalah berusaha menjaga lengan perlawanannya selama mungkin. Gambar 5.3 menunjukkan bahwa membela pegulat bisa memperpanjang lengan perlawanannya bahkan lebih dengan menggeser tangannya di atas tikar jauh dari lawannya. (Jangan lupa bahwa kata lengan mekanik dalam konteks ini mengacu pada jarak tegak lurus dari pusat nya massa terhadap sumbu rotasi dan tidak panjang lengan pegulat.)
tinggal Mari kita dengan olahraga gulat dan membayangkan pegulat kelas berat menelungkup dan menyebar-elang di tikar Setiap kali merebut lawan memegang tangan atau kaki untuk menyerahkannya, pegulat segera menggeser tubuhnya sehingga penyerang tidak pernah mendapat menjadi bagian yang memberikan dia leverage yang baik. Situasi ini akan seperti menggunakan linggis untuk mengangkat batu dan menemukan bahwa batu itu terus memotong rumput dan tidak pernah membiarkan Anda masuk ke posisi di mana Anda dapat menggunakan linggis untuk keuntungan Anda.
Bandingkan situasi pegulat kelas berat dengan yang dari pesenam menyeimbangkan pada satu kaki pada balok tersebut (lihat gambar 5.4). pegulat yang melakukan segala sesuatu mungkin untuk memaksimalkan stabilitas rotary-nya. Dia besar, pusat gravitasinya tidak dapat diposisikan lebih rendah ke tanah apapun, dan ia terus menggeser massa dan menyebar lengan dan kaki untuk melawan torsi yang diterapkan oleh penyerangnya. Pusat pesenam gravitasi yang tinggi di atas balok, dan kemudian membuat hal-hal buruk, dia menyeimbangkan pada satu kaki! Baik pesenam dan pegulat yang berhasil menjaga keseimbangan mereka. Tapi pesenam memiliki stabilitas rotary minim karena dibutuhkan torsi sangat sedikit mengguncang-nya. pegulat itu, di sisi lain, terus repositions dirinya untuk mempertahankan sejumlah besar stabilitas rotary.
GAMBAR 5,3 Gulat adalah botol o torsi. Kekuatan penyerang (F) x gaya lengan (FA) bersaing dengan resistensi bek's (R) x resistansi lengan (RA).
GAMBAR 5.4. Para pendukung senam dasar daerah yang ditutupi oleh kakinya pada balok. Garis jatuh gravitasi: dalam bidang alasnya.
Faktor-faktor yang Menentukan Stabilitas Rotary
Kondisi yang memberikan stabilitas minimal pesenam dan pegulat yang cukup kestabilan petunjuk kepada prinsip-prinsip mekanik yang menentukan berbagai tingkat stabilitas rotary. Prinsip-prinsip ini terjadi di setiap keterampilan olahraga. Mari kita lihat masing-masing satu per satu untuk melihat bagaimana mereka mempengaruhi performa seorang atlet.
Meningkatkan Stabilitas atlet mereka Ketika Mereka Meningkatkan Ukuran Base mereka Dukungan
Semakin besar dasar seorang atlet dukungan, semakin besar atlet stabilitas. Sebuah basis dukungan merujuk kepada daerah di tanah tertutup oleh titik kontak dengan tubuh atlet. Namun, basis dukungan tidak selalu di bawah atlet. Apa pun yang memberikan perlawanan terhadap kekuatan yang diberikan oleh atlet bisa menjadi basa. Jadi jika seorang mahasiswa di kelas aerobik bersandar pada dinding dalam latihan betis-peregangan, dasar dia termasuk dinding dan tanah. Seorang pesenam tergantung dari salah satu bar yang tidak rata memiliki bar untuk dasar, dan hal itu terjadi untuk overhead.
Apa yang kita maksud dengan daerah ketika kita berbicara tentang dukungan basis? Bayangkan sebuah pesenam menghadap sepanjang panjang balok dan berada di satu orang bodoh. Dalam situasi ini, dia meninggal daerah kaki yang lain sebagai dasar dukungan. Jika dia tempat kaki yang lain pada balok tersebut, basis dukungan nya sekarang membentang dari satu kaki ke kaki lainnya. pesenam ini sekarang lebih stabil daripada ketika pada satu kaki saja. Seperti yang Anda bisa menebak, dengan dua kaki pada balok, stabilitas nya lebih baik ke depan dan ke belakang daripada dari samping. Ini lebih sulit untuk mendorong pesenam dari balok jika Anda mendorongnya dari depan atau belakang daripada jika Anda mendorongnya dari samping. Dalam gambar 5,3 pegulat membela dasar tentang membentang dukungan dari tangan satu di atas tikar untuk tempat ia kontak lawannya. Mengingat bahwa lawannya berusaha untuk menyerahkannya ke atas bahunya untuk pin, jelas sekali bahwa lawan tidak dapat dianggap sebagai bagian dari basis dukungan yang stabil!
Peningkatan Stabilitas Menara Miring Pisa
1 80-fl-tol Menara Miring Pisa di Italia dibuka kembali untuk wisatawan pada bulan Desember 2001 setelah ditutup selama hampir 1 2 tahun. Turis con sekarang naik 300 tangga ke atas. Karena duduk di pasir dasar sungai berawa dan memualkan, Menara mulai ramping, dari waktu itu. Vas dibangun dalam 1 173. Dengan setiap inci tambahan ramping, Menara menjadi lebih tidak stabil. Pada satu titik itu diperkirakan lebih dari 14 kaki keluar dari barisan. Pada tahun 1993, insinyur memutuskan untuk memperkuat sisi Menara dan untuk sementara memimpin terpasang ingot berat (650 ton) dan kabel baja berlawanan arah pekerjaan sementara bersandar dilakukan untuk memperbaiki tanah mendukung Tower. Pada tahun 1995, lain 250 ton ingot timah yang ditambahkan. Pada bulan Juni 2001, Tower telah berdiri tegak cukup dapat dinyatakan aman. Ia masih memiliki karakteristik ramping dan diperkirakan akan tetap stabil dan menarik wisatawan selama bertahun-tahun yang akan datang.
Anda dapat melihat dari contoh sebelumnya bahwa stabilitas secara langsung berkaitan dengan ukuran basis pendukung. Membuat dasar Anda sebesar mungkin dan Anda lebih stabil. Seorang pesenam dalam handstand satu tangan memiliki dasar yang semata-mata daerah satu tangan. Jika pesenam pindah ke sebuah headstand, alas sekarang menjadi bentuk segitiga yang membentang dari kepala ke tangan dan kembali lagi (lihat gambar 5.5). Ketika pegulat terletak tertelungkup dan rata di atas tikar dan menyebar kaki dan tangan selebar mungkin, ia meliputi sebuah daerah yang luas yang membentang dari ujung jari sampai kakinya. Sejauh ukuran markasnya yang bersangkutan, pegulat telah membuatnya stabil secara maksimal. Jika Anda bersaing dalam olahraga gulat Anda akan memanfaatkan posisi ini ketika Anda membela dan juga saat Anda sedang menyerang. Jika Anda menyerang dan Anda ingin bertahan lawan di posisi tertentu dan mencegahnya dari bergerak, Anda memaksimalkan stabilitas Anda seperti yu akan lakukan jika Anda Je-menangkis. Memaksimalkan-stabilitas Anda membuat sesulit mungkin bagi lawan untuk me-mount serangan balik.
5,5 GAMBAR Dalam sebuah headstand, basis pendukung daerah segitiga dari kepala ke tangan.
Meningkatkan Stabilitas atlet mereka Ketika mereka Line Gravitasi Apakah Terpusat Dalam Base mereka Dukungan
keseimbangan Seorang atlet adalah dipertahankan selama garis vertikal melewati pusat gravitasi atlet berada di dalam perimeter basis dukungan. Semakin dekat ke tengah dasar bahwa garis gravitasi (yaitu, sebuah garis tegak lurus dari pusat gravitasi atlet) jatuh, semakin stabil menjadi atlet. Sebaliknya, mati lebih dekat ke tepi dasar bahwa garis gravitasi jatuh, semakin tidak stabil menjadi atlet. Semakin besar dasar, semakin mudah bagi seorang atlet untuk memastikan bahwa garis vertikal jatuh baik di dalam pangkalan.
Tidak seperti benda mati, makhluk hidup dapat manuver dan menggeser posisi dan dengan cara ini mereka tetap garis gravitasi dalam perimeter basis pendukungnya. Jika Anda menyeimbangkan di atas dasar yang sangat kecil dan Anda memungkinkan pusat gravitasi bergeser jarak sedikit, maka Anda telah memberikan gravitasi atau lawan kesempatan untuk menerapkan torsi bahwa Anda tidak mungkin dapat melawan. Itu salah satu alasan handstand seorang pesenam satu tangan adalah suatu prestasi fenomenal yang membutuhkan kekuatan yang luar biasa dan kontrol. Basis dukungan sepenuhnya daerah yang ditutupi oleh tangan pesenam pendukung. Pusat pesenam gravitasi tidak dapat diizinkan untuk beralih dari secara langsung di atas tangan pendukung. Jadi otot pesenam diletakkan bekerja untuk mempertahankan posisi ini.
Dalam kontras disbanding dengan handstand satu tangan yang menyebar-elang posisi defensif pegulat. Dengan asumsi bahwa pusat pegulat gravitasi dekat pusar, garis pusat gravitasinya harus bergeser beberapa meter ke segala arah sebelum jadi mendekati perimeter markasnya, maka tidak mengherankan bahwa posisi ini digunakan agar sering di gulat.
Anda tidak harus berpikir bahwa atlet selalu ingin memiliki garis mereka gravitasi dalam basis mereka. Ketika Anda berjalan atau berlari, Anda mengambil serangkaian langkah maju dengan setiap gerakan kaki Anda dari pergeseran pusat gravitasi di luar dasar Anda dan Anda beralih dari stabil ke posisi yang tidak stabil. Bila Anda bersikap tegas pada akhir langkah, pusat gravitasi Anda bergerak kembali di antara merasa Anda dan Anda berada dalam posisi stabil lagi (lihat gambar 5.6). Ketika atlet sprint, mereka pergi dari satu posisi tidak stabil ke drive lain karena mereka sendiri sepanjang trek. Satu saat mereka garis gravitasi di luar basis pendukungnya, kemudian segera kembali dalam lagi. Hal ini terjadi sepanjang perjalanan ke trek. Situasi yang sama terjadi ketika pemain hoki es skate sepanjang.

GAMBAR 5,6 Mengambil langkah ke depan, atlet menjadi tidak stabil, restabilizing ketika kedua kaki lagi kontak tanah.
Ketika pelari, kecepatan skaters, bersepeda, dan pemain ski slalom berkeliling kurva, mereka semua bersandar ke belokan. Di sini Anda memiliki contoh keseimbangan dinamis (yaitu, keseimbangan pada saat bergerak). Jika mereka berhenti mendadak di tengah kurva, mereka akan jatuh. Ketika mereka bersandar ke kurva garis gravitasi mereka tidak lagi jatuh dalam basis pendukungnya. Semakin cepat mereka bergerak dan ketat kurva, semakin mereka bersandar ke dalam dan pusat gravitasi lebih jauh mereka (dan garis mereka gravitasi) bergeser ke kurva. Jumlah saldo ramping benar gaya yang bekerja ke dalam kurva dengan mereka yang bertindak dalam arah yang berlawanan (lihat gambar 5.7).
Meningkatkan Stabilitas atlet mereka Ketika mereka Mereka Bawah Pusat Gravitasi
Atlet dengan pusat gravitasi yang ditinggikan tinggi dari basis dukungan mereka cenderung kurang stabil daripada atlet yang pusat gravitasi lebih rendah ke bawah. Itu alasan inilah punggung menjalankan hebat yang bisa memutar dan berbalik dan tiba-tiba jagoan satu arah dan kemudian yang lain cenderung lebih pendek dari pemain sepak bola lainnya. Mereka lari ke tanah yang rendah dan dengan cara ini mereka lebih stabil dan menjaga keseimbangan mereka lebih baik daripada atlet lebih tinggi.
GAMBAR 5.7. Seorang atlet kurva pembulatan adalah dalam keadaan keseimbangan dinamis. Gaya yang bekerja ke kurva melawan orang-orang luar akting.
Untuk memahami bagaimana tingkat kestabilan berkaitan dengan tinggi pusat seorang atlet gravitasi, mari kita memiliki atlet dengan menggunakan dasar ukuran yang sama berdiri tegak pertama dan kemudian berjongkok. Dalam kedua posisi kami akan ujung atlet samping sudut yang sama. Perhatikan pada gambar 5,8 bahwa sudut kemiringan yang sama, garis pusat atlet pergeseran gravitasi di luar tepi dasar mendukung ketika atlet sedang berdiri tegak. Ketika atlet sudah mengintip ke bawah, garis gravitasi-masih dalam basis. Ini berarti bahwa jika variabel stabilitas lainnya tetap sama, semakin rendah pusat gravitasi atlet, semakin stabil menjadi atlet.
Prinsip menurunkan pusat gravitasi untuk meningkatkan stabilitas adalah salah satu alasan mendekam atlet atau berbaring di atas tikar ketika mereka membela dalam agresif. Atlet gulat dan judo di bukan hanya mereka yang lebih rendah pusat gravitasi tetapi juga memperluas basis dukungan. Hal ini meningkatkan stabilitas mereka berlipat ganda, sehingga jauh lebih sulit bagi lawan untuk mengacaukan mereka. jumper Ski tahu bahwa mereka kehilangan poin gaya jika mereka terhuyung-huyung saat mendarat. Menurunkan pusat gravitasi mereka dengan menggunakan arahan Telemark (lihat gambar 3.4, halaman 42) di mana kaki tertekuk membantu mereka menjaga keseimbangan mereka. Kayakers yang tinggi dan yang paling berat mereka di tubuh bagian atas mereka memiliki pusat gravitasi yang tinggi. Mereka kurang stabil daripada atlet lebih pendek atau atlet yang paling berat mereka di daerah pinggul dan segel. (Kayakers Taller dapat mengatasi masalah ini dengan menggunakan kayak yang memiliki balok yang lebih luas, yang memperluas basis dukungan mereka.)
Gambar 5.8. Bila semua yang lain adalah sama, semakin tinggi pusat gravitasi, kurang stabil adalah obyek atau atlet. Seorang atlet berdiri tegak (a) dan membungkuk (b). Untuk malaikat yang sama miringnya miring, garis pusat atlet pergeseran gravitasi di luar tepi dasar mendukung ketika atlet tersebut berdiri tegak (c), tetapi tetap dalam dasar ketika atlet sudah mengintip atau berjongkok (d).
The Tenggelamnya dari Vasa yang
kapal bijih Hari dirancang dengan cermat sehingga mereka cukup stabil untuk menahan kekuatan gelombang dan angin. Tidak begitu Vasa tersebut. Pada abad ke 17 Raja Gustav Adolphus dari Swedia memerintahkan pembangunan Vasa, yang menjadi galleon pertempuran terbesar yang pernah dibangun. Ini memiliki dua dek senjata dengan meriam perunggu of'64 total berat. Ini berbeda dengan praktik umum di mana ada salah satu baris meriam, atau jika ada dua baris, baris atas dibuat lebih ringan di berat daripada yang lebih rendah. Selain tiang-tiang besar, layar besar, dan conr.ons itu saja ditimbang 100 puluhan, kapal itu ditutupi ornamentations rumit yang menghiasi bagian atas keseluruhan, termasuk kastil buritan tinggi. pemberat itu dimaksudkan untuk menstabilkan kapal terbukti sangat tidak memadai. Sebelum pelayaran perdananya, yang Vasa diberikan tes stabilitas: 30 orang berlari bolak-balik secara serempak di dek sementara itu ditambatkan. Tho orang harus berhenti setelah hanya tiga kali karena kapal siap terbalik. Sesuai dengan prediksi ini, di pelayaran perdananya ada badai tiba-tiba, snip yang terdaftar berat ke pelabuhan, dan air dituangkan dalam port pistol terbuka. The Vasa tenggelam pada saat-saat dalam satu mil laut dari pantai. The Vasa dibesarkan pada tahun 1959 dan sekarang menjadi atraksi wisata yang populer di Swedia.
Angkat besi memberi kita banyak contoh besar pengurangan stabilitas ketika pusat gravitasi yang ditinggikan. Berat lebih kerekan angkat besi dan semakin lama lengan atlet, semakin tinggi pusat gravitasi gabungan dari kedua atlet dan barbell. Garis dari pusat gravitasi umum harus tetap terpusat di atas dasar yang relatif panjang tapi sempit yang dibentuk oleh kaki pengangkat's Di samping itu, barbell dan lengan memperpanjang atlet memiliki kecenderungan untuk memutar pada sumbu dari sendi bahu. Jika seorang atlet memungkinkan barbell untuk menggeser keluar sedikit jarak garis, ia harus segera mereposisi dasar dan juga bertengkar dengan otot bahu untuk membawa barbell kembali sesuai sehingga lagi terpusat diatas basisnya. Gambar 5.9 menunjukkan posisi terakhir dalam fase brengsek dari bersih dan brengsek. Stabilitas dalam posisi ini lebih baik maju dan mundur karena dasar besar di 'arah topi. Tapi dasar adalah sempit sisi ke sisi. Bahkan gerakan kecil oleh atlet dalam arah samping dapat mengalihkan garis umum gravitasi atlet dan barbell luar pinggiran alasnya. Dari posisi kaki split akhir brengsek, angkat besi sekarang harus membawa merasakan-nya, berdiri tegak, dan mengendalikan barbel selama 3 detik. Sangat mudah untuk menghargai kesulitan pengontrolan barbel berat di posisi ini. Pergeseran sedikit pun barbell tetapi garis dan kontrol dapat hilang dan angkat dinyatakan gagal.
GAMBAR 5,9 Dalam bersih dan brengsek, pusat umum atau gravitasi atau baik angkat besi dan bar harus terpusat diatas dasar pendukungnya. barbell juga harus diposisikan tepat di atas sendi bahu.
Meningkatkan Stabilitas atlet mereka oleh Meningkatkan Misa Tubuh mereka
Prinsip ini hanya mengatakan bahwa jika semua faktor lain yang berkaitan dengan stabilitas tetap tidak berubah, seorang atlet lebih berat dan lebih besar lebih stabil dari satu dengan massa tubuh kurang. Inilah sebabnya mengapa berat divisi t ada di olahraga agresif. Apa harapan akan bulu yang telah berusaha untuk mengangkat dan memutar atlet di divisi superheavyweight?
Nilai massa tubuh dalam agresif diduplikasi dalam sepakbola di mana linemen besar diberi tugas mempertahankan posisi mereka dalam menghadapi apa saja yang dilemparkan terhadap mereka. Yang lebih berat mereka, lebih gaya (dan torsi) yang diperlukan untuk membuang mereka dari keseimbangan dan menjatuhkan mereka keluar dari posisi. Ini untuk alasan inilah mereka berat mendekati atau lebih dari 300 1b. Tidak ada divisi berat dalam sepak bola karena terdapat dalam gulat Olimpiade.
Dalam semua keterampilan olahraga, atlet berat yang keluar dari c6ntrol dan kehilangan keseimbangan mereka harus mengerahkan lebih banyak tenaga otot untuk mendapatkan kembali keseimbangan mereka dari atlet lebih ringan. Jika atlet yang lebih berat tidak memiliki kekuatan otot untuk mengontrol tindakan mereka, kemudian massa tubuh mereka menjadi ekstra kerugian besar dan sangat banyak kewajiban. Dalam judo, atlet selalu berusaha untuk memanfaatkan berat badan lawan mereka dan, jika lawan mereka bergerak, mereka mencoba memanfaatkan momentum penuh lawan mereka. Ini tidak efisien dan melelahkan untuk mencoba menghentikan mendorong lawan atau mendorong dan kemudian pergi atlet dalam arah yang berlawanan. Baik untuk menggunakan gerakan lawan dan dia berputar di sekitar sumbu (seperti pinggul atau kaki), dan kemudian menambahkan gaya Anda dengan gravitasi sebagai lawan berputar ke arah matras. pegulat sumo kecil yang mencoba untuk mengatasi lawan yang lebih berat juga berusaha untuk melakukan manuver. Ini jelas ide yang baik untuk memindahkan keluar dari jalan ketika atlet dengan berat 400 1b sedang mengisi pada Anda. Jika Anda seorang lawan ringan Anda bisa mencoba mengguncang dia (dengan cepat melangkah ke samping dan secara bersamaan tersandung padanya) sebagai massa yang besar bergegas oleh. Anda kemudian menambahkan gaya Anda sendiri dengan gravitasi untuk mengantarnya ke lantai atau lebih memuaskan, untuk mengangkat dirinya di antara penonton!
Atlet Meningkatkan Stabilitas mereka Ketika Mereka Memperpanjang Base mereka di Arah dari Angkatan mendekat
Terlepas dari jenis dasar, stabilitas meningkat bila dasar seorang atlet mendukung diperbesar dalam arah di mana gaya yang diterima atau diterapkan. Sebagai contoh, sebuah gaya bisa berasal dari lawan yang mencoba memblokir atau menangani Anda, atau Anda bisa menerapkan gaya dalam arah tertentu ketika Anda melempar, memukul (misalnya, dalam bisbol), atau melompat (seperti di pagar). Ketika menjalankan kembali ingin menjaga keseimbangan dan terus berjalan bila terkena lawan, ia harus mempertimbangkan tidak hanya kekuatan memukul, tetapi juga arah itu berasal dari. Untuk menjaga stabilitas dan tetap tegak, punggung jalankan harus memperluas basis di arah dari gaya yang diterapkan. Jika tekan datang dari depan, dia melebar dasar dari depan ke belakang. Jika memukul berasal dari samping, ia memperlebar basis ke arah itu. Tentu, ia akan bersandar ke memukul juga. Prinsip-prinsip mekanik bersandar ke hit dijelaskan nanti dalam bab ini.
Penerapan kedua prinsip ini berlaku untuk situasi di mana atlet menerapkan gaya dalam arah tertentu. Jika Anda menonton penyembur, pitchers, dan hitters, Anda akan melihat bahwa mereka memperluas basis mereka di arah mereka menerapkan kekerasan. Mengapa ini? Karena memberikan mereka dasar yang baik yang stabil, dan memungkinkan mereka untuk menerapkan kekuatan lebih dari jarak yang cukup jauh tanpa kehilangan keseimbangan. Jika mereka tidak melakukan hal ini, mereka akan dilemparkan ke arah yang berlawanan. Tidak peduli apakah Anda peledakan lari rumah, melempar bola cepat atau hanya bersenang-senang dalam permainan softball pickup, prinsip yang sama berlaku (lihat gambar 5.10).
Ukuran sebenarnya dari basis atlet harus menggunakan gaya bergantung pada seberapa banyak yang diterapkan. Bayangkan melempar bola tenis meja superlight beberapa meter. Anda bisa melakukannya tanpa kesulitan ketika menyeimbangkan pada satu kaki. Tenis meja-bola memiliki berat yang sangat kecil (yaitu, massa) dan dalam situasi ini hampir tidak memiliki kecepatan apapun. Sekarang coba melempar bola obat besar sejauh mungkin ketika menyeimbangkan pada satu kaki. Anda akan menemukan bahwa sebagai obat bola berjalan dalam satu arah Anda mendapatkan didorong dalam arah yang berlawanan.
GAMBAR 5,10 basis pendukung Seorang atlet adalah diperpanjang ke arah di mana gaya diterapkan (misalnya, ke arah lapangan).
Sekarang mari kita bandingkan menangkap bola tenis meja yang melemparkan lembut ke arah Anda dengan menangkap objek berat (seperti obat bola) bepergian dengan kecepatan lebih tinggi. Anda dapat dengan mudah menangkap bola tenis meja ketika menyeimbangkan pada satu kaki. Its momentum akan minimal, dan Anda akan juga dapat menjaga keseimbangan Anda pada satu kaki tanpa kesulitan apapun. Bola obat ini situasi yang berbeda. Jika Anda ingin menjaga stabilitas dan tidak memiliki obat bola ketukan Anda berakhir, Anda harus mengambil sikap lebar dengan kedua kaki baik ditanam di tanah. Reach terhadap adalah bola dan memperpanjang sikap Anda ke arah dari mana obat bola mendekati. Semakin besar bola dan semakin besar kecepatannya, sikap Anda harus lebih stabil.
Haruskah atlet Shift Line mereka Gravitasi Menuju Angkatan mendekat
Prinsip pergeseran garis Anda gravitasi (dan pusat gravitasi) terhadap kekuatan pendekatan secara langsung berkaitan dengan prinsip bahwa negara Anda harus memperluas basis Anda terhadap kekuatan mendekat. Menjalankan dasar sengaja bersandar ke tackles, pemain hoki bersandar ke pemain lawan yang mencoba memeriksa tubuh mereka, dan pegulat bersandar ke lawan mereka ketika mereka bergulat.
Apa yang menarik tentang prinsip ini adalah bahwa atlet yang sementara mendestabilisasi diri dengan memindahkan baris mereka gravitasi lebih dekat ke perimeter basis pendukungnya. Posisi ini mengharuskan atlet untuk menerapkan gaya menyerang yang cukup (dan momentum) untuk mendorong para pembela kembali melampaui batas belakang dasar pendukungnya. Jika penyerang berhasil, maka benar-benar pembela destabilisasi. Tapi waktu yang dibutuhkan oleh para penyerang dalam menyodorkan pembela dari perimeter maju dari basis mereka di luar perimeter belakang cukup sering untuk para pembela HAM untuk berputar menjauh dari serangan itu dan untuk mengubah pertahanan menjadi serangan.
Prinsip kain kaus baris Anda gravitasi terhadap kekuatan melaju berlaku tidak hanya dalam menangani dan memeriksa tetapi juga dalam menangkap bola obat berat. Anda memperluas basis dan pergeseran pusat gravitasi terhadap obat bola mendekat. Dengan cara ini momentum bola obat mendorong kembali ke posisi stabil. Kalah penting, Anda memberikan diri Anda banyak waktu untuk menerapkan kekerasan untuk memperlambat obat bola. Apakah Anda menyadari bahwa "banyak waktu untuk menerapkan gaya" adalah ekspresi dari impuls digunakan untuk menghentikan (yaitu, d kecil gaya diaplikasikan di atas kerangka waktu yang besar)? Ini gaya kecil diaplikasikan di atas kerangka waktu yang lama daripada kekuatan besar dibandingkan jangka waktu yang singkat yang memungkinkan Anda untuk membawa bola rata-rata berat dengan nyaman dan tanpa rasa sakit untuk berhenti.
Perbedaan yang penting ada ketika Anda adalah seorang atlet memberikan gaya. Dalam hal ini Anda memperpanjang dasar Anda ke arah yang Anda menerapkan gaya. Tapi kau posisi pusat gravitasi ke belakang, dari Anda dasar-dan dalam banyak kasus, sementara di luar belakang Anda mendukung basis. Semua pelempar lembing baik mulai mereka melempar dari posisi di mana mereka condong ke belakang dengan pusat gravitasi mereka di luar belakang basis dukungan mereka. Kemudian di tindak lanjut selesai dengan pusat gravitasi mereka melampaui tepi depan markas mereka. Dengan cara ini mereka menerapkan kekuatan besar atas jarak paling panjang dan jangka waktu terpanjang mungkin (lihat gambar 5.11).
Gambar 5.11. Dalam lembing lemparan, pusat gravitasi atlet mulai bagian belakang dasar mendukung dan berakhir di depan pangkalan pelontar itu.
Dalam agresif seperti gulat dan judo, atlet harus menyadari bahaya pergeseran pusat gravitasi mereka terlalu dekat dengan perimeter dasar mereka. Bayangkan bahwa Anda dalam kompetisi judo. Kau mendorong dan bersandar ke lawan, dan lawan melakukan hal yang sama kepada Anda. Anda pusat gravitasi adalah dosis ke tepi depan dasar Anda. Tiba-tiba lawan Anda berhenti mendorong dan menarik bukan keras. Sekarang kekuatan mendorong Anda sendiri tiba-tiba telah meningkat dengan penambahan tarik lawan. Anda menemukan bahwa pusat gravitasi tiba-tiba di luar dasar Anda dan bahwa Anda benar-benar tidak stabil. Kau akan dibuang!
Jika Anda merasa bahwa dorongan ini akan berubah menjadi suatu menarik, segera pergeseran pusat gravitasi Anda ke arah yang berlawanan dan memperluas basis mendukung Anda dalam arah yang sama. Serangan-serangan balasan yang melibatkan urutan posisi pusat atlet 'gravitasi adalah inti dari judo. Satu instan Anda dapat stabil, dan kemudian jika Anda tidak hati-hati Detik berikutnya Anda menuju lantai berputar di sekitar sumbu dibentuk oleh sapuan kaki dari lawan.

Bagaimana Semua Prinsip Stabilitas Rotary Apakah saling berhubungan
Ingat bahwa semua faktor yang mengontrol stabilitas rotary secara erat berhubungan. Tidak ada gunanya jika atlet membuat satu manuver untuk meningkatkan stabilitas jika semua faktor lain mengendalikan stabilitas tidak puas juga. Sebagai contoh, jika seorang atlet memperluas basis dukungan dia, dia juga harus bergerak dalam arah kekuatan diterapkan. Seorang pemain sepak bola dapat memperluas basis ke arah sebuah tackle yang datang dari kanan, tetapi jika baris-nya gravitasi tetap dekat dengan tepi kiri dasar, dia dengan mudah akan menjatuhkan dan dipukuli oleh ditangani. Seorang atlet di divisi superheavyweight lebih stabil daripada seorang atlet dalam divisi berat badan lebih rendah, tetapi berat badan ekstra adalah menggunakan sedikit jika ini super berat berat adalah dasar sempit dan berdiri dengan pusat gravitasinya tinggi dari tanah dan dekat dengan tepi markasnya. Demikian pula, atlet yang menurunkan pusat gravitasi nya meningkatkan stabilitas, tetapi tindakan ini hanya merupakan manuver yang berharga jika baris-nya gravitasi disimpan baik dalam dasar-nya. Semua prinsip-prinsip stabilitas yang berkaitan, dan masing-masing sangat tergantung pada yang lain. Hanya mematuhi salah satu prinsip stabilitas tidak baik cukup.
Keterampilan Itu Perlu Stabilitas Minimal
Kami telah berbicara panjang lebar tentang memaksimalkan stabilitas. Apakah ada ketrampilan dimana atlet sengaja meminimalkan stabilitas mereka? Ya. Contoh terjadi selama percepatan eksplosif pemain basket atau hoki saat berbuka dan berenang dan pelari di awal ras mereka. Dalam memulai sprint, Pelari bertujuan untuk keluar dari blok secepat mungkin. Pada perintah "" Set, mereka mengalihkan garis mereka gravitasi ke depan sehingga sangat dekat dengan posisi tangan mereka di trek (lihat gambar 5.12). Posisi ini sangat tidak stabil memenuhi dua persyaratan. Memanjang kaki pelari 'menjadi sikap menyodorkan kuat. Kedua, sebelum memulai, para atlet bergerak sejauh mungkin dalam arah yang dikehendaki-menuju garis finish.
Dalam keterampilan olahraga di mana arah perubahan tiba-tiba terjadi, atlet ingin dapat menggeser cepat ke arah manapun. Posisi ditetapkan di awal sprint sangat baik untuk gerakan tiba-tiba dan cepat menuju finish dalam lomba 100-m. Namun, Anda akan sangat senang jika Anda melihat pemain tenis menggunakan posisi menetapkan pelari cepat ketika mereka menunggu untuk menerima melayani. Posisi set mungkin baik untuk bergerak tiba-tiba dalam satu arah, tapi berguna untuk bergerak cepat ke arah yang lain. Voli pemain menerima melayani dan kiper sepak bola membela tujuan semua perlu cepat dari tanda apa pun arah. Mereka tidak bisa menjamin arah, kecepatan, dan berputar bola, dan mereka pasti tidak ingin melibatkan diri terlalu dini. Akibatnya, atlet ini akan menggunakan basis yang cukup kecil dengan garis mereka gravitasi terpusat. Dengan cara ini tidak lebih dari beberapa detik untuk menggeser arah mereka ingin pindah. Mereka dapat bereaksi dengan cepat dan bergerak cepat ke arah manapun.
Gambar 5.12. Dalam memulai sprint o, baris atlet gravitasi bergeser dekat dengan tepi depan dari basis pendukung.
Rotary Stabilitas Ketika memutar, Memutar, atau Spinning
Ketika benda atau atlet memutar, swing, atau berbelok, stabilitas rotary mereka tergantung pada resistensi rotary mereka (yaitu, inersia rotary). Perlawanan lebih rotary stabilitas, semakin besar. Dari bab 4, Anda akan ingat bahwa perlawanan rotari dibuat lebih besar dengan meningkatkan massa benda dan dengan menggerakkan massa sejauh mungkin dari sumbu rotasi. Bagaimana jenis rotary menunjukkan stabilitas dalam olahraga? Berikut ini sebuah contoh: Orang-orang itu diskus di 4 1b 6 ons (2 kg) adalah dua kali lebih besar sebagai diskus perempuan dan itu lebih dari 2 masuk
J Walker's Kutub tali tegang Meningkatkan Stabilitas
walker Circus tali tegang seperti Wallendas Besar dan Philippe Petit dari Perancis Hove berjalan di kabel tegang antara gedung-gedung tinggi. Mengapa pemain pemberani ini lebih stabil ketika mereka menggunakan tongkat panjang, dan mengapa bijih mereka diberikan lebih stabil ketika tiang yang sangat panjang, melengkung ke bawah, dan berbobot pada kedua ujung? Sebuah tiang yang menurunkan aku ke bawah kurva pusat gravitasi pelaku dan kutub gabungan. Jika beban ditambahkan pada ujung tiang, itu menurunkan pusat gravitasi lebih jauh. Selain itu, tiang tertimbang lagi, seandainya perlawanan yang lebih besar terhadap rotasi. Ini membantu menghentikan pelaku dari samping dan foiling tip dari kawat. Tanpa c panjang, melengkung tiang, tertimbang, pejalan tali cahaya akan memiliki waktu berpikir menjaga keseimbangan!
Jangan Jadi Pushover sebuah
berdiameter lebih besar. Jika semua faktor lain adalah sama, membicarakan laki-laki (berdasarkan massa yang lebih besar dan distribusi massa) akan pertempuran efek destabilisasi arus udara yang lebih baik dari membicarakan perempuan.
Mirip dengan diskusi, sepak bola akan tetap lebih stabil dalam penerbangan saat itu diberikan spin. Spin lebih, semakin besar momentum sudut jika sepak bola dan stabilitas yang lebih besar. Dalam situasi ini Anda meningkatkan momentum sudut menyiratkan peningkatan kecepatan sudut bola, atau spin. Anda tidak mengubah massa atau distribusi massanya. Ketika senapan quarterback lulus ke penerima bola mensimulasikan karakteristik penerbangan dari peluru. Spin sekitar sumbu panjang bola memberikan bola stabilitas gyroscopic (yaitu, stabilitas yang dihasilkan dari spin). Bola ini membantu menahan kekuatan destabilisasi dihasilkan oleh arus udara dan hambatan udara. Tanpa putaran, bola akan jatuh dan bergetar di udara. Ini penerbangan tidak akan "benar," dan tidak akan pergi sejauh. Hal yang sama terjadi ketika sebuah diskus dilempar tanpa spin.

IKHTISAR
• Untuk atlet, saldo menunjukkan mengendalikan gerakan mereka. Seorang atlet dengan keseimbangan yang baik mampu melawan kekuatan-kekuatan yang dinyatakan akan mengganggu keseimbangan.
• Stabilitas, mengacu pada sebuah objek atau perlawanan atlet untuk memiliki keseimbangan terganggu. Ada derajat stabilitas. Seorang atlet dapat sangat stabil atau minimal stabil.
• Ada dua jenis stabilitas, stabilitas dan stabilitas rotary linear.
• stabilitas Linear con ada apabila seorang atlet atau pada objek yang diam atau bergerak dalam garis lurus. Pada istirahat, stabilitas linier sebanding dengan massa seorang atlet dan gaya gesek yang ada antara atlet dan permukaan yang mendukung. Ketika atlet bergerak, stabilitas linier secara langsung berhubungan dengan massa dan inersia. Semakin besar atlet, semakin besar inersia dan stabilitas yang lebih besar linear.
• Stabilitas berputar atlet atau objek adalah perlawanan mereka terhadap yang terbalik, atau terbalik, dan perlawanan mereka melawan yang berhenti atau melambat setelah mereka berputar.
• stabilitas Rotary adalah pertempuran torsi. Efek balik dari torsi yang mengganggu pada keseimbangan atlet harus dilawan oleh efek balik dari torsi yang atlet berlaku untuk mendapatkan kembali keseimbangan.
• Beberapa prinsip terkait dengan terhadap stabilitas atlet. atlet harus memenuhi sebanyak prinsip-prinsip ini mungkin untuk memastikan stabilitas yang dimaksimalkan: (a) Stabilitas meningkat bila daerah seorang atlet mendukung basis adalah mode yang lebih besar, (b) stabilitas meningkat bila garis atlet gravitasi jatuh dalam batas-batas selang atlet pendukung, terutama ketika garis atlet gravitasi terpusat di dasar pendukungnya; (c) stabilitas meningkat bila atlet menurunkan pusat nya gravitasi; (d) stabilitas sebanding dengan massa seorang atlet, semakin besar massa atlet, semakin besar stabilitas atlet; (e) untuk menjaga stabilitas setelah dampak, dasar seorang atlet pendukung harus diperluas ke arah di kepolisian mendekat, (f) untuk menjaga stabilitas setelah dampak, para atlet pusat gravitasi dan garis gravitasi harus dirubah terhadap gaya melaju, (g) untuk memelihara stabilitas dalam penerapan gaya, ini, basis pendukung harus diperluas ke arah yang gaya akan diterapkan; (h) untuk aplikasi terbesar kekuatan dalam arah tertentu, pusat gravitasi dan garis gravitasi harus awalnya diposisikan sebagai sejauh mungkin dalam arah yang berlawanan di atas basis diperpanjang, dan untuk melengkapi aplikasi gaya, pusat gravitasi dan garis, gravitasi harus meluas menjelang penahan.
• Beberapa keterampilan olahraga memerlukan stabilitas minimal. Pelari dan perenang dalam posisi mengatur pergeseran garis mereka gravitasi ke tepi basis mereka di arah mereka akan ras. Atlet yang perlu bergerak cepat ke segala arah basis mereka tetap kecil dan garis mereka memusatkan gravitasi.
• Dalam situasi di mana objek atau atlet yang berputar, stabilitas rotari adalah sebanding dengan momentum sudut. Rotary stabilitas meningkat dengan meningkatkan massa, meningkatkan kecepatan sudut, dan meningkatkan distribusi massa jauh dari sumbu rotasi.

KATA KUNCI X
keseimbangan dasar dukungan
garis gravitasi - linier stabilitas
rotary stabilitas - stabilitas

PERTANYAAN TINJAUAN
1. Apakah stabilitas linear dan mengapa stabilitas linier dari obyek atau seorang atlet bepergian tergantung pada besarnya massa dan bukan pada kecepatannya?
2. Mengapa stabilitas rotary pertempuran satu torsi versus lain? Sebagai contoh dalam jawaban Anda, gunakan atlet menyeimbangkan pada satu kaki pada balok.
3. Menggunakan contoh pegulat membela berbaring di atas tikar, menjelaskan mengapa stabilitas meningkat ketika pegulat memperluas basis dukungan dalam arah gaya (dan torsi) yang diterapkan oleh seorang penyerang.
4. Keterampilan di mana atlet harus mengubah arah tiba-tiba atau siap untuk dorong ke arah manapun mengharuskan atlet untuk mengambil posisi yang tidak memiliki stabilitas maksimal. Mengapa ini benar?
5. Ketika sebuah cakram berputar, stabilitas tidak hanya tergantung pada kecepatan sudut, tetapi juga pada ketahanan rotary nya (inersia rotary). Mengapa?
6. Sebuah angkat besi Olimpiade berdiri tegak dengan kaki berdekatan (menyentuh pergelangan kaki) dan dengan barbel 400 1b panjang lebar lengan di atas kepalanya. Mengapa sulit untuk angkat besi dalam situasi ini untuk mengontrol barbell?

PRAKTIS AKTIVITAS
1. Stabilitas statis: Melebihi garis gravitasi. Ambil sebuah blok dari kayu 4 in x 3 x 2 masuk masuk dan meletakkannya di perusahaan 3-in. sisi pada papan kecil dari kayu. Perlahan-lahan meningkatkan papan kayu dari satu ujung sampai ke ujung blok. Dapatkan partner untuk mengukur dengan busur derajat sudut papan di ujung blok instan atas. (Anda mungkin perlu menambah amplas pada bidang miring sehingga blok tidak slide) Lay blok. Pada semua pihak yang tersisa untuk menentukan sudut maksimum dicapai sebelum tipping atas. Bagaimana sudut papan untuk berhubungan-pilihan dasar yang digunakan untuk blok?
2. Stabilitas maksimum. Anda akan membutuhkan mitra untuk kegiatan ini. Asumsikan posisi yang paling stabil yang bisa Anda pikirkan, dan manuver dalam oposisi terhadap upaya pasangan Anda. yang mencoba untuk menghancurkan stabilitas dan untuk memindahkan, mengangkat, atau roll engkau. Anda Switch peran penyerang dan pemain belakang dan ulangi kegiatan ini. Merekam apa yang Anda rasakan adalah posisi yang paling stabil dan apa yang Anda coba lakukan dalam menanggapi tindakan destabilisasi penyerang Anda. Mempertimbangkan prinsip mekanik; berkaitan dengan torsi, pengungkit, bidang penahan, dan posisi pusat gravitasi.
3. Line gravitasi relatif terhadap basis pendukung. Berdiri dengan tumit Anda dan kembali ke dinding. Dengan kaki lurus disimpan sebagai mungkin, membungkuk untuk menyentuh jari Anda. Apakah Anda jatuh ke depan? Bandingkan kinerja laki-laki dan perempuan dalam kegiatan ini. Apakah perempuan lebih sukses dibandingkan laki-laki? Sekarang melakukan beberapa gerakan menjauh dari dinding. Merekam apa yang terjadi dalam hal pusat gravitasi dan garis pusat gravitasi relatif terhadap basis dukungan Anda. Mengapa ada perbedaan antara pria dan wanita?
4. Dinamis stabilitas: Stabilitas bergerak. Jalankan delapan angka ketat meningkatkan kecepatan di atas permukaan yang datar. Mengapa sulit untuk menjalankan angka delapan program dengan kecepatan tinggi? Apakah mitra catatan perubahan posisi tubuh Anda seperti yang Anda kecepatan luka kursus Anda. Switch dan ulangi latihan ini dengan Anda melakukan pengamatan. Menarik tongkat angka di penjelasan Anda, dan gunakan panah untuk menunjukkan gaya yang bekerja ke kurva dan mereka bertindak keluar dari kurva saat Anda (atau pasangan Anda) menjaga stabilitas dinamis. Jelaskan mengapa sulit untuk menjalankan angka delapan program dengan kecepatan tinggi.