Peluang Usaha

clicksor

sitti

Anda Pengunjung ke

Thursday, December 2, 2010

Bubur

Download Disini : http://www.ziddu.com/download/12784795/bubur.doc.html

Komposisi Gizi
Komposisi kimia beras berbeda-beda tergantung pada varietas dan cara pengolahannya. Selain sebagai sumber energi dan protein, beras juga mengandung berbagai unsur mineral dan vitamin (lihat tabel). Sebagian besar karbohidrat beras adalah pati (85-90 persen), sebagian kecil pentosan, selulosa, hemiselulosa dan gula. Dengan demikian sifat fisikokimia beras terutama ditentukan oleh sifat fisikokimia patinya.

Protein adalah komponen kedua terbesar beras setelah pati. Sebagian besar (80 persen) protein beras merupakan fraksi tidak larut dalam air, yang disebut protein glutelin. Sebagai bahan makanan pokok di Indonesia, beras dalam menu makanan masyarakat menyumbang sedikitnya 45 perse protein.

Beras pecah kulit rata-rata mengandung 8 persen protein, sedangkan beras giling mengandung 7 persen. Dibanding biji-bijian lainnya, kualitas protein beras lebih baik karena kandungan lisinnya lebih tinggi. Walaupun demikian lisin tetap merupakan asam amino pembatas yang utama (terkecil jumlahnya) dalam beras.

Kandungan lemak beras pecah kulit adalah 1,9 persen, sedangkan pada beras giling hanya 0,7 persen. Itu berarti sekitar 80 persen lemak terdapat dalam dedak dan bekatul, yang terpisah dari beras giling saat penyosohan. Ditinjau dari segi keawetan beras, hal ini menguntungkan karena lemak mudah teroksidasi dan mengakibatkan timbulnya bau tengik.

Proses penyosohan juga mengurangi kadar mineral pada beras giling. Sebagian besar mineral terdapat pada bagian dedak dan hanya sekitar 28 persen yang tertinggal pada beras giling. Komposisi mineral bervariasi tergantung dari kondisi tanah dimana padi ditanam. Unsur mineral utama adalah fosfor, kalsium, magnesium dan besi.

Beras pecah kulit mengandung vitamin lebih besar daripada beras giling. Vitamin terkonsentrasi pada lapisan bekatul dan lembaga. Penyosohan menurunkan dengan drastis kadar vitamin B komplek sampai 50 persen atau lebih. Beras mengandung vitamin C dan D dalam jumlah yang sangat kecil atau tidak sama sekali.

Pulen dan Pera
Sebagian besar butir beras terdiri dari karbohidrat jenis pati. Hampir 90 persen berat kering beras adalah pati yang terdapat dalam bentuk granula. Pati beras terbentuk oleh dua jenis molekul polisakarida, yang masing-masing merupakan polimer dari glukosa. Kedua molekul pembentuk pati tersebut adalah amilosa dan amilopektin.

Citarasa dan mutu masak beras terutama ditentukan oleh kadar amilosa dan amilopektinnya. Berdasarkan kandungan amilosanya, beras dibagi menjadi empat golongan, yaitu ketan (2-9 persen), beras beramilosa rendah (9-20 persen), beras beramilosa sedang (20-25 persen) dan beras beramilosa tinggi (25-33 persen).

Kadar amilosa berpengaruh terhadap rasa nasi. Beras dengan kadar amilosa tinggi bila dimasak, pengembangan volumenya dan tidak mudah pecah, nasinya kering dan kurang empuk, serta menjadi keras bila didinginkan.

Beras dengan kadar amilosa rendah bila dimasak menghasilkan nasi yang basah dan lengket, sedangkan beras dengan kadar amilosa menengah menghasilkan nasi yang agak basah dan tidak menjadi keras bila didinginkan.

Perbandingan antara amilosa dan amilopektin dapat menentukan tekstur, pera atau tidaknya nasi, cepat atau tidaknya mengeras dan lengket atau tidaknya nasi. Beras berkadar amilosa sedang disukai oleh bangsa Filipina dan Indonesia. Beras dengan kadar amilosa rendah (amilopektin tinggi) sangat disukai masyarakat Jepang.

Makin tinggi kadar amilosa dalam beras, bertambah keras dan pera nasi yang dihasilkan. Sebaliknya, makin tinggi kadar amilopektin beras maka makin pulen dan lengket nasi yang dihasilkan. Itulah sebabnya orang Jepang bisa makan nasi menggunakan sumpit, sedang kita harus makan dengan sendok atau tangan. @ Prof. DR. Ir. Made Astawan, Dosen Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi, IPB.



http://www.gizi.net/cgi-bin/berita/fullnews.cgi?newsid1028376933,9249,
http://hubpages.com/hub/INDONESIAN-RICE-FLOUR-PORRIDGE
http://en.wikipedia.org/wiki/Porridge

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.homemade-chinese-soups.com/cooking-porridge.htmlTepung Beras Bubur merupakan salah satu lauk yang saya menikmati begitu banyak. You can have Rice Flour Porridge as a snack before meal time. Anda dapat memiliki Tepung Beras Bubur sebagai makanan ringan sebelum waktu makan. This dish really popular in Indonesia mostly in Java Island and people sometimes eat it as breakfast. Hidangan ini benar-benar populer di Indonesia terutama di Pulau Jawa dan orang-orang kadang-kadang makan sebagai sarapan. You will easilyfind it being sale everywhere in several cities in Java Island like Jogjakarta or Malang in cheap price, or in traditional market in others cities. Anda akan easilyfind itu sedang dijual di mana-mana di beberapa kota di Pulau Jawa seperti Yogyakarta atau Malang harga murah, atau di pasar tradisional di kota-kota lain.

The texture of this side dish is really soft and sticky. Tekstur lauk ini benar-benar lembut dan lengket. The taste is combination from the savory of coconut milk, the sweetnessof palm sugar and the exotic taste of Jack fruit; created an exotic taste of dish. Rasanya adalah kombinasi dari gurih dari santan, gula kelapa sweetnessof dan rasa buah eksotis Jack; menciptakan rasa hidangan eksotis. Really good. Benar-benar baik. I wish I can give you Rice Flour Porridge to taste, but because it is impossible to do, here a recipe for you, pleaseenjoy. Saya berharap saya bisa memberikan Beras Bubur Tepung secukupnya, tetapi karena tidak mungkin untuk dilakukan, di sini resep untuk Anda, pleaseenjoy.

Bubur (juga dieja porage, parritch, dll [1] ) adalah masakan yang dibuat oleh perebusan gandum (digiling, dihancurkan, atau dipotong baja) atau makanan serealia lainnya dalam air , susu , atau keduanya. It is usually served hot in a bowl or dish. Hal ini biasanya disajikan panas dalam mangkuk atau piring. Other grains or legumes may be used, although dishes prepared with other ingredients are often referred to by other names, such as polenta or grits . biji-bijian atau polong-polongan lainnya dapat digunakan, meskipun hidangan disiapkan dengan bahan-bahan lain yang sering disebut dengan nama lain, seperti polenta atau grit .
Oat and semolina porridge are the most popular varieties in many countries. Gandum dan semolina bubur adalah varietas yang paling populer di banyak negara. In addition to oats, cereal meals used for porridge include rice , wheat , barley , and corn . Legumes such as peasemeal can also be used to make porridge. Gruel is similar to porridge but is much more like a drink; it has a very thin consistency and is made with water. Selain gandum, sereal makanan yang digunakan untuk bubur termasuk beras , gandum , barley , dan jagung . Legum seperti peasemeal juga dapat digunakan untuk membuat bubur. bubur mirip dengan bubur tetapi jauh lebih mirip minum, tetapi memiliki sangat tipis konsistensi dan dibuat dengan air. It was served in Victorian workhouses as a standard meal. Itu disajikan dalam Victoria workhouses sebagai makanan standar.
Porridge was a traditional food in much of Northern Europe and Russia. Bubur adalah makanan tradisional di sebagian besar Eropa Utara dan Rusia. Barley was a common grain used, though other grains and yellow peas could be used, depending on local conditions. Barley adalah biji-bijian yang umum digunakan, meskipun biji-bijian lain dan kacang polong kuning dapat digunakan, tergantung pada kondisi lokal. It was primarily a savory dish, with a variety of meats, root crops, vegetables, and herbs added for flavor. Ini memang sebuah sedap piring, dengan berbagai daging, akar tanaman, sayuran, dan rempah-rempah ditambahkan untuk rasa. Porridge could be cooked in a large metal kettle over hot coals, or heated in a cheaper earthenware container by adding hot stones until boiling hot. Bubur bisa dimasak dalam logam besar ketel atas bara panas, atau dipanaskan di murah gerabah wadah dengan menambahkan batu panas sampai mendidih panas. Until leavened bread and baking ovens became commonplace in Europe, porridge was a typical means of preparing cereal crops for the table. Sampai beragi roti dan oven baking menjadi biasa di Eropa, bubur ini merupakan sarana khas mempersiapkan tanaman sereal untuk meja. It was also commonly used as prison food for inmates in the UK prison system and so "doing porridge" became a slang term for a sentence in prison. Itu juga sering digunakan sebagai makanan penjara untuk narapidana di sistem penjara Inggris dan begitu "melakukan bubur" menjadi istilah slang untuk hukuman di penjara.
In many modern cultures, porridge is eaten as a breakfast dish, often with the addition of salt , sugar , milk or cream , depending on regional preferences. Dalam budaya modern, bubur dimakan sebagai sarapan piring, sering dengan penambahan garam , gula , susu atau krim , tergantung pada preferensi daerah. Some manufacturers of breakfast cereal , such as Scott's Porage Oats , sell ready-made versions. Beberapa produsen sereal sarapan , seperti Scott Porage Oats , menjual buatan versi siap. Porridge is one of the easiest ways to digest grains or legumes, and is used traditionally in many cultures as a food to nurse the sick back to health. Bubur adalah salah satu cara termudah untuk mencerna biji-bijian atau kacang-kacangan, dan digunakan secara tradisional dalam banyak budaya sebagai makanan untuk perawat kembali sakit untuk kesehatan. It is also commonly eaten by athletes in training. Hal ini juga sering dimakan oleh atlet dalam pelatihan.
Metode 1: Selama atas kompor menggunakan beras mentah
1. Choose a deep thick base pot, something that will conduct heat evenly. Pilih dasar pot yang mendalam tebal, sesuatu yang akan melakukan panas merata. Granny likes using a deep claypot. Nenek menyukai menggunakan kuali yang mendalam. You can try that if you are cooking a small portion. Anda dapat mencoba bahwa jika Anda memasak porsi kecil.
2. Add the water and uncooked washed rice grains Tambahkan air dan dimasak butir beras yang telah dicuci
3. Bring the water and rice to a boil before lowering the heat to a cheery simmer Bawa air dan beras sampai mendidih sebelum menurunkan panas ke didihkan ceria
4. Stir occasionally to prevent the rice from sticking together or to the bottom of the pot. Aduk sesekali untuk mencegah beras dari menempel bersama atau ke bagian bawah panci. Stirring is important because rice grains, being much heavier than water, will inadvertently settle to the bottom, stick to the pot and burn Pengadukan ini penting karena butir beras, yang jauh lebih berat daripada air, secara tidak sengaja akan mengendap di bawah, menempel pada panci dan membakar
5. Disadvantage of this cooking method: you must keep an eye on the congee Kerugian dari metode ini memasak: Anda harus mengawasi bubur itu
6. Some chinese cooks insist that this is the only authentic way to cook porridge. Beberapa koki cina bersikeras bahwa ini adalah satu-satunya cara otentik untuk memasak bubur. We do not have to be so "dedicated" Kita tidak harus begitu "berdedikasi"